cara menebalkan alis dan bulu mata
11 Cara Menebalkan Alis dan Bulu Mata Dengan Bahan Alami
February 28, 2019
contoh kalimat active dan passive
Contoh Narrative Text Legend Malin Kundang dan Artinya
March 5, 2019

Mengupas 7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak

cara cepat belajar bahasa inggris otodidak

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak – Kelilingi diri Anda dengan bahasa Inggris adalah cara paling cepat yang bisa digunakan untuk menguasai bahasa Inggris. Bagaimana caranya jika ternyata Anda tinggal di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu?

Butuh perjuangan memang jika ingin menguasai bahasa Inggris di Indonesia. Namun jangan khawatir karena banyak jalan menuju Roma. Anda bisa belajar sendiri, ingat Indonesia adalah negara dengan turis asing yang sangat tinggi.

Baca Juga  10 Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris yang Baru Untuk Dipelajari

Belajar bahasa Inggris di tempat wisata dengan turis asing tentu akan membantu kelancaran berbicara bahasa Inggris. Kunci utamanya adalah percaya diri yang didampingi dengan motivasi yang kuat.

Jika kamu sudah memiliki kunci tersebut, belajar bahasa Inggris secara otodidak pun bisa ditempuh. Perlu beberapa panduan mudah yang menjelaskan mengenai apa saja yang harus dipelajari terlebih dahulu untuk membantu penyerapan materi bahasa Inggris.

belajar bahasa inggris otodidak

Mengupas 7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Apa sih rahasia seseorang bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat? Jika tidak melalui kursus pasti mereka sudah pernah tinggal lama di luar negeri. Belum tentu, bisa juga mereka belajar secara otodidak loh.

Jangan pesimis dulu soal cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak. Karena Kami akan mengupas tuntas beberapa cara yang tidak membutuhkan banyak biaya namun sudah bisa menguasai bahasa Inggris. Berikut ini rahasia untuk bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak yang bisa diikuti.

1. Memulai kuasai hal yang paling disukai

Apakah hobi yang Anda miliki? fotografi, memasak, memelihara binatang, membaca buku atau apa saja hobi yang kamu miliki mulailah dari situ. Carilah kosakata yang berhubungan dengan hobi Anda. Cara ini sangat efektif untuk membantu penghafalan.

Baca Juga  6 Cara Belajar Bahasa Perancis Mudah dan Cepat Untuk Pemula

Mempelajari dapat dimulai dari hal-hal yang disukai yaitu hobi. Jika memiliki banyak hobi maka kuasai semua kosakata yang berhubungan. Jika sudah mulailah kuasai untuk semua kosakata yang biasanya digunakan sehari-hari.

2. Belajar setiap hari

Butuh waktu untuk belajar terlebih menghafalkan semua kosakata yang ada dalam bahasa Inggris. Luangkan waktu setiap hari untuk belajar setidaknya 3 jam sehari sudah sangat cukup. Bahkan dalam setiap semua kegiatan lain yang digunakan bisa juga dilakukan sambil mengingat-ingat kosakata.

Temukan waktu yang tepat untuk belajar, setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk bisa belajar dengan mudah. Jika Anda mudah belajar di pagi hari lakukanlah di waktu tersebut.

Baca Juga  4 Langkah Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Dengan Mudah

3. Belajar grammar

Bahasa Inggris adalah soal grammar, pastikan Anda menggunakan grammar yang tepat saat akan berbicara dan menulis. Grammar berhubungan dengan tata bahasa misalnya tense, kata kerja, kata benda dan banyak lainnya.

Anda bisa mendapatkan materi grammar melalui buku. Pilih buku yang memberikan materi grammar lengkap dan mudah dipelajari. Contoh soal yang dapat dikerjakan akan membantu Anda mengetes kemampuan seberapa jauh penguasaan grammar.

cara cepat belajar bahasa inggris otodidak

4. Mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara

Empat hal yang harus dilakukan saat belajar, dimulai dari mendengarkan. Mulailah sering mendengarkan radio atau menonton televisi tanpa teks. Apa yang mereka bicarakan dan dengarkan bagaimana pelafalan yang tepat.

Membaca bisa dilakukan dengan berita, apa yang disampaikan dalam berita pelajarilah. Menulis, ketika menghafalkan jika Anda mudah dengan tulisan maka tulis semua kosakata. Cobalah untuk membuat esai dengan pokok bahasan yang tidak terlalu melenceng.

Pokok bahasan bisa didapatkan jika Anda banyak membaca. Selanjutnya adalah berbicara, Anda sudah mendengarkan pelafalan dalam film atau radio. Cobalah untuk mengucapkan ulang dan direkam. Ulangi sampai melakukan pelafalan yang benar.

Baca Juga  Daftar Kata Kerja Bahasa Inggris V1 V2 V3 Regular Verbs Lengkap

5. Berbicara dengan orang asing

Sangat mudah menemukan orang asing di Indonesia. Beranikan diri berbicara dengan orang asing terutama yang berasal dari Inggris. Pelafalan mereka tepat, hindari berbicara dengan orang asing yang berasal dari Jerman atau Perancis karena logat mereka akan mempengaruhi pelafalan.

Jangan khawatir, bule sangat terbuka bagi Anda yang ingin berkenalan. Rancang cara perkenalan yang akan dilakukan. Mulai dari sapaan, perkenalan diri dan menanyakan hal-hal yang mereka lakukan di sini. Selain mengasah kemampuan berbicara Anda juga akan memiliki banyak teman.

6. Gunakan kamus seperlunya

Kamus sangat penting untuk menguasai banyak kosakata bahasa Inggris. Namun pastikan jika Anda menggunakannya seperlunya saja. Ingat menghafalkan kosakata bahasa Inggris lebih penting daripada bergantung terus menerus dengan kamus.

7. Cobalah ikuti tes

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak dapat diuji hasilnya dengan mengikuti berbagai macam standar tes bahasa Inggris. Misalnya saja yang mudah ditemui adalah tes TOEFL. Ikuti tes TOEFL yang diselenggarakan di kota Anda dan lihat hasilnya.

Jangan berkecil hati jika ternyata skor yang didapatkan masih rendah. Artinya Anda harus berusaha lebih keras lagi dalam belajar bahasa Inggris otodidak. Ulangi cara belajar yang sama dan kuasai bagian-bagian yang masih belum dipahami.

Apabila belajar bahasa Inggris otodidak dirasa belum memenuhi kebutuhan, Anda bisa mengikuti kursus di Woodwest Prep yang menyediakan banyak kelas. Anda bisa memilih berbagai kelas mulai dari kelas belajar untuk pemula hingga persiapan untuk berbagai macam tes.

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *