Beratnya pendarahan serta rasa sakit yang amat sangat saat terjadinya menstruasi, membuat para wanita berpikir bagaimana cara menghentikan haid agar rasa sakit dan rasa tidak nyaman segera hilang.

Menurut penelitian, tidak ada cara yang pasti untuk mengehentikan aliran darah haid saat prosesnya telah dimulai. Meski begitu terdapat beberapa obat-obatan seperti ibuprofen yang oleh sebagian wanita dipercaya lebih efektif untuk meringankan kram serta rasa sakit saat menstruasi, meskipun tidak ada cara pasti dan efektif untuk menghentikan haid dengan seketika.

Menstruasi merupakan hal normal yang pastinya akan dialami oleh seorang wanita, adapun cara untuk menghentikannya sampai saat ini belum ditemukan. Oleh sebab itu untuk sedikit menghilangkan setiap keluhan yang biasanya mengikuti saat proses menstruasi adalah dengan mempercepat waktu berhentinya haid.

Hal-hal berikut ini bukanlah cara menghentikan haid, tapi hanya membantu meringankan dan membuat haid selesai lebih awal, yaitu:

Menggunakan Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat penghilang rasa sakti yang dipercaya mampu untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi dan umumnya dapat membuat aliran darah berkurang sebanyak 50%. Pada beberapa wanita, mengkonsumsi Ibuprofen dapat menghentikan haid meskipun secara perlahan. Namun yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai mengkonsumsi ibuprofen lebih dari 3 hingga 4 pil dalam waktu 24 jam, sebab jika melebihi dosis dapat sangat berbahaya. Alangkah baiknya sebelum Anda mengkonsumsi ibuprofen, Anda melakukan konsultasi dengan dokter langganan Anda.

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran

Konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran setiap saat ketika Anda mengalami menstruasi, sebab dengan mengkonsumsi sayur dan buah dapat membuat Anda menjadi lebih baik dalam mengalami masa periode menstruasi. Untuk meringankan gejala haid BSN, termasuk pendarahan yang berlebihan, Anda dapat mengkonsumsi kacang hijau. Sebab kandungan yang terdapat pada kacang hijau dipercaya mampu meringankan gejala haid seperti pendarahan yang berlebih dan lain-lain.

Memijat area rahim

Memijat area rahim saat proses menstruasi akan membantu melancarkan keluarnya darah haid sehingga mengakibatkan haid dapat lebih cepat berhenti. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah di kamar mandi atau di kamar tidur dengan posisi terlentang selama beberapa menit, kemudian duduk atau berdiri.

Cuka

Cuka tidak dapat menghentikan haid dalam waktu sekejap setelah proses menstruasi dimulai, namun faktanya, banyak kesaksian dari para wanita yang menyatakan bahwa cuka dapat meringankan pendarahan serta mempercepat proses haid yang sedang terjadi. Caranya yaitu dengan mencampur 2-3 sendok teh cuka dengan segelas air, kemudian diminum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat meminumnya sebanyak 3 gelas setiap harinya. Namun bagi Anda yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya jangan menggunakan cara ini untuk menghentikan haid.

Mengkonsumsi buah lemon

Cara ini merupakan cara menghentikan haid yang paling populer dilakukan oleh para wanita, meskipun belum terbukti secara ilmiah yang dapat membuktikan bahwa cara ini efektif untuk menghentikan haid. Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan mengambil sepotong lemon lalu Anda hisap selama yang Anda inginkan.

Olahraga

Aktif dan konsisten dalam melakukan latihan fisik seperti olahraga dipercaya dapat meringankan gejala haid serta membantu mempercepat durasi haid, sehingga dapat disimpulkan bahwa olahraga juga merupakan salah satu cara menghentikan haid yang efektif, meskipun tidak dalam waktu seketika. Beberapa wanita kadang beranggapan bahwa mereka tidak boleh berolahraga saat mengalami menstruasi, padahal hal tersebut tidak dapat dibenarkan, justru dengan olahraga akan membantu meringankan nyeri haid dan mempersingkat waktu haid.

Mengkonsumsi vitamin C

Saat Anda mengalami menstruasi, maka konsumsilah vitamin C dalam dosis yang besar. Sebab hal itu dapat membantu meluruhkan dinding rahim dengan cepat sehingga mempercepat masa menstruasi. Namun sebelumnya disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pengkonsumsian vitamin C dalam dosis yang besar.

Itulah beberapa cara menghentikan haid yang dapat Anda lakukan, meskipun tidak dapat secara langsung menghentikan haid, namun setidaknya mampu untuk mempercepat masa haid.