tempat penitipan anak
10 Tempat Penitipan Anak di Sekitar Jakarta Paling Rekomendasi
October 2, 2018
Cara Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi
Kenali Cara Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi yang Akurat
October 2, 2018

Informasi Lengkap Untuk Menembus Beasiswa S1 Jerman Full

beasiswa s1 jerman full

Beasiswa S1 Jerman Full – Impian melanjutkan studi ke luar negeri adalah impian sebagian besar orang, bahkan selalu menjadi target utama untuk kalangan mahasiswa ataupun mahasiswi.

Serta menjadi indikator kesuksesan sesorang di mata komunitasnya atau masyarakat di sekitarnya. Dengan gelar yang didapat dari luar negeri.

Karena kebanyakan orang akan merasa gengsinya naik dan karir menjadi terbuka luas dan tentunya menambah pergaulan di tingkat internasional.

Terget Kuliah di Luar Negeri Terus Meningkat

Target kuliah di luar negeri biasanya telah lama dipatok sejak bangku sekolah menengah. Banyak yang rela mempersiapkan diri dengan les bahasa inggris, mengikuti sesi simulasi wawancara ujian kampus, atau mengikuti kursus singkat di beberapa negara yang ditawarkan konsultan pendidikan.

Beberapa konsultan pendidikan bahkan ada yang menawarkan jasa pendaftaran ke kampus tujuan. Mulai dari pengurusan visa hingga submit dokumen ke kampus tujuan di luar negeri. Sehingga kemudahan-kemudahan ini juga membuat peminat studi ke luar negeri meningkat.

Baca Juga  Biaya Kuliah Di Jerman dan Syarat Kuliah Di Jerman

Satu hal lagi, mahasiswa asal Indonesia tidak perlu lagi terkena homeshick berkepanjangan. Majunya dunia teknologi sehingga melahirkan banyak aplikasi seperti skype, video call google hingga video call whatsapp. Menjadikan komunikasi antara mahasiswa di luar negeri dengan keluarga di rumah terasa dekat. Berbeda dengan zaman dahulu, harus menggunakan telepon kantor atau telepon kampus. Serta telepon koin di jalanan.

Karena mudahnya mendaftar dan hilangnya sekat-sekat kerinduan. Peminat kuliah di luar negeri juga tidak lagi menjadi prestise milik kalangan menegah ke atas. Bagi anda yang tidak berkocek tebal. Bisa mencoba ratusan beasiswa S1 yang ditawarkan berbagai negara. Dari yang terdekat Singapura hingga benua biru Eropa seperti Jerman. Negara-negara maju banyak menawarkan beasiswa kuliah sebagai kemitraan pendidikan dan kebudayaan.

beasiswa s1 jerman full
Kualitas Kampus Sangatlah Penting Untuk Masa Depan

Anda tentu bisa memilih negara tujuan dan kampus tujuan sesuka anda. Tapi anda perlu memperhatikan kualitas sebelum menyesal kemudian. Karena kualitas kampus dan negara tujuan akan sangat berkaitan dengan kesuksesan karir anda kedepannya.

Negara-negara Eropa Barat seperti Jerman, Belanda, dan inggris merupakan negara dengan kualitas pendidikan nomor wahid di dunia. Selain sistem pendidikan yang bagus, mereka juga mempunyai sistem ekonomi dan politik dan stabil sehingga memudahkan mereka mengucurkan banyak beasiswa.

Dibandingkan dengan negara-negara kawasan Eropa Timur, Amerika Latin atau Asia. Jika anda berencana mencari beasiswa sarjana. Akan lebih baik mengambil beasiswa sarjana (S1) di negara Eropa Barat dan salah satunya Jerman.

Karena jerman terkenal dengan kualitas kampus dan industrinya yang maju. Kampus-kampus di Jerman memang tidak begitu tinggi rangkingnya di QS World Rangking University.

Hal ini disebabkan karena metode pendidikan di Jerman lebih menekankan pendidikan teoritik dengan industri. Sehingga membuat mereka tidak dirangking dengan baik oleh pembuat ranking yang lebih mengutamakan kualitas jurnal dan publikasi.

Walaupun begitu, jumlah publikasi dan kualitas kampus kampus di Jerman tidak bisa lagi diragukan. Beberapa penerima hadiah nobel kimia dan penghargaan bergengsi keilmua merupakan didikan kampus Jerman.

beasiswa s1 jerman
Informasi Lengkap Untuk Menembus Beasiswa S1 Jerman Full

Pada dasarnya seluruh kuliah S1 di jerman bebas biaya di kampus-kampus negeri. Jadi beasiswa S1 jerman full relatif sedikit.

Hal ini dikarenakan pemerintah Jerman telah memberikan subsidi yang besar bagi perkuliahan sarjana. Apalagi bagi anda yang mengambil kelas bahasa Jerman.

Beasiswa penuh S1 untuk perkuliahan sarjana dengan bebas biaya spp. Soal kualitas, semua kampus di jerman mempunyai standar yang relatif sama dan tergantung dengan jurusan yang anda ambil.

Baca Juga  5 Tips Jitu Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dirumah

Hal ini disebabkan karena pemerintah Jerman mampu meratakan kualitas satu kampus dengan kampus yang lain. Bagi anda yang berencana mengambil kuliah S1 di Jerman. Anda perlu perhatikan bahwa siswa lulusan SMA dari Indonesia harus mengambil studienkolleg.

Perlu anda ketahui bahwa studienkolleg merupakan program penyetaraan selama setahun sebelum resmi masuk program sarjana. Lembaga konsultan pendidikan di Indonesia telah lama membantu siswa-siswa SMA untuk mempersiapkan diri menembus studienkolleg.

Beasiswa S1 Jerman Sampai S2 dan S3

Beasiswa s2 dan s3 dari pemerintah Jerman juga melimpah ruah. Salah satunya adalah beasiswa DAAD serta beberapa beasiswa swasta (dari partai, NGO dan kemitraan).

Beasiswa S2 dan S3 ini juga lumayan besar karena bisa menunjang riset dan perkuliahan. Serta biaya hidup dan penginapan di Jerman.

Bagi anda yang mengincar S1 Jerman. Selain mempersiapkan studienkolleg. Anda juga harus mempersiapkan biaya hidup di Jerman.

Tetapi tenang saja. Biaya hidup di jerman dan biaya penginapan tidak semahal di kampus swasta Jakarta Mmlah lebih murah sedikit.

Hal ini karena kampus-kampus negeri banyak mensubsidi. Salah satunya kampus biasanya memiliki apartemen atau asrama yang bisa disewa dengan murah.

Baca Juga  Jangan Putus Asa, Ini Tips Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

Anda juga bisa berbagi kamar dan kontrakan dengan teman-teman mahasiswa internasional, Selain itu, pemerintah jerman juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa internasional pemegang visa pelajar untuk bekerja

Tentu saja jatah bekerja mahasiswa dengan pekerja profesional berbeda. Tetapi setidaknya hal demikian mampu menunjang keuangan anda agar bisa bertahan hidup di Jerman dan semoga saja artikel di atas dapat bermanfaat yah untuk kalian yang ingin mencari beasiswa s1 jerman full.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *