flek coklat sebelum haid
5 Penyebab Utama Mengapa Muncul Flek Coklat Sebelum Haid
September 22, 2018
cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan
Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan dengan Aman
September 22, 2018

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa Bukan Cuma Mimpi

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa – Jerman adalah negara yang menjadi tujuan belajar oleh mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Jerman memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan, karenanya pemerintah Jerman memberikan subsidi yang sangat besar di seluruh negara bagiannya.

Biaya pendidikan di Jerman bisa dibilang gratis untuk semua tingkat pendidikan, dari TK sampai perguruan tinggi. Pemerintah membebankan pajak yang tinggi kepada rakyatnya, hasilnya dikembalikan dalam bentuk pendidikan dan kesehatan gratis.

Selain itu, Jerman juga unggul dalam hal kualitas pendidikan. Jerman sudah menjadi magnet para penuntut ilmu pengetahuan sejak ratusan tahun lalu. Hal ini karena Jerman memiliki tradisi panjang dan reputasi cemerlang dalam menyediakan institusi pendidikan dengan kualitas nomor satu bagi para mahasiswa dari seluruh dunia.

Baca Juga  Belajar dan Mengenal Kosakata Bahasa Jerman Sehari-Hari

Banyak penemuan dan inovasi lahir dari penelitian yang dilakukan di universitas di Jerman. Di bidang saint saja, telah banyak nama-nama peraih nobel yang berasal dari kampus di Jerman, diantaranya Albert Einstein, Max Planck, Conrad Röntgen, Robert Koch, dan masih banyak lagi.

Maka tak heran kalau orang menjadikan Jerman sebagai tujuan study. “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Jerman”

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa Bukan Cuma Mimpi

Mugkin kebanyakan orang kuliah gratis cuma mimpi disiang bolong, tapi nyatanya hal tersebut bisa saja terwujud asalkan kta mau berusaha dan berdoa

Sebagaimana telah disampaikan bahwa pemerintah Jerman memberikan subsidi yang sangat besar bagi sektor pendidikan, maka kabar baiknya adalah sebagian besar kampus di Jerman membebaskan biaya kuliah bagi seluruh mahasiswanya, baik local student maupun international student, termasuk dari Indonesia.

Memang tidak semua kampus menerapkan biaya kuliah gratis (free tuition fee), ini hanya berlaku untuk “universitas negeri” atau “state/public university”. Sedangkan untuk kampus private/swasta tetap menerapkan biaya kuliah per semester, itupun angkanya relative rendah, lebih rendah dibanding negara Eropa lainnya seperta Belanda atau United Kingdom.

Selain itu ada keuntungan lain bagi mahasiswa luar Jerman, yaitu banyaknya peluang mendapatkan beasiswa dari berbagai institusi yang ada di Jerman.

Baca Juga  Perbedaan Margarin dan Mentega yang Perlu Anda Ketahui

Tidak semua negara bagian menerapkan free tuition fee. Dari 16 negara bagian, ada 2 negara bagian yang menetapkan tuition fee bagi kampus negeri, yaitu Bayern dan Baden Wurttenberg. Tapi lagi-lagi, biaya per semester yang ditetapkan relative rendah, yaitu sekitar 500 Euro per semester. Sementara untuk perguruan tinggi swasta biasanya menetapkan biaya kuliah yang lebih tinggi.

Nah kalau kalian diterima di kampus negeri, biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa masih sangat terjangkau kan? Bahkan masih lebih rendah dibandingkan biaya kuliah di Indonesia.

Selain kemungkinan membayar tuition fee/biaya kuliah yang besarnya tergantung kebijakan masing-masing universitas, mahasiswa juga dikenakan biaya yang namanya iuran semester.

Iuran semester ini bukan digunakan sebagai biaya kuliah lho, tapi untuk mendapatkan semesterticket, yaitu semacam tiket untuk menggunakan fasilitas transportasi umum di sekitar kampus. Iuran semester nilainya berbeda-beda di tiap perguruan tinggi, tapi sekedar info saja besarnya sekitar 100 Euro atau Rp 1,7 Juta per semester.

Jadi sebelum mendaftar study, ada baiknya cek terlebih dahulu :

•Apakah kampus yang hendak dituju itu, apakah Private/swasta atau state university?

•Kota atau negara bagian tempat kampus tersebut berada

•Jurusan study yang akan dipilih, apakah gratis atau ada biaya tambahan?

Ketika akan mendaftar kuliah di Jerman, kita memang bisa memilih kampus yang menetapkan gratis biaya kuliah. Tapi bagaimana dengan biaya hidup untuk mahasiswa non beasiswa?

Mahalnya Biaya Hidup di Jerman dan Cara Mengatasinya
biaya kuliah di jerman tanpa beasiswa

Menurut sebuah statistik, mahasiswa di Jerman membutuhkan biaya hidup sekitar 800 Euro atau sekitar Rp 13,5 juta setiap bulan. Biaya hidup hanya ditanggung untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Untuk mahasiswa non beasiswa, tentu harus membiayai sendiri biaya hidupnya.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena biaya hidup di Jerman terbilang sangat tinggi, yaitu bisa 10-20 kali biaya hidup di Indonesia. Karena itu, mereka bisa kuliah sambil kerja karena banyak lowongan “part time job” yang terbuka untuk mahasiswa.

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Makanan

Nah, yang membedakan juga antara kuliah di Jerman dengan beasiswa dan tanpa beasiswa adalah, mahasiswa non beasiswa harus memiliki deposit uang jaminan sekitar 8600 Euro. Uang tersebut dibekukan di Bank sebagai syarat untuk mendapatkan visa. Hal ini dipersyaratkan oleh pemerintah Jerman agar mahasiswa memiliki jaminan biaya hidup dan tidak terlunta lunta selama menjalani study.

Demikian sharing tentang biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa. Bagi kamu yang ingin kuliah di Jerman tapi tidak mendapat beasiswa, banyak cara kok untuk mensiasatinya. Tetap semangat mengejar mimpi ya…. Dan jangan takut untuk bermimpi, kalau ada tekad akan ada jalan keluar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *