cara menghilangkan daki di leher
Jangan Malu, Inilah 5 Cara Menghilangkan Daki Di Leher Dengan Alami
November 23, 2018
benjolan di belakang telinga kanan
Benjolan di Belakang Telinga Kanan? Awas 6 Penyakit Ini Bisa Menyerang
November 24, 2018

Batuk Berdahak Pada Bayi? Tenang Ini 3 Cara Alami Mengatasinya

batuk berdahak pada bayi

Batuk Berdahak Pada Bayi – Pasti bunda sudah merasa khawatir dan sedih kan jika terjadi batuk berdahak pada bayi mungil kita?? Susah menghandle ketika terserang batuk berdahak pada bayi?? Pasti bunda ikut merasa tersiksa sekali ketika liat bayi kita terserang batuk berdahak pada bayi??

Apalagi belum melihat adanya perubahan setelah si bayi dibawa ke dokter, pasti akan menambah rasa khawatir kita kan bun? Batuk berdahak pada bayi di sebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, oleh karena itu sebenanrnya juga bisa hilang dengan sendirinya.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Anak Dengan 4 Cara Aman Ini

Tapi membutuhkan waktu untuk proses penyembuhannya. Tentunya bagi para ibu hal ini akan sangat menyiksa kan bund? Ada beberapa fase yang tejadi jika terserang batuk berdahak pada bayi.

Fase Atau Gejala Batuk Berdahak Pada Anak

batuk berdahak pada bayi
Fase-fase tersebut menunjukkan gejala awal si bayi terserang batuk berdahak. Gejala itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Badan bayi akan deman

Hal ini dikarenakan telah terjadi infeksi virus dalam tubuh si bayi, sehingga menyebabkan sistem imun akan berperang melawan virus dan mengeluarkan demam tersebut.

2. Pilek Atau Tersumbat

Tahap selanjutnya yaitu bayi mulai terserang pilek dan hidung tersumbat. Biasanya diawali dengan keluarnya ingus atau lender yang encer pada hidung bayi.

Pada fase ini si bayi pasti akan rewel bun, karena bayi akan mengalami hambatan untuk bernafas seperti biasanya. Hal itu dikarenakan ingus yang dihasilkan oleh si bayi yang awalnya encer sampai berubah menjadi kental kekuningan.

Baca Juga  Bunda Inilah 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Setelah Minum Asi

3. Batuk Kering

Fase selanjutnya yaitu terjadi batuk kering pada si bayi, yang kemudian akan menjadi batuk berdahak. Pada saat terjadi batuk berdahak pada bayi, pasti si bayi akan lebih merasa susah bernafas, biasanya sih bund akan terdengar suara ngrok-ngrok karena si bayi kesusahan untuk mengeluarkan dahaknya ya bun.

batuk berdahak pada bayi

Batuk Berdahak Pada Bayi? Tenang Ini 3 Cara Alami Mengatasinya

Melihat fase atau gejala yang terjadi jika terserang batuk berdahak pada bayi, kemungkinan virus baru bisa hilang setelah 2 minggu bun.

Tapi kita sebagai ibu pasti tidak akan tinggal diam kan bun melihat buah hati kita terserang batuk berdahak seperti itu

Namun bunda tak perlu khwatir dan ada baiknya tetap tenang karena ada beberapa cara untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi dengan alami, berikut ini ulasannya

1. Dilakukan tindakan uap untuk mengeluarkan dahak

Pada dasarnya tindakan ini sangat tidak dianjurkan bagi bayi yang menderita batuk berdahak dikarenakan infeksi virus. Tindakan uap ini dilakukan jika si bayi mempunyai kelainan penyakit lain seperti asma, bronchitis dan lainnya.

2. Tidak boleh mengkonsumsi obat

Jangan sembarangan ya bun memberikan obat pada bayi untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi. Karena hal ini dapat membahayakan si bayi juga bun jika tidk sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga  Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

3. Memberi minum sebanyak-banyaknya

Cara ketiga ini dinilai paling ampuh, karena pada dasarnya asupan bayi di bawah 2 tahun hanyalah ASI atau susu formula. Jadi lebih baik bunda kasih minum ASI pada bayi sebanyak mungkin agar dahak dan ingusnya jadi encer ya bun, sehingga tidak menggangu pernapasan si bayi. Selain itu ASI juga banyak sekali mengandung nutrisi yang diperlukan oleh si bayi sehingga sistem imunnya lebih kuat.

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *