cara menaikan trombosit
7 Cara Menaikan Trombosit Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini
August 8, 2018
tambal gigi permanen
2 Tahapan Sebelum dan Sesudah Tambal Gigi Permanen Dilakukan
August 8, 2018

Tak Perlu Ke Dokter, 8 Buah Penurun Tensi Ini Harus Kamu Konsumsi

buah penurun tensi

Buah Penurun Tensi – Hypertensi adalah kondisi dimana tekanan darah diatas normal, sehingga menyebabkan kesehatan bermasalah misalnya penyakit jantung dan stroke.

Tekanan darah pada setiap orang memang berbeda-beda, terutama dalam segi umur, tekanan darah anak-anak lebih rendah dari tekanan darah orang dewasa.

Baca Juga  7 Cara Menaikan Trombosit Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Tekananan darah juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas tubuh, tekanan darah saat ber-aktivitas biasa lebih tinggi dari tekanan darah saat beristirahat dan yang akan Kami bahas disini adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi dan buah penurun hipertensi.

Sebenarnya gejala hiperstensi ini tidak sulit di deteksi, beberapa orang penderita hipertensi mungkin mengalami sakit kepala yang bekelanjutan, sering hilang keseimbangan,bahkan ada yang sampai mimisan. Tetapi banyak orang mengabaikannya karena merasa tidak begitu mengganggu, atau berpikir akan sembuh dnegan sendirinya.

buah penurun tensi

Ada beberapa factor yang mengakibatkan seseorang menderita hipertensi, yaitu:

• Obesitas atau kelebihan berat badan

Obesitas merupakan salah satu factor yang paling mempengaruhi terjadinya hipertensi, ketika berat badan semakin naik, maka semakin banyak darah yang perlukan untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

• Kurangnya akivitas Fisik

Ketika tubuh melakukan aktivitas, maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat menurunkan tekanan darah, dan sebaliknya ketika tubuh tidak melakukan aktivitas fisik apapun makan tekanan darah akan semakin tinggi.

Baca Juga  6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya

• Terlalu banyak mengonsumsi garam dan alcohol

Kandungan natrium yang ada pada garam dan kandungan alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan, dapat mempersempit arteri sehingga mengakibatkan hipertensi.

buah penurun tensi

Cobalah Konsumsi 8 Buah Penurun Tensi

Hipertensi biasa ditandai dengan gejala sering sakit kepala, penglihatan buram, kembung dan sulit buang air besar, dan sulit menjaga keseimbangan. Jika gejala ini sudah anda rasakan, maka ada baiknya anda mulai rajin mengonsumi buah-buahan berikut ini.

1. Jeruk

Jeruk memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, karena jeruk mengandung vitamin C dan juga mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga buah jeruk merupakan salah satu buah yang bisa menurun tensi yang paling diketahui banyak orang.

2. Tomat

Buah tomat yang dikenal banyak mengandung lycopene, selain untuk kecantikan ternyata juga berguna untuk menurunkan hipertensi.

3. Semangka

Kandungan L-citrulinne yang ada pada semangka sangat membantu menurunkan hipertensi.

4. Kiwi

Buah kiwi yang dikenal dengan buah yang paling banyak mengandung vitamin c, yang bahkan lebih tinggi dari kandungan vitamin C pada Jeruk, dapat menurunkan tensi.

Baca Juga  9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

5. Jambu biji

Antioksidan plavonoid yang ada pada jambu biji sangat berguna untuk menurunkan tensi.

6. Anggur

Senyawa galavonoid yang ada pada buah anggur dapat mencegah penggumpalan darah, sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan tensi.

7. Mangga

Vitamin C yang ada pada mangga dapat mengurangi kolesterol yang masuk kedalam darah.

8. Pisang

Kandungan kalium yang ada pada pisang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tensi.

Sebelum gejala hipertensi anda semakin buruk, maka 8 buah penurun tensi diatas wajib anda konsumsi tanpa harus ke dokter, selain untuk menurunkan tensi, buah-buahan tersebut juga sangat berguna untuk asupan gizi anda.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Sirih Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Adapun akibat fatal dari hipertensi adalah stroke, serangan jantung, gagal jantung, masalah ginjal, gangguan mata, sulit fokus, sindrom metabolik, dan aneurisma, jika ternyata bisa dicegah dengan 8 buah penurun tensi, kenapa tidak? Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *