cara menghilangkan bau pada sepatu
Selain Kopi, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Lainnya
April 13, 2019
manfaat masker putih telur
5 Manfaat Masker Putih Telur yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah
April 15, 2019

Makanan dan Buah Penurun Darah Tinggi Ini Wajib Diingat

buah penurun darah tinggi

Buah Penurun Darah Tinggi – Anda memiliki darah tinggi atau hipertensi? Saatnya untuk menjaga asupan makanan penyebab darah tinggi. Masalah hipertensi ini seringkali tidak terdeteksi dan ketika sudah terjadi komplikasi baru ketahuan.

Darah tinggi atau hipertensi adalah dimana kekuatan aliran darah dari jantung ke dinding pembuluh darah tidak normal. Tingginya tekanan darah ini bisa mencapai lebih dari 140/90 milimeter merkuri. Pemicu tekanan darah tinggi ini masih belum diketahui namun sebagian besar dilihat dari gaya hidup.

Gaya hidup ini berhubungan dengan pola makan, nah jika Anda kini menderita darah tinggi seperti apakah pola makan selama ini? Selain pola makan, efek samping dari obat ginjal juga sangat berpengaruh.

Baca Juga  Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil Yang Jarang Diketahui

Cara mendeteksi seseorang yang terkena hipertensi dapat dilihat dari kondisi tubuh mereka. Cobalah untuk mengenali apa yang sedang terjadi pada diri Anda. Tekanan darah tinggi akan menimbulkan efek pusing, penglihatan yang buram, mual dengan telinga berdenging, detak jantung yang tidak teratur dan paling parah ketika sensasi detak jantung sampai ke dada, leher dan telinga.

Penting untuk mengetahui sejak dini apakah Anda memiliki hipertensi. Berbagai cara mengecek bisa dilakukan melalui apotek dan puskesmas terdekat. Jika Anda mengalami gejala yang parah maka perlu periksa ke dokter dalam waktu dekat.

buah penurun darah tinggi
Cara Mengatasi Darah Tinggi dengan Pola Makan

Jika penyebab darah tinggi Anda adalah gaya hidup maka mengatur pola makan harus dilakukan sekarang juga. Banyak makanan pantangan darah tinggi yang perlu diingat dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi.

Jenis makanan yang harus dihindari pertama adalah kulit ayam. Kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat inilah yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga  Kandungan dan 7 Khasiat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Makanan pantangan kedua adalah makanan cepat saji dan kalengan. Makan cepat saji yang digoreng juga meningkatkan kandungan lemak jenuh. Sedangkan makanan kalengan memiliki kandungan pengawet berupa garam yang akan meningkatkan tekanan darah.

Selain makanan ataupun minuman yang tidak boleh dikonsumsi yaitu kopi. Kandungan kafein dalam kopi mengakibatkan pelepasan hormon adenosin yang menjaga pembuluh darah seharusnya tetap melebar. Pelepasan hormon adrenalin dan kortisol dalam kafein juga akan menyebabkan timbulnya tekanan darah tinggi.

buah penurun darah tinggi
Makanan dan Buah Penurun Darah Tinggi Ini Wajib Diingat

Kini setelah Anda mengetahui makanan dan minuman yang harus dihindari, belajar bagian paling penting yaitu makanan dan buah penurun darah tinggi yang wajib dikonsumsi. Berikut ini ulasannya.

1. Alpukat

Buah yang wajib dikonsumsi adalah alpukat karena tingginya kandungan kalsium, magnesium dan kalium yang dibutuhkan setiap hari. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga  Tak Perlu Ke Dokter, 8 Buah Penurun Tensi Ini Harus Kamu Konsumsi

2. Semangka

Jus penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi secara rutin adalah semangka. Kandungan air dalam semangka sangat tinggi sehingga segar ketika dikonsumsi. Selain itu kandungan L-citrulline yang akan membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Anggur

Konsumsi juga buah anggur setiap hari ketika tekanan darah Anda sedang meningkat. Kandungan Flavonoid dalam anggur dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan kolesterol. Konsumsilah anggur merah yang lebih baik untuk tubuh.

4. Pisang

Buah yang paling mudah ditemukan adalah pisang. Kandungan dalam pisang yang sangat dibutuhkan adalah kalium, kalsium dan juga magnedisim. Anda bisa mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari untuk menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Baca Juga  8 Daftar Sayuran Penurun Darah Tinggi Yang Wajib Konsumsi

5. Tomat

Buah yang juga merupakan sayuran yang wajib dikonsumsi adalah tomat. Kandungan lycopene sangat baik untuk menurunkan hipertensi sekaligus mencegah diabetes. Anda bisa langsung mengkonsumsinya atau mengolahnya dalam masakan.

6. Ikan

Selain buah penurun darah tinggi, ikan merupakan makanan penurun darah tinggi dengan cepat. Kandungan omega 3 dalam ikan dapat mengurangi penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Jenis ikan yang sangat berkhasiat adalah ikan tongkol.

7. Daging ayam tanpa lemak

Anda masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging ayam, hanya saja pilih dada ayam yang tidak mengandung lemak. Daging ayam tanpa lemak lebih baik dibandingkan dengan daging merah seperti daging sapi. Kandungan kolesterolnya lebih rendah dan mampu mengurangi sedikit tekanan darah.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *