kegunaan baking powder
Gak Cuman Untuk Kue, Ini 11 Kegunaan Baking Powder Lainnya
September 17, 2018
8 Cara Menghilangkan Bau Pete yang Sangat Menganggu
September 18, 2018

Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan di Sekitar Kita

Cara Ampuh Mengusir Tikus – Tikus atau yang bernama latin apodemus sylvaticus adalah hewan pengerat yang banyak hidup di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia mengenal beberapa jenis tikus yang biasanya tergolong berdasarkan tempat tinggalnya, yaitu seperti mencit, tikus got, tikus sawah, atau pun juga tikus atap.

Untuk tikus mencit biasanya tidak hidup liar dan berguna untuk pakan hewan peliharaan. Namun, beberapa tikus yang lain hidup liar di tempat kotor dan bagi masyarakat, yang berada khususnya di kota, menjadi masalah serius.

Saking tidak sukanya pada tikus, beberapa pemerintah kota bahkan menjadikan penanganan tikus sebagai fokus penting. Misalnya saja pemerintah DKI Jakarta, yang kala itu dipimpin oleh Djarot Saiful Hidayat, yang membuat gerakan basmi tikus.

Hal tersebut memang beralasan. Selain tikus bukanlah hewan peliharaan, hewan pengerat ini gemar hidup di tempat yang lembab dan kotor, seperti selokan, tempat sampah, atau timbunan barang-barang. Kalau mereka tetap di sana, tentu tidak masalah. Yang jadi masalah jika tikus-tikus yang tadinya ada di got, berpindah ke dalam rumah.

Padahal, tikus terbukti dapat membawa dan menyebarkan penyakit. Bahkan, apabila anda digigit tikus pun dapat langsung terkena demam. Demam yang diakibatkan oleh gigitan tikus tersebut disebut sebagai RBF atau rat bite fever.

Hal tersebut karena dalam mulut tikus terdapat streptobacillary dan spirillary. Gigitan tikus dapat membuat Anda mual, muntah, bahkan hingga pembengkakan getah bening. Selain itu, penyakit-penyakit yang ditengahi berasal dan disebarkan oleh tikus adalah sebagai berikut.

Pertama, leptospirosis atau yang lebih dikenal sebagai Weil. Penyakit ini berasal dari bakteri yang dibawa tikus dan menyebabkan infeksi pada luka manusia.

Biasanya bakteri ini terletak pada urine dan feses tikus yang menempel pada makanan. Bisa juga bukan pada makanannya langsung, tetapi pada peralatan makan kita. Gejala yang timbul pada penyakit ini adalah rasa sakit kepala disertai demam, muntah, mual-mual, dan nyeri otot.

Kedua, salmonellosis atau salmonella. Sama seperti leptospirosis, penyakit ini berasal dari urine dan feses tikus. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah masalah pencernaan dan demam.

Penyakit ini tidak akan terlalu serius bagi manusia dewasa, namun akan lebih berbahaya bagi anak-anak. Meskipun begitu, pernah juga ditemukan kasus yang serius pada orang dewasa yang terkena samonella hingga terjadi infeksi dalam aliran darah.

Ketiga, plague. Penyakit ini berasal dari kutu yang dimiliki tikus. Kutu tersebut dapat berpindah ke hewan lain, dan bahkan ke rambut manusia. Walaupun tidak sebahaya penyakit lain dan dapat menghilang dengan sendirinya, pencegahan kutu tikus tersebut baik dilakukan dengan cara mencampurkan antibiotik pada air mandi.

Baca Juga  9 Daftar Makanan Berprotein Tinggi Untuk Anda yang Sedang Diet

Keempat, penyakit paling fatal yang ditimbulkan oleh tikus yaitu Hantavirus Pulmonary Syndrome atau virus HPS. Penyakit yang satu ini menyerang saluran pernapasan manusia dan mempengaruhi seluruh metabolisme tubuh. HPS ini bukan hanya berisiko pada orang yang berimuns rendah, namun juga pada orang yang sehat dan bugar.

Dari penyakit-penyakit tersebut, yang barangkali bisa lebih banyak, tentu bijak jika kita mengusir hewan pengerat itu dari dalam rumah. Ini bukan hanya sekedar soal menjaga pisang goreng tetap utus di meja, melainkan lebih soal dalam kesehatan. Terlebih jika Anda memiliki anak kecil yang masih suka memasukan benda-benda asing ke dalam mulut.

Anda bisa dengan mudah meracun atau membuat perangkap tikus, tapi hal itu akan menciptakan masalah baru karena bangkau tikus juga menimbulkan banyak penyakit. Lalu, bagaimana cara ampuh mengusir tikus tanpa repot? Kami punya tipsnya. Simak terus ya!

Tikus tergolong sebagai hewan yang cerdik sehingga untuk mengusirnya tidak mudah. menurut penelitian, hewan pemakan segala ini dapat menganilisa situasi yang dapat membunuhnya.

Sampai saat ini, cara dengan meracun adalah cara yang paling efektif. Namun, dengan meracun, Anda akan dipusingkan dengan bangkainya yang berbau busuk dan menimbulkan penyakit lain. Nah, untuk itu kami berikan cara ampuh tanpa membunuhnya.

1. Cara ampuh mengusir tikus dengan kamper

Kamper atau sering disebut kapur barus adalah bahan yang tidak membuat masalah bagi manusia tetapi sangat tidak disukai hewan seperti tikus dan serangga. Kamper pun mudah di dapatkan di minimarket terdekat dengan harga murah. Caranya pun tidak sulit. Hanya perlu menempatkan kamper pada tempat yang menjadi sarang atau tempat lewat tikus. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kamper merupakan bahan kimia keras, sehingga jangan menempatkan kamper sembarangan dan menimbulkan alergi pada keluarga Anda.

2. Cara ampuh mengusir tikus dengan amonia

Amonia menjadi pengusir tikus karena baunya yang menyengat dan tidak disukai oleh siapa pun, termasuk tikus. Cara ini mungkin beresiko juga pada hidung Anda, namun terbukti ampuh. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit deterjen, air, dan amonia. Kemudian, tempatkan larutan tersebut di tempat yang banyak disinggahi tikus.

3. Cara ampuh mengusir tikus dengan bulu burung hantu

Tikus memiliki ingatan yang cukup baik, terutama pada makanan dan pemangsanya. Dia tahu betul bahwa burung hantu adalah pemangsanya yang paling mengerikan. Karena alasan itu, banyak orang mencoba dan telah membuktikan sendiri bahwa bulu burung hantu sangat ampuh untuk menakut-nakuti tikus. Tetapi harus bulu asli, ya. Sebab bulu palsu tidak memiliki bau yang sama.

Baca Juga  Minum Secara Rutin dan Dapatkan 12 Manfaat Jamu Kunyit Asam

4. Cara ampuh mengusir tikus dengan bahan dapur

Jika Anda ingin menggunakan bahan yang terdekat, barangkali Anda bisa menengok beberapa bahan di dapur seperti lada, daun salam, dan bawang. Beberapa orang membuktikan bahwa bau menyengat dari lada, yang suka membuat hidung manusia bersin, juga tidak disukai oleh tikus. Untuk bahan ini, Anda perlu menggerusnya kasar untuk selanjutnya ditaburkan di tempat yang biasa ada tikusnya.

Selain lada, bahan yang tidak diduga dapat mengusir tikus adalah daun salam. Bahkan, ternyata daun salam sama kerasnya seperti racun bagi tikus. Daun salam dapat memungkinkan tikus mati saat memakannya. Untuk itu Anda boleh simpan cara ini untuk yang terakhir kalinya dicoba.

Bawang menjadi bahan dapur lain yang ampuh mengusir tikus. Bau bawang yang menyengat dapat membuat tikus terganggu dan membuat mata mereka pedih. Untuk cara dengan bawang, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengiris bawang supaya baunya keluar.

5. Cara ampuh mengusir tikus dengan bedak bayi

Rupanya tikus sama sekali tidak menyukai bedak bayi yang biasanya memiliki bau harum. Menurut penelitian, tikus dapat mengalami stres apabila dipertemukan dengan bedak bayi. Meskipun tikus juga terkenal sebagai omnivora atau memakan apa pun yang mereka temukan, tidak berlaku bagi bedak. Karena itu Anda dapat mencoba menaburkan bedak bayi di sekitar tempat yang menjadi lalu lintas tikus.

Nah itu tadi adalah cara ampuh mengusir tikus tanpa perangkap atau pun racun. Sebenarnya, tanpa bahan-bahan tersebut, tikus-tikus tidak akan bersarang pada rumah Anda jika Anda menjaga kebersihan dan menghindari terciptanya kolong-kolong. Jadi Sahabat, jaga selalu kebersihan dan kesehatan lingkungan tinggal, ya!

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *