manfaat kolang kaling
Selain Bernutrisi, Inilah 10 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan
October 1, 2018
belajar bahasa jerman otodidak
5 Tips Jitu Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dirumah
October 1, 2018

Jangan Putus Asa, Ini Tips Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

belajar bahasa jerman untuk pemula

Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula – Belajar Bahasa Jerman bagi pemula kelihatannya sangat berat. Apalagi anda yang baru pertama kali. Tata bahasa jerman yang berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris terkadang terlihat menyulitkan.

Tetapi apakah demikian? Belajar bahasa dari pemula itu sejatinya sama semua. Apakah anda masih mengingat kapan pertama kali anda belajar bahasa Inggris.

Awalnya mungkin terlihat susah dan membosankan. Pada beberapa orang kendala justru di beberapa bagian. Ada yang merasa grammar sebuah bahasa sangat sulit, sementara yang lain justru merasa pada bagian listening yang sulit.

Baca Juga  Cara Menggunakan Kamus Bahasa Jerman Offline dengan Mudah

Belum lagi yang merasa grammar dan listening gampang tetapi justru speaking yang sangat susah. Karena kesulitan ini berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Maka kita tidak bisa meratakan kesulitan belajar bahasa pada bagian tertentu.

Lalu bagaimana cara menyelesaikannya? Atau bagaimaan belajar bahasa menjadi terlihat mudah bagi kita? Lebih tepatnya bagaiman belajar bahasa Jerman untuk pemula terlihat mudah dan menyenangkan?

belajar bahasa jerman untuk pemula
Jangan Putus Asa, Ini Tips Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

Jika anda mengawali belajar bahasa Jerman dari tumpukan buku yang tebal. Bisa dipastikan anda akan cepat bosan dan putus asa.

Coba dibalik, anda mengawali belajar bahasa Jerman untuk pemula Dengan dimulai hal hal menyenangkan. Anda bisa mengawali dengan rutin menonton siaran berita kantor berita Jerman dengan subtitle.

Mengawali dengan menonton channel youtube yang mengulas soal Jerman dari mahasiswa Indonesia seperti Gita Savitri. Mengawali dengan menonton channel youtube yang dibuat orang orang Jerman. Misalnya youtube kuliner, jalan-jalan ke cagar budaya, berita politik singkat atau sejarah Jerman.

Baca Juga  Les Bahasa Jerman di Jakarta Berikut Alamat dan Biayanya

Cara tersebut sangat efektif untuk menumbuhkan motivasi dan keinginan yang menggebu-gebu. Selanjutnya anda baru mulai belajar teks secara normal, baik kursus atau belajar otodidak.

Jika pada pertengahan belajar bahasa Jerman. Anda kembali merasa jenuh dan membosankan. Anda bisa mengulang menonton channel youtube kembali. Atau membaca majalah-majalah leisure yang mengulas soal Jerman dengan bahasa Jerman. Majalah-majalah ini bisa anda baca di Kedubes Jerman, agensi-agensi pendidikan Jerman, konsultan pendidikan Eropa, atau berlangganan elektronik melalui website online.

Bagi anda pemula yang belajar bahasa Jerman dan mulai merasa penguasaan meningkat. Anda bisa mulai menyisihkan tabungan untuk mencoba international course dan summer course di Jerman. Mengapa hal ini menjadi bagian penting dalam penguasaan bahasa Jerman. Walaupun tidak wajib. Tetapi bisa menunjang wawasan anda dengan alasan tertentu.

belajar bahasa jerman untuk pemula

Pertama, komunitas bahasa Jerman di Indonesia belum sebanyak bahasa Inggris. Di Indonesia jika anda ingin merasakan komunitas Inggris maka anda bisa ke Kampung Pare. Walaupun disana disediakan kursus selain bahasa Inggris, tetapi atmosfernya tentu berbeda.

Kedua, summer course ini untuk menghindari anda terkena cultural shock. Pernah mendengar orang-orang dengan skor TOEFL/IELTS tinggi di Indonesia. Tetapi ketika berinteraksi dengan native speaker di Eropa merasa kurang paham. Atau merasa mendengar native berbicara seperti kumur-kumur. Nah cultural shock bisa melanda pembelajar bahasa Jerman.

Dengan adanya summer course atau international course langsung di Jerman. Atau beberapa negara berbahasa Jerman seperti Austria, Belgia dan Swiss. Maka anda bisa langsung merasakan atmosfer penutur bahasa Jerman asli. Langsung melihat kesulitan-kesulitan ketika berbicara dengan penutur asli. Dan bahkan bisa merasakan kehidupan dan kebudayaan penutur asli bahasa Germanic ini.

Baca Juga  Syarat dan Biaya Kuliah di Jerman Yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah anda melewati belajar dari pemula menuju mahir. Serta memiliki segudang pengalaman course, kursus, belajar otodidak selama ratusan jam. Satu hal yang paling penting adalah menjaga kualitas penguasaan bahasa anda.

Rutin melakukan tes sertifikat bahasa Jerman setiap 2 tahun sekali sebagai ajang menjaga saja. Atau anda bisa mengajak beberapa teman anda membuka les dan kursus bahasa Jerman secara cuma-cuma kepada anak SMA atau SMP.

Karena sebagus apapun bahasa Jerman anda, tetapi tidak pernah dijaga dengan digunakan dalam kehidupa sehari-hari. Maka perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya. Pernah mendengar kisah bule amerika yang nge-vlog dengan bahasa Indonesia?

Alasannya sederhana. Ia menguasai bahasa Indonesia karena selama 10 tahun tinggal di Indonesia. Karena kemudian kembali ke negara asalnya Amerika. Maka salah satu caranya agar bahasa Indonesianya tidak hilang adalah nge-vlog bahasa Indonesia. Anda bisa coba nge-vlog bahasa Jerman. Bisa dimulai dari hal-hal kecil yang jarang orang ketahui tentang jerman. Atau berdiskusi tentang masalah di sekitar kita dengan bahasa Jerman. Menarik bukan?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *