benjolan di belakang telinga kanan
Benjolan di Belakang Telinga Kanan? Awas 6 Penyakit Ini Bisa Menyerang
November 24, 2018
cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk
11 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Dengan Bahan Alami
November 24, 2018

Biduran Pada Anak? Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini

biduran pada anak

Biduran Pada Anak – Seluruh orang tua pasti khawatir jika pada tubuh sang anak tiba-tiba muncul bentol atau ruam berwarna merah setelah mengkonsumsi makanan tertentu atau terpapar udara dingin, apalagi jika ditambah dengan keluhan gatal pada bentol atau ruam tersebut.

Nah, masyarakat umum mengenal kondisi ini dengan nama biduran. Dalam istilah medis, biduran disebut dengan nama urtikaria, yaitu suatu kondisi reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentol atau ruam berwarna merah yang terasa gatal.

Baca Juga  Sudahkah Mengenal Ciri Ciri Campak Pada Anak Dengan Benar?

Bentuk dan ukurannya pun berbeda-beda, mulai dari beberapa millimeter sampai sebesar tangan, lalu apakah penyebab biduran pada anak?

biduran pada anak

Penyebab Biduran Pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

Secara umum, penyebab biduran yang sering ditemui adalah alergi. Alergi dapat terjadi ketika anak terpapar suatu alergen tertentu.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Anak Dengan 4 Cara Aman Ini

Alergen adalah bahan – bahan yang dapat menimbulkan alergi pada orang tertentu. Selain itu, beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya biduran antara lain:

– Paparan udara yang terlalu dingin atau terlalu panas.

– Adanya kontak dengan pemicu alergi, misalnya memakan makanan tertentu atau terkena gigitan serangga.

– Beberapa jenis obat, misalnya antibiotik.

– Infeksi, misalnya infeksi oleh virus, bakteri, atau parasite.

– Penyakit autoimun, misalnya lupus.

Gejala Biduran Pada Anak yang Perlu Diketahui

Biduran biasanya timbul sekitar 1 – 2 jam setelah anak terpapar faktor penyebab biduran. Berdasarkan lama berlangsungnya, biduran dapat dibagi menjadi dua, yaitu biduran akut dan kronik.

Biduran akut jika berlangsung kurang dari enam minggu, sedangkan biduran kronik jika berlangsung lebih dari enam minggu. Beberapa tanda dan gejala biduran pada anak yang sering ditemui yaitu:

Baca Juga  Kenali Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

– Bentol atau ruam yang berbentuk hampir oval atau seperti cacing, terasa gatal, berwarna merah atau putih, dan warnanya memudar jika ditekan.

– Terpapar faktor pemicu biduran, misalnya makanan, hewan, atau suhu lingkungan.

– Pernah mengalami biduran sebelumnya, untuk dapat membedakan biduran akut atau kronis, bisa dilihat dari faktor pemicu biduran yang terjadi sekarang dengan faktor dari pemicu biduran sebelumnya.

Jangan Khawatir, Inilah Cara Mengatasi Biduran Pada Anak

biduran pada anak

Biduran pada anak biasanya akan berlangsung hanya dalam waktu beberapa jam atau beberapa hari. Untuk mengatasi biduran pada anak, dapat dilakukan hal-hal berikut:

– Sebisa mungkin, usahakan agar anak tidak menggaruk pada area kulit yang muncul bentol atau ruam kemerahan.

– Mandikan anak dengan sabun yang mengandung sedikit bahan kimia, setelah mandi, balurkan bedak salisilat untuk mengurangi rasa gatal akibat biduran.

– Pastikan anak menggunakan pakaian yang longgar.

– Pada area kulit yang terkena biduran, pastikan agar tetap dingin dengan cara mengoleskan losion penyejuk atau dengan mengompres menggunakan air dingin.

– Hindari faktor pemicu biduran, misalnya makanan tertentu, serangga, atau suhu yang terlalu ekstrim.

Baca Juga  Lakukan 4 Cara Mencegah Penyakit Difteri Ini Pada Anak

– Jika biduran akan semakin parah atau terus berlangsung selama berminggu-minggu, segera bawa anak ke dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan seperti antihistamin atau kortikosteroid. Pastikan anak tidak mengalami alergi terhadap obat-obatan tersebut.

Nah, itu tadi penyebab, gejala, dan cara mengatasi biduran pada anak. Untuk mencegah terjadinya biduran pada anak, segera kenali penyebabnya terlebih dahulu dan smoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *