manfaat makan bawang putih mentah
Lupakan Baunya, Ini 5 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah
December 29, 2018
cara menghilangkan kutu dan telurnya
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya yang Wajib Dicoba
January 2, 2019

Apa Itu TOEFL? TOEFL Adalah Tes Bahasa Inggris yang Diadakan ETS

apa itu toefl

Apa Itu TOEFL – Apa itu TOEFL? TOEFL adalah sejenis tes bahasa inggris sebagai bahasa asing yang diadakan oleh lembaga tertentu dan terkemuka. Tes ini menggunakan lembar jawaban dan lembar ujian menggunakan kertas, tetapi ada juga yang menggunakan komputer sebagai sarana ujiannya. Pada beberapa lembaga, tes TOEFL menggunaka sistem toefl-like, atau toefl simulasi yang bersifat non-formal dan bukan resmi dari lembaga bernama ETS.

Tes TOEFL like ini hanya diperuntukkan sebagai ajang latihan sebelum anda memutuskan untuk mengikuti tes toefl yang asli. Apa yang membedakan antara toefl like dengan toefl asli yang merupakan toefl lisensi dari ETS (English Testing Service).

Baca Juga  Apakah TOEFL IBT Itu? TOEFL IBT Adalah Test TOEFL Dengan Internet

Perbedaan utama antara apa itu TOEFL like dan toefl asli adalah biaya. Biaya yang harus dibayarkan untuk toefl asli adalah sekitar 400 ribu sampai 600 ribu sekali tes. Tes yang dilakukan di lembaga resmi, seperti konsultan pendidikan, tempat kursus hingga pusat bahasa sebuah kampus negeri dan swasta.

Test toefl yang berbiaya 400 ribu dan 600 ribu adalah jenis test toefl yang menggunakan kertas sebagai sarana ujiannya. Sementara jenis test toefl yang menggunakan komputer berbiaya sekitar 2,5 juta rupiah.

perbedaan toefl ibt dan pbt
Perbedaan Apa Itu TOEFL IBT Dan ITP

Perbedaan kedua jenis tes TOEFL ini juga berpengaruh terhadap penggunaannya. Karena tes toefl yang berbasis komputer biasa disebut dengan toelf internet based test (toefl ibt). sementara toefl yang berbasis pada kertas biasa disebut dengan toefl institusional testing program (toefl itp).

TOEFL Ibt lebih dikenal karena sering digunakan untuk aplikasi beasiswa ke luar negeri, bekerja di perusahaan multinasional hingga menjadi syarat melamar di beberapa perusahaan asing yang bekerja di Indonesia.

Sementara toefl itp atau biasa diingat dengan toefl kertas. Biasa hanya digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi di dalam negeri serta syarat mendapat beasiswa di dalam negeri saja. Hanya beberapa negara yang masih memperbolehkan pelamar asing menggunakan toefl itp

Baca Juga  Wajib Tahu, Ini Perbedaan Mencolok TOEFL IBT Jakarta dan TOEFL ITP

Biasanya adalah negara-negara di asia tenggara (terkecuali singapura), yakni Malaysia, Brunei, Kamboja, Myanmar dan beberapa negara asia seperti China dan Taiwan.

Bagi anda yang belum pernah mencoba dua jenis test toefl di atas. Anda bisa mulai mencoba mengikut simulasi test toefl like atau toefl simulation yang sering diadakan oleh beberapa lembaga kursus dan lembaga konsultan pendidikan.

Karena dengan mengikuti jenis dua tes secara simulasi tersebut. Anda bisa mendapat bayangan dan wawasan test yang sesungguhnya. Selain itu, sebelum anda memutuskan mengambil test toelf yang mana. Anda sudah harus memiliki arah penggunannya untuk apa.

Semisal jika anda ingin studi di luar negeri, terlebih di wilayah eropa, australia dan amerika. Maka Toefl ibt adalah salah satu solusi terbaik. Karena toefl itp tidak dibutuhkan dan jarang sekali digunakan di negara-negara eropa barat, australia dan amerika.

macam macam tes toefl
Tes TOEFL Terdiri Dair Beberapa Tes Soal

Tes toefl sendiri dalam ujiannya mengujikan beberapa hal yang patut anda perhatikan. Pertama, mengenai kemampuan mendengar (listening). kemampuan mendengar ini diuji dengan sebuah percakapan yang didengarkan oleh peserta.

Kemudian peserta diminta menjawab sebuah soal dengan 4 jawaban yang telah disediakan. Nah, percakapan yang didengarkan atas tiga jenis. Pertama, jenis percakapan pendek yang hanya beberapa detik saja. Kedua, jenis percakapan yang panjangnya melebihi sepuluh detik dengan 2 pertanyaan.

Sementara yang terakhir adalah percakapan panjang yang diperdengarkan. Kemudian ada sekitar 4 pertanyaan yang ditanyakan. Pada ujian listening, tipe percakapan yang terakhir yang biasanya yang agak susah. Karena membutuhkan fokus dan persiapan latihan pendengaran yang lebih baik.

Baca Juga  7 Kota-kota di Jerman Terbaik Untuk Ditempati Dan Dikunjungi

Pada bagian selanjutnya, TOEFL mengujikan soal structure dan grammar. Ujian ini meliputi dua jenis tipe soal. Soal pertama adalah peserta diharuskan memilih jawaban dari 4 pilihan ganda terhadap sebuah soal structure yang membutuhkan penyempurnaan.

Sementara tipe kedua adalah jenis soal yang mengharuskan peserta memilih salah satu dari empat kata yang disediakan. Pilihan yang dilakukan peserta adalah mengidentifikasi satu kata yang salah dalam sebuah pernyataan stucture toefl tersebut. Pada jenis ujian structure dan grammar terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Anda harus memiliki pemahaman soal pengetahuan dasar pembentukan kalimat dalam toefl. Seperti mampu mengidentifikasi subyek, predikat, verb, objek, kata benda dan bahkan kata sifat (adjektive).

Pada bagian akhir, toefl mengujikan soal berupa reading (membaca) artikel dengan tema-tema yang berbeda. Biasanya soal-soal ilmu pengetahuan alam, biologi, sejarah hingga pengetahuan umum mengenai sastra seperti nobel dan seputar kawasan geografis Amerika.

Baca Juga  Lebih Dekat Mengenal Sertifikat TOEFL ITP dan IBT

Artikel yang disajikan sekitar tiga atau empat artikel dalam satu ujian. Dalam satu artikel yang menjadi bahan ujian. Ada sekitar tiga hingga enam soal yang mesti anda jawab. Pertanyaan ini seputar sinonim atau persamaan sebuah kata, antonim atau lawan kata, kesimpulan pernyataan dari sebuah paragraf hingga anda diminta menyimpullakn beberapa paragraf.

Hingga seluruh paragraf, biasanya soal mengenai seluruh paragraf seputar maksud artikel apakah bersifat argumentasi, penjelasan atau melawan sebuah pernyataan lain. Dan jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar apa itu TOEFL dan tertarik mengikuti kursus toefl atau mencoba test toefl. anda bisa mencoba di www.englishbridge.co.id/id

Artikel Terkait

Rianto Subandi

Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari.

Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *