macam sunat di indonesia

Sunat dalam ajaran Islam merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan bagi seorang pria, terlebih sunat ataupun khitan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan Mr P.

Sunat ataupun khitan adalah prosedur umum di mana kulit yang menutupi ujung Mr P diangkat dengan cara pembedahan di Klinik Gracia Cideng, dan biasanya dilakukan pada anak laki-laki sebelum menginjak usia dewasa, namun terkadang bisa juga dilakukan kepada seorang pria yang sudah dewasa.

Dan berbicara mengenai sunat, tahukah Anda bahwa ternyata khitan memiliki macam macam sunat yang banyak dan mungkin belum diketahui oleh banyak orang, mau tahu apa saja berikut di bawah ini ulasannya.

Macam Macam Sunat yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Gomco Clamp

Macam sunat yang pertama adalah dengan menggunakan penjepit Gomco Clamp merupakan alat khusus yang disebut probe yang digunakan untuk memisahkan kulit khatan dari kepala penis (biasanya mereka bergabung dengan selaput tipis).

Selanjutnya, perangkat berbentuk lonceng ini dipasang di atas kepala Mr P dan di bawah kulup (sayatan bisa dibuat di kulit khatan untuk memungkinkan ini). Kulit khatan kemudian ditarik ke atas dan di atas bel dan penjepit dikencangkan di sekitarnya untuk mengurangi aliran darah ke daerah tersebut, mencegah penyakit raja singa kemudian pisau bedah digunakan untuk memotong dan mengeluarkan kulit khatan.

Penjepit Mogen

Macam sunat yang kedua adalah dengan menggunakan penjepit Mogen sehingga kulit khatan dipisahkan dari kepala Mr P dengan probe.

Kemudian Kulup ditarik keluar di depan kepala Mr P dan dimasukkan melalui penjepit logam dengan slot di dalamnya. Lalu penjepit dipegang di tempat sementara kulup dipotong dengan pisau bedah dan tertinggal beberapa menit setelah ini untuk memastikan pendarahan terkontrol.

Teknik Plastibell

teknik sunat clampTeknik Plastibell sebenarnya sangat mirip dengan teknik penjepit Gomco. Setelah berpisah dengan probe, lonceng plastik diletakkan di bawah kulup dan di atas kepala Mr P.

Setelah kepala Mr P dipotong maka jahitan diikat langsung di sekitar kulup, yang memotong suplai darah ke kulup. Pisau bedah kemudian bisa digunakan untuk memotong kulup ekstra. Dan biasanya ke tiga teknik diatas dilakukan untuk sunat kepada bayi.

Teknik Klasik dan Dorsumsisi

Macam sunat dengan metode klasik dan Dorsumsisi ini kian hari mulai ditinggalkan oleh banyak orang, namun teknik sunat ini masih bisa ditemui di pedesaan.

Biasanya alat digunakan adalah dengan cara tradisional dengan menggunakan bambu ditajamkan, pisau bedah, dan silet. Sebelum alat ini digunakan biasanya akan disterilkan terlebih dahulu dengan menggunakan alkohol.

Teknik Konvensional

Teknik konvensional ataupun teknik umum adalah sebuah metode sunat klasik yang telah berevolusi dan menjadi teknik konvensional, sehingga dengan menggunakan teknik ini semua prosedur telah mengacu kepada aturan atau standar medis, sehingga meningkatkan keberhasilan dalam sunat.

Biasanya seorang pria yang melakukan teknik sunat ini akan diberikan pembiusan lokal dan biasanya dokter menggunakan pisau bedah yang akurat, dibarengi dengan teknologi benang jahit yang bisa menyatu dengan jaringan di sekitarnya sehingga meniadakan keperluan untuk melepas benang jahit dan alhasil bisa meminimalkan terjadinya infeksi.

Sunat Laser

Macam sunat yang saat ini lebih banyak dicari adalah sunat laser dan diketahui teknik sunat ini lebih efektif dibandingkan sunat tradisional, karena pemotongan sinar laser dapat mengontrol perdarahan dari kulit Mr P, selain itu mengakibatkan luka yang sangat rapi. Sunat modern laser biasanya berbentuk gelombang dengan spesifikasi tertentu yang bersifat "membakar" jaringan.

Proses tahapan nya antara lain, setelah pasien diberi bius lokal maka kulup ditarik dan dijepit, lalu dipotong dengan gunting ber laser CO2. Setelah klem dilepas, kulit kulup itu akan bersatu kembali dengan batang penis.

Namun, perlu diingat kulit kulup tetap harus dijahit agar tidak menimbulkan perdarahan susulan dan infeksi dan metode yang termasuk canggih ini hanya membutuhkan waktu 10-15 menit saja.

Sunat modern ini juga memastikan rasa sakit yang minimal dan pendarahan, dan pemulihan sunat modern ini lebih cepat dibandingkan dengan sunat tradisional selain itu hasilnya pun sangat memuaskan.