belajar bahasa jerman untuk pemula
Jangan Putus Asa, Ini Tips Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula
October 1, 2018
cara mendaftar npwp online
Bagaimanakah Cara Mendaftar NPWP Online? Simak Tips Mudahnya
October 1, 2018

5 Tips Jitu Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dirumah

belajar bahasa jerman otodidak

Belajar Bahasa Jerman Otodidak – Banyak orang berhasil belajar bahasa dengan kursus. Mereka sengaja mengambil kursus atau les selama bertahun-tahun. Sehingga kenaikan penguasaan bahasa mereka bisa direncakan. Setahap demi tahap. Selain kursus dengan sistem berjenjang. Mereka juga biasanya merencanakan mengambil kursus singkat di luar negeri. Sebagai tambahan pengalaman dan juga latihan praktik dari hasil kursus selama berbulan-bulan.

Beberapa orang juga ada yang kemudian bekerja dahulu di negara terdekat. Untuk melatih kemampuan berbicara dan menulis bahasa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Metode-metode seperti ini sering dilakukan mereka yang berkocek tebal. Familiar dengan beberapa lembaga kursus. Serta mempunyai jaringan internasionalnya dari ayah atau kerabat dekatnya.

Baca Juga  Jangan Putus Asa, Ini Tips Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

Metode-metode di atas sering dipakai bukan hanya melatih bahasa Inggris. Tetapi juga seringkali digunakan oleh mereka yang belajar bahasa Prancis, Belanda dan Jerman. Mereka yang berkantong tebal, atau memang membutuhkan kursus sebagai satu satunya sarana yang bisa membantu. Maka melakukan kunjungan internasional singkat seperti summer course. Memang sangat membantu dan efektif.

Belajar bahasa Jerman otodidak Membutuhkan Disiplin Tinggi

Lalu, bagaimanakah dengan mereka yang berkantong pas-pasan? Atau memang kursus dirasa melelahkan, serta bagi mereka yang beranggapan kursus dapat menguras banyak waktu dan biaya.

Maka satu satunya solusi adalah belajar otodidak. Salah satu bahasa yang bisa dipelajari otodidak adalah bahasa Jerman. Bahasa Jerman termasuk salah satu bahasa yang sering digunakan di Uni Eropa.

Serta menjadi bahasa resmi beberapa bahasa selain Jerman. Yakni Austria dan Swiss, akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa belajar bahasa Jerman otodidak memerlukan kedisiplinan tinggi.

Karena bahasa Jerman berbeda dengan bahasa inggris yang telah lama familiar di negara kita. Apalagi bahasa inggris merupakan bahasa utama pergaulan internasional.

Baca Juga  Cara Menggunakan Kamus Bahasa Jerman Offline Dengan Mudah

Sementara bahasa Jerman sejajajr dengan bahasa Belanda dan Prancis yang belum terlalu diminati banyak masyarakat Indonesia.

Itulah mengapa kursus-kursus bahasa Jerman, Belanda dan Prancis tidak sebanyak bahasa Inggris. Jurusan-jurusan di perkuliahan pun, dari kampus negeri yang besar hingga kampus swasta kecil saja memiliki program studi bahasa Inggris. Sementara program studi Belanda, Jerman atau Prancis hanya dimiliki kampus-kampus besar.

belajar bahasa jerman otodidak
5 Tips Jitu Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dirumah

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk Belajar Bahasa Jerman otodidak dirumah, diantaranya:

1. Berikan Waktu Utama Untuk Belajar Bahasa Jerman

Disiplin belajar bahasa Jerman itu dimulai dari merencanakan waktu yang tepat. Pertama, berikan waktu utama dalam belajar bahasa secara otodidak.

Jangan diberikan waktu sisa-sisa ketika sudah malam atau capek. Karena waktunya tidak berkualitas. Alokasikan dua sampai tiga jam sehari khusus untuk belajar bahasa Jerman.

Waktu ini bisa disatukan di pagi hari setelah shubuh atau sebelum shubuh. Atau disatukan malam setelah makan malam. Atau mau dipisah sejam setelah shubuh atau sejam setelah makan malam.

2. Belajar Dengan Kurikulur yang Telah Berstandar

Kedua, rencanakan waktu-waktu yang telah dialokasikan dengan kurikulum berstandar. Kurikulum berstandar bisa kita buat sendiri.

Semisal hari pertama belajar grammar (tata bahasa Jerman), hari kedua belajar kosakata (vocab), sementara hari ketiga belajar listening.

Begitu terus diulang-diulang selama beberapa pekan atau bulan. Anda bisa mengkreasikan menjadi seminggu khusus grammar dan seminggu khusus listening.

Baca Juga  Daftar Daycare Jakarta Timur dan Daycare Kelapa Gading

3. Gunakan Kemajuan Teknologi

Jika kemampuan grammar dan kosakata masih pas-pasan. Anda bisa unduh kamus bahasa Jerman offline di app store. Simpan di smartphone anda untuk menunjang penguasaan vocab anda. Usahakan 5 kosakata baru anda tambahkan ke dalam list buku anda.

belajar bahasa jerman otodidak

4. Dengarkan Siaran Berita Bahasa Jerman

Keempat, jika kosakata dan tata bahasa anda sudah meningkat. Cobalah untuk mendengarkan siaran berita bahasa Jerman yang direlai langsung kantor berita Jerman seperti DW.

Atau anda bisa buka channel-channel youtube berbahasa Jerman. Usahakan tanpa menggunakan subtitle. Tapi kalau belum fasih bisa sesekali gunakan subtitle. Biar tidak terlalu bosan, anda tidak harus mendengarkan channel-channel formal saja. Tetapi bisa juga yang non-formal seperti vlog kuliner, musik atau olahraga.

5. Bergabung Dengan Komunitas Penggemar Bahasa Jerman

Komunitas ini tidak harus yang berada di lembaga-lembaga kursus. Di beberapa kota ada komunitas polyglot yang mengkhususkan diri pada penguasaan beberapa bahasa Eropa. Anda bisa bergabung untuk melatih speaking bahasa Jerman anda.

Itulah tadi berbagai macam cara belajar bahasa Jerman otodidak yang bisa anda coba dirumah dan semoga saja artikel ini dapat memberikan manfaat yah, selamat belajar dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *