Air keras merupakan zat yang cukup berbahaya. Apabila terkena air keras, harus diberikan pertolongan untuk mencegah zat kimia merusak jaringan tubuh.

Kemarin pagi Indonesia dikejutkan dengan peristiwa penyiraman air keras kepada salah satu penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Air keras disiramkan kebagian kepala dan mengenai bagian wajah Novel. Bahkan mengenai bagian mata sang penyidik.

Air keras memang sangat berbahaya jika mengenai wajah seseorang. Bahkan seorang penyanyi di Bandung bernama Intan Novita pernah mengalami hal yang sama dengan Novel Baswedan. Intan sendiri disiram air keras ke seluruh tubuhnya. Kejadian pada 26 Oktober 2016.

Air keras sering digunakan sebagai air untuk menghilangkan karat pada logam dan besi. Serta air keras yang bersifat asam sulfat, merupakan jenis air keras yang digunakan untuk Accumulator (AKI) kendaraan.

Apa saja yang terjadi ketika seseorang terkena air keras? Berikut beberapa  bahaya yang terjadi ketika kulit atau organ tubuh terkena air keras.

Akibat Terkena Air Keras

Mengakibatkan Iritasi Pada Indera Penciuman

Air keras yang terkena tubuh pasti secara tidak langsung akan terhirup oleh hidung. Apabila hidung sudah mengalami hal ini, maka bisa menyebabkan indera penciuman menjadi iritasi. Bagian yang terdampak iritasi tidak hanya hidung, tapi juga akan mengenai tenggorokan serta paru-paru.

Kulit Terbakar

Beberapa orang yang mengalami penyiraman air keras mengalami kulit terbakar. Kulit terbakar disebabkan oleh zat asam yang membuat kulit menjadi seperti terbakar dan rasa sakit yang cukup parah. Bahkan air keras yang terkena kulit akan meninggalkan jaringan parut secara permanen dan tidak akan bisa kembali normal.

Bahkan lebih parahnya, air keras yang bersifat sangat asam dan cukup lama menempel dibagian kulit membuat kerusakan hingga ke bagian dalam kulit. Bahkan air keras yang cukup lama berada disekitar kulit akan menyebabkan lemak, otot, dan tulang meleleh.

Menyebabkan Kebutaan

Kasus Novel Baswedan, air keras disiram kebagian waja korban, dan mengenai bagian mata. Dimana air keras yang terkena mata ini bisa menyebabkan kebutaan pada mata jika kornea terkena air keras. karena tingkat kandungan keasaman air keras dapat membuat kerusakan pada mata.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika air keras sudah mengenai badan. Banyak orang yang bingung dan panic, ketika badan sudah terpapar air keras. Sehingga mereka bingung tindakan apa yang harus dilakukan untuk melakukan hal tersebut.

Tindakan Pertama Ketika Terpapar Air Keras

Basuh Dengan Air mengalir

Tindakan Novel Baswedan ketika terkena air keras dengan cara membasuh menggunakan air yang mengalir merupakan tindakan yang tepat. Karena air yang mengalir dapat mengurangi bahan kimia yang terdapat di permukaan kulit, sehingga kulit tidak akan terkena air keras terlalu parah. Basuhlah tubuh di air mengalir selama lima hingga 20 menit.

Lepas Pakaian

Saat anda sudah terkena air keras, maka lepas seluruh pakaian yang terkena air keras. mulai dari baju, perhiasan, jam tangan, atau apapun yang melekat pada tubuh saat terkena air keras harus segera dilepas.

Jika cara ini dibantu oleh orang lain, seseorang yang melepaskan seluruh pakaian tersebut harus menggunakan sarung tangan. Hal ini untuk mencegah air keras mengenai orang yang menolong korban dan penolong tidak terkena air keras tersebut.

Memberikan Obat Luka Bakar

Cara ini adalah tindakan pertama yang bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami luka bakar akibat air keras. bagian kulit yang terkena luka bakar bisa dioleskan ke bagian tubuh korban. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit korban.

Jangan Beri Es

Rasa panas yang terjadi pada kulit korban, terkadang membuat kita ingin memberikan es pada si korban atau cairan dingin lainnya. Cara ini sebenarnya salah, karena seseorang yang terkena air keras dan diberikan es hanya memperparah kondisi korban

Beri Pertolongan Medis

Setelah disiram air mengalir, korban yang terkena air keras harus segera mendapatkan pertolongan medis. Karena air keras yang mengenai korban dapat menyebabkan luka permanen, sehingga harus segera ditangani oleh tim medis.

Pertolongan Psikis

Seseorang yang terpapar zat kimia dari air keras dapat menyebabkan terjadinya gangguan psikis. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan bagian tubuh yang diakibatkan oleh munculnya jaringan parut atau adanya cacat permanen pada tubuhnya. Sehingga seseorang yang terkena air keras, ketika usai pengobatan harus diberikan konseling.