tanaman pengusir nyamuk
Cegah Nyamuk Dengan 8 Tanaman Pengusir Nyamuk Ini
October 26, 2018
manfaat buah kelengkeng
Luar Biasa, Inilah 12 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan
October 27, 2018

Inilah 5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Pipi

cara alami menghilangkan flek hitam di pipi

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Pipi – Salah satu gangguan kulit wajah yang sangat mengganggu adalah adanya flek atau bintik hitam yang biasa muncul di pipi dan hidung.

Penyebab utama timbulnya flek hitam pada kulit wajah adalah karena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Baca Juga  Awas Ini 4 Bahaya Softlens dan Cara Aman Menggunakannya

Sinar ultraviolet pada sinar matahari akan meningkatkan produksi melanin atau pigmen alami kulit.

Melanin adalah pigmen yang menentukan warna kulit dan bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan tampak lebih gelap dibanding kulit sekitarnya, sehingga nampak bintik hitam.

cara alami menghilangkan flek hitam di pipi
Bintik Hitam Di Wajah Sangat Menggangu Wanita

Walaupun secara medis tidak membahayakan, tetapi kondisi ini tentu saja sangat mengganggu karena bintik hitam di wajah ini akan mudah terlihat oleh orang-orang di sekitar kita.

Selain disebabkan sinar ultraviolet, flek hitam bisa juga disebabkan faktor lain diantaranya : faktor keturunan, perubahan hormon pada tubuh, penuaan, atau bisa juga karena penyakit kulit.

Adapun flek yang terjadi pada remaja biasanya disebabkan karena pemakaian kosmetik yang sembarangan atau bisa juga karena jerawat yang terinfeksi hingga menimbulkan bekas di wajah dan lama kelamaan berubah menjadi flek.

cara alami menghilangkan flek hitam di pipi
Inilah 5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Pipi

Ada banyak cara menghilangkan flek hitam. Menghilangkan flek hitam tidak harus dengan produk-produk perawatan yang mahal, tetapi bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Baca Juga  Inilah 5 Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Dengan Bahan Alami

Bahkan perawatan dengan bahan alami merupakan cara paling efektif dan aman untuk mendapatkan wajah mulus kembali dan berikut ini beberapa cara alami menghilangkan flek hitam di pipi

1.Mentimun dan bengkoang

Bengkoang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang ada pada buah tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan sebagai antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

Begitu juga dengan mentimun, buah ini memiliki kandungan air yng tinggi, vitamin A, B, C, dan nutrisi lainnya yang berperan penting dalam perawatan kulit

Untuk menghilangkan flek hitam di pipi, kamu bisa menggunakan kombinasi mentimun dan bengkoang sebagai masker wajah.

Caranya adalah dengan menghancurkan atau parut satu buah mentimun dan setengah bengkoang.

Kemudian aduk hingga rata mentimun dan bengkoang yang sudah dihancurkan tadi. Lalu oleskan pada pipi yang mengalami flek hitam, diamkan sebentar dan bilas wajah dengan air bersih

2.Lidah buaya

Kemampuan lidah buaya atau aloe vera dalam perawatan rambut dan kulit sudah tidak perlu diragukan lagi.

Diantara manfaat bagi kulit adalah mampu menghilangkan flek hitam yang ada di pipi dan hidung.

Baca Juga  Gak Perlu Minder, Ini 6 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami

Cara pemakaian lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam sangatlah mudah, kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada area pipi yang terkena flek.

Oleskan dengan hati-hati agar tidak mengenai mata dan tunggu beberapa saat sampai kering, lalu bilas wajah dengan air bersih.

3.Jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman saja, tetapi dapat juga dipakai untuk menghilangkan flek hitam di pipi.

Hal ini karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu sehingga Kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah.

Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis kemudian tuangkan air perasan ke kapas dan oleskan ke wajahmu secara perlahan.

Ada sedikit saran bahwa sebelum menggunakan masker jeruk nipis ini, cuci bersih wajah kamu terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk.

4.Kunyit

Kunyit ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan rempah untuk bumbu masak saja, tetapi kunyit bisa kamu gunakan juga untuk merawat wajah agar putih, bersih, dan bebas flek hitam.

Kunyit mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu, kunyit juga mengandung bahan anti-inflamasi dan antiseptik yang berfungsi untuk menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga  Cara Memerahkan Bibir Dengan Kunyit yang Bisa Dicoba Dirumah

Untuk membuat ramuan masker kunyit ini sangat mudah, yaitu dengan menggunakan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan susu tanpa gula.

Aduk hingga rata campuran ini, lalu oleskan ke wajah yang mengalami flek hitam. Diamkan sekitar 10 menit hingga kering dan bilaslah dengan air hangat.

5.Putih telur

Cara alami menghilangkan flek hitam di pipi berikutnya adalah dengan menggunakan ramuan putih telur dan madu.

Putih telur berkhasiat menghilangkan flek hitam karena kandungan zat proteinnya yang tinggi mampu memacu regenerasi kulit, sehingga membantu menyingkirkan sel kulit mati pada wajah.

Putih telur juga memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

Caranya adalah dengan menyiapkan 1 telur ayam kampung yang diambil putihnya saja, dicampur dengan 1 sendok makan madu.

Kemudian aduk hingga rata dan oleskan ke pipi atau hidung yang terkena flek hitam.

Baca Juga  Wajib Tahu, Inilah 8 Fungsi Cuka Apel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Diamkan beberapa saat sampai kering, lalu bilas dengan air bersih. Agar flek hitam segera hilang, lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur

Nah, itulah tadi tips mengenai cara alami menghilangkan flek hitam di pipi yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin melakukan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami. Semoga berhasil ya!!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *