kursus bahasa perancis
Kursus Bahasa Perancis Untuk Persiapan Studi dan Materinya
February 11, 2019
kampus di jerman
Cara Memilih Kampus di Jerman yang Tepat untuk Masa Depan
February 13, 2019

Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah, Murah Atau Mahal?

biaya kuliah di jerman dalam rupiah

Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah – Sebagai salah satu negara di dunia yang menjunjung tinggi pendidikan, Jerman menjadi negara maju yang sudah tidak mengeluarkan biaya pendidikan di perguruan tinggi. Tentu saja peraturan ini sudah diberlakukan namun masih ada beberapa universitas yang tidak mendapatkan suntikan dana dari pemerintah tetap memberlakukan biaya kuliah.

Bagi siapa saja biaya kuliah gratis berlaku, tingka apa dan di perguruan tinggi mana saja? Tentu ada banyak pertanyaan di benak kamu ketika mencari tahu informasi detail mengenai kuliah gratis di Jerman.

Baca Juga  4 Tempat Kuliah di Jerman Gratis untuk Mahasiswa Internasional

Kuliah gratis memang sangat menguntungkan dan butuh perjuangan keras serta keberuntungan untuk mendapatkannya.Belum lagi kamu juga mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Jerman. Artinya jika kamu masuk di kampus yang gratis, uang beasiswa bisa digunakan untuk biaya hidup selama disana.

Biaya kuliah gratis ini sudah diberlakukan sejak tahun 2014 lalu dan hingga saat ini universitas yang tidak membebankan biaya kuliah adalah universitas negeri. Beberapa universitas swasta masih pada yang memberikan biaya kuliah dan tenang saja biaya kuliah di sana tidak semahal di Indonesia.

Daftar Universitas yang Memberikan Biaya Kuliah Gratis

biaya kuliah di jerman dalam rupiah
Biaya kuliah gratis ini berlaku untuk seluruh mahasiswa, bukan hanya mahasiswa Uni Eropa saja namun semua mahasiswa internasional. Beberapa universitas yang memberlakukan biaya kuliah gratis adalah sebagai berikut ini;

University of Mannheim

– University of Bremen

– University of Cologne

– RWTH Aachen Universitas

– Karlsruhe Institute of Technology.

Jika kamu ingin mendapatkan sekolah tanpa harus membayar per semesternya, maka jurusan yang harus diambil adalah jurusan yang umum. Misalnya saja seperti jurusan ekonomi atau teknik. Sedangkan jurusan khusus seperti pilot, keperawatan, biasanya akan dikenakan biaya.

Baca Juga  5 Daftar Universitas di Jerman yang Gratis Biaya

Walaupun gratis, ada beberapa biaya tambahan seperti administrasi, voucher makan di kantin, traveling yang jumlahnya tidak tinggi. Mahasiswa akan dikenakan biaya sebesar 60 hingga 200 euro per semesternya, jika dalam rupiah maka sekitar 900 ribu hingga 3 juta.

biaya kuliah di jerman dalam rupiah
Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah, Murah Atau Mahal?

Jika universitas negeri tidak membebankan biaya kuliah, lalu berapa biaya kuliah di Jerman dalam rupiah untuk universitas swasta? Bagi perguruan tinggi yang tidak mendapatkan biaya dari pemerintah maka mahasiswa harus membayar biaya pendidikan per semesternya. Berikut ini beberapa universitas yang membebankan biaya kuliah kepada mahasiswa.

– Heidelberg University membutuhkan biaya 6.000 euro per tahunnya sekitar 90 juta rupiah

– Technical University of Munich sekitar 2.000 euro per tahunnya yaitu 30 juta.

Biaya dari yang dikenakan oleh universitas ini tidak hanya biaya kuliah saja, namun sudah mencakup biaya transportasi, biaya materi seperti buku dan studi banding, dan biaya kegiatan kampus lainnya.

Baca Juga  Ingin Kuliah S2 di Jerman? Apply 3 Beasiswa Jerman S2 Ini

Jika kamu mendapatkan beasiswa, pastikan biaya yang didapatkan sudah mencukupi biaya pendidikan dan hidup selama di Jerman atau salah satunya. Mendapatkan beasiswa adalah jalan termudah untuk meringankan biaya kuliah apabila kamu tidak mendapatkan kampus yang meringankan biaya pendidikan.

Biaya pendidikan juga berbeda dengan tingkatan yang akan diambil. Bagi kamu yang akan menempuh program master di Jerman maka beban biaya untuk universitas negeri kebanyakan adalah 5.000 euro per tahun atau 75 juta. Sedangkan untuk sekolah swasta yaitu 30 euro atau 450 juta.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengambil program doktoral lebih murah yaitu 300 euro per semesternya yaitu sekitar 4,5 juta rupiah. Walaupun sekilas kelihatannya sangat mahal, pemerintah Jerman menyediakan berbagai macam beasiswa memulai dari S1, S2 hingga S3. Untuk mempersiapkan meraih beasiswa, kamu bisa belajar di virtueducation.org, kamu juga akan mendapatkan banyak trik mendapatkan kuliah secara gratis.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *