5 Cara Mengolah Daun Kelor yang Wajib Kamu Ketahui
August 18, 2018
cara melentikan bulu mata
Cara Melentikkan Bulu Mata Dengan 7 Bahan Alami
August 18, 2018

Punya Jerawat yang Susah Hilang? Pakailah Bedak Saripohatji

bedak saripohatji

Bedak Saripohatji – Bedak saripohatji mugkin terdengar asing bagi sebagian orang. Apalagi namanya yang terkesan jadul, tidak banyak orang yang mengetahui bedak ini. Bedak saripohatji merupakan bedak dingin tradisional yang sudah ada sejak tahun 1927.

Bedak ini dibuat oleh S Marijah di Jawa Barat. Pada jaman dahulu, orang – orang menggunakan bedak ini untuk merawat kecantikan wajah. Penggunaan bedak ini diresepkan dari satu generasi ke generasi lain turun temurun hingga sekarang.

Tidak perlu bingung kemana mencari bedak saripohatji. Bedak ini dijual di apotek dan banyak juga di jual di online shop. Harga bedak ini tergolong murah, berkisar antara Rp 3000 – Rp 10.000 per bungkusnya. Berat per bungkus bedak saripohatji 20 gram.

Kemasan bedak ini berwarna kuning dan putih dan di dalamnya ada kertas pembungkus lagi yang membungkus butir – butir bedak saripohatji. Di belakang kemasan terdapat keterangan yang ditulis dengan Bahasa Indonesia ejaan lama.

Baca Juga  Cara Memerahkan Bibir Hitam Dengan 12 Bahan Alami

Bedak ini ternyata terbuat dari campuran bahan – bahan tradisional yang terdiri dari tepung beras yang ditumbuk, daun suji, daun pandan, daun jambu , daun beungbeureumen, mamangkokkan dan teklan.

Bahan – bahan ini juga dicampur dengan temulawak (curcuma xanthorriza), kunyit (curcuma domestica), tomat (solanum lycopersicum), jeruk nipis (citrus aurantifolia) serta bahan – bahan dari alam lainnya.

Bedak saripohatji aman digunakan karena sudah memiliki sertifikat dan telah terdaftar di Dep. Kes No. PO. 02.05.3.1.924 Gedep . No. 27688 – 61774. Bedak saripohatji tidak hanya digunakan untuk kulit berjerawat, tapi juga bisa dipakai untuk kulit normal.

bedak saripohatji

Manfaat dan kegunaan bedak saripohatji:

– Dapat mencerahkan kulit

– Membantu menghilangkan jerawat

– Menghilangkan bekas jerawat

– Dapat menghaluskan kulit wajah

– Menghilangkan kekusaman pada wajah

– Mengurangi minyak berlebih pada wajah

– Menyehatkan kulit

– Membuat wajah segar dan kenyal

Selain dapat mengatasi masalah jerawat, bedak ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan segala macam penyakit kulit seperti terotolan, ketuwuhan atau penuaan dini, sariawan dan lainnya.

bedak saripohatji

Bagaimanakah Cara Menggunakan Bedak Saripohatji?

Kebanyakan orang yang menggunakan bedak ini dengan memakainya sebagai masker dan mengkombinasikannya dengan beberapa bahan lain. Berikut ini beberapa tips pemakaian bedak saripohatji:

1. Dijadikan sebagai bedak

Tips pertama, butiran bedak tersebut dihaluskan dan gunakan seperti bedak biasa.

2. Dijadikan sebagai masker tanpa campuran

Ambil beberapa butir bedak tersebut kemudian haluskan lalu tambahkan air secukupnya pada bedak yang sudah halus. Sebelum mengoleskan bedak pada wajah, pastikan wajah dalam keadaan bersih dulu. Untuk mengobati jerawat, gunakan bedak ini sebelum tidur sampai keesokan harinya. Setelah itu, tinggal dibersihkan.

Namun, jika bedak ini hanya dipakai untuk pencegahan sebaiknya durasi penggunaannya 30 menit sampai 1 jam saja.

Baca Juga  Perbedaan BB Cream Dan Foundation Dari Segi Manfaat dan Kegunaan

3. Dijadikan sebagai masker ditambah air mawar

Cara ini sama dengan cara sebelumnya akan tetapi perbedaannya terletak pada air yang ditambahkan. Untuk cara kedua ini, bedak ini jika sudah halus ditambahkan air mawar. Lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Baca Juga  Manfaat Masker Spirulina Tiens Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Digunakan sebagai masker dicampur jeruk nipis

Langkah ini sama dengan yang sebelumnya. Hanya saja untuk yang cara ini bahan yang dicampurkan adalah bedak tersebut dan jeruk nipis. Bedak saripohatji yang sudah dihaluskan dicampur dengan jeruk nipis kemudian dioleskan pada wajah dan tunggu sampai kering.

5. Dibuat menjadi masker dicampur temugiring

Seperti cara – cara yang sebelumnya, beberapa butir bedak tersebut dihaluskan lalu dicampur bubuk temugiring. Selanjutnya tambahkan air hangat pada bubuk tersebut. Bubuk temugiring ini ditambahkan agar penyembuhan jerawat lebih cepat dan bekasnya pun cepat hilang.

Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih, lalu diamkan masker. Tunggu hingga 30 menit sampai 1 jam. Untuk wajah yang berjerawat, disarankan menggunakan bedak ini setiap hari. Namun jika hanya untuk perawatan saja, gunakan bedak ini seminggu 1 – 3 kali saja.

Hal – hal yang harus diperhatikan saat memakai bedak ini yaitu bangun tidur akan keluar banyak kotoran mata. Namun hal ini hanya terjadi selama 2 – 3 hari pada awal pemakaian saja

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *