Tips menjaga jantung tetap sehat adalah salah satu solusi yang paling ampuh untuk mencegah penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kesehatan seseorang bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia, begitu juga dengan kesehatan jantung Kamu dan ada baiknya mulai sekarang kamu jaga kesehatan jantung Kamu agar tetap sehat di masa tua.

Jantung adalah organ utama dalam sistem peredaran darah yang fungsi utamanya adalah untuk mendorong darah ke seluruh tubuh dan biasanya jantung manusia berdetak 60-100 kali per menit atau bahkan bisa lebih cepat tergantung aktivitas.

Sehingga tak dapat dibayangkan jika kesehatan jantung Kamu terganggu maka sudah dipastikan bahwa kesehatan organ tubuh yang lain juga akan terganggu bukan? Dan alhasil jika Kamu tidak menjaga kesehatan jantung maka bisa saja terserang penyakit jantung yang dimana akibat dari pola hidup yang tidak sehat.

7 Tips Menjaga Jantung Kamu Agar Tetap Sehat Di Masa Tua

1. Berhenti Merokok

Tips menjaga jantung agar tetap sehat pertama adalah dengan cara berhenti merokok dan berhenti minum-minuman beralkohol karena ini adalah tips praktis dan terbaik buat Kamu lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Karena merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner dan ada baiknya jika Kamu seorang perokok maka berhentilah merokok mulai dari sekarang juga.

2. Berolahraga Secara Rutin

Tips menjaga jantung agar tetap sehat di masa tua selanjutnya adalah dengan cara berolahraga secara rutin dan tetap aktif karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung selain itu olahraga juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk pendorong mood dan menghilangkan stres. Ada banyak olahraga yang bisa Kamu coba seperti joging, push up, senam aerobik, sepakbola, bersepeda maupun jenis-jenis olahraga lainnya.

3. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Normal

Tahukah Kamu, bahwa ternyata kelebihan berat badan ataupun obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami penyakit jantung?

Dan ada baiknya untuk menghindari hal buruk tersebut Kamu selalu melakukan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga, diet seimbang, serta mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat dan hindari makanan junk food.

Jika kamu belum mengetahui apakah berat badan Kamu masih dalam batas yang normal maka Kamu harus mencari tahui berat badan yang sehat menurut kalkulator BMI, jika Kamu kelebihan berat badan cobalah untuk menurunkan berat badan.

4. Mengkonsumsi Makan yang Lebih Banyak Serat

Tips menjaga jantung agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi banyak serat untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung setidaknya 30gr sehari.

Kamu bisa penuhi serat tersebut dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan berserat tinggi, seperti roti gandum, dedak, gandum dan sereal gandum, kentang dengan kulit, dan buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Berjemur di Pagi Hari

Mungkin banyak orang yang enggan untuk melakukan hal ini dengan asalan panas, namun nyatanya berjemur di pagi hari sekitar 20 sampai 30 menit dapat bermanfaat untuk menjaga agar jantung tetap sehat karena pada dasarnya sinar matahari pagi menggantung Vitamin D.

Vitamin D diketahui bermanfaat untuk meminimalisir pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan ada baiknya Kamu berjemur tiap pagi sebelum jam 10.

6. Tidur yang Cukup

Jika Kamu sering begadang maka ada baiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang juga, karena begadang setiap hari dapat menyebabkan Kamu terserang penyakit kardiovaskular yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan jantung dipaksa terus bekerja semalaman, sehingga kurang tidur akan menyebabkan penumpukan kalsium dalam pembuluh darah jantung. Sehingga jika dibiarkan maka akan menyebabkan pembuluh tersebut pecah sehingga timbul serangan jantung dan stroke.

7. Mengkonsumsi Ikan

Tips menjaga kesehatan jantung yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Seperti ikan mackerel, sarden, tuna segar dan salmon yang merupakan sumber lemak omega-3 yang dapat membantu melindungi Kamu terhadap penyakit jantung.

Itulah tadi ke 7 tips menjaga kesehatan jantung Kamu agar tetap sehat di masa tua dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Kamu yah.