cara memasang kondom
Cara Memasang Kondom yang Aman Agar Tidak Hamil dan Aman
September 15, 2018
cara memakai eyeliner cair
Tips dan Trik Serta Cara Memakai Eyeliner Cair Untuk Pemula
September 17, 2018

Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya Yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya- Pada intinya, semua orang mengharapkan rambut yang sehat, berkilau, dan berwarna pekat. Selain itu, walaupun tidak semuanya, banyak orang mendambakan rambut lurus yang sehat.

Untuk mendapatkan rambut lurus, kini tidaklah sulit. Ada banyak pilihan untuk meluruskan rambut, baik secara alami atau instan. Namun cara-cara instan sudah diketahui memiliki efek samping yang dapat merusak rambut.

Untuk itu cara-cara alami ditempuh. Dunia kecantikkan mengenal beberapa bahan alami untuk membuat rambut lurus, seperti susu, pisang, putih telur, seledri, dan salah satunya adalah lidah buaya. Nah, sahabat, artikel ini berguna untuk kamu yang tahu cara meluruskan rambut dengan lidah buaya.

Mari kita mengenal sekilas tentang lidah buaya, tanaman berwarna hijau yang sebenarnya justru menyerupai ekor buaya. Lidah buaya atau aloe vera adalah sejenis tumbuhan berdaun tebal yang banyak tumbuh di daratan kering Afrika. Sekilas, tanaman ini serperti kaktus-kaktusan yang biasa tumbuh di padang pasir.

Meskipun begitu, kini lidah buaya telah menyebar ke banyak negara termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia jenisnya sudah beraneka ragam.

Baca Juga  4 Cara Memerahkan Bibir Dengan Madu, Good Bye Bibir Hitam

Secara ilmiah, tanaman ini berasal dari kerajaan plantae, berordo asparagales, bergenus aloe, dan memiliki lebih dari 15 nama lain yang didasarkan perbedaan tertentu.

Mengesampingkan penjenisannya, sejak ribuan tahun yang lalu lidah buaya telah dikenal sebagai tumbuhan yang dapat menyuburkan rambut, selain penyembuh luka dan penghalus kulit.

Bahkan, hingga kini tanaman ini masih menjadi 10 tanaman yang bernilai tinggi dalam dunia industri kosmetik. Hal tersebut karena lidah buaya diketahui mengandung 20 macam mineral, 12 macam vitamin atau hampir semua vitamin kecuali vitamin D, 18 jenis asam amino, dan 200 phytonutrient yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Sifat penting dari lidah buaya lainnya adalah sifat anti bakteri yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kepala.

Kandungan enzim alami yang terdapat pada lidah buaya juga dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati yang biasanya sulit terangkat seperti di kulit kepala. Pengangkatan sel kulit mati tersebut dapat mencegah terjadinya ketombe atau pun jamur.

Selain itu, lidah buaya juga diketahui memiliki kandungan protein, kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Dengan komposisi alami dari lidah buaya tersebut, maka menjadikannya bahan untuk merawat rambut sangatlah menguntungkan. Banyak orang juga sudah membuktikan sendiri manfaat tanaman yang satu ini dalam meluruskan rambut. Mengenai ini, ada beberapa orang yang mengatakan tidak mendapatkan manfaat rambut lurus.

Namun, ketebalan rambut dan warna hitam yang berkilau tetap jelas didapatkan dari lidah buaya. Ada juga yang mengatakan bahwa aloe vera lebih efektif digunakan sebagai pelurus alami pada rambut laki-laki.

Lepas dari semua kasus tersebut, Anda tidak perlu ragu mencobanya karena berbagai manfaat pasti akan didapat. Nah, cara meluruskan rambut dengan lidah buaya adalah sebagai berikut.

Untuk membuat tumbuhan lidah buaya menjadi pelurus rambut caranya sangat mudah. cukup pilih beberapa helai daun lidah buaya yang sudah cukup usia dan cukup tebal dagingnya, kemudian kupas kulit luar.

Untuk meluruskan rambut, usahakan menggunakan jenis lidah buaya yang memiliki daun kecil dan melingkar tidak memipih serta berwarna hijau cerah. Namun sah-sah saja jika ingin menggunakan jenis aloe vera yang lain.

Sebagai cara meluruskan rambut dengan lidah buaya, Anda hanya akan memerlukan bagian daging atau bagian jelnya saja. Ini memerlukan kehati-hatian karena lidah buaya memiliki jel yang licin.

Agar tidak terlalu banyak yang terbuang, Anda dapat menggunakan parutan atau pisau kerok ketimbang dengan pisau biasa. Selain itu usahakan mencuci lidah buaya sebelum dikupas sehingga nantinya jel tidak tercampur dengan air.

Setelah daging lidah buaya terkumpul, siapkan pemasakan. Masak gel lidah buaya dalam panci hingga mencair menggunakan pengapian kecil. Ini adalah proses penting yang kerap tidak disadari oleh orang-orang yang menganggap gagal mendapatkan manfaat lidah buaya.

Baca Juga  Girls, Ini Dia Cara Melukis Alis yang Benar Mudah Tanpa Ribet

Dalam proses pemasakan itu Anda perlu memperhatikan pengapian. Anda perlu mematikan pengapian jika gel pada bagian bawah sudah mendidih. Tunggu beberapa saat, lalu nyalakan lagi pengapian.

Lakukan hal tersebut berulang-ulang agar tidak terjadi kerusakan kandungan pada daging lidah buaya. Lidah buaya yang mengkaramel tidak akan memberi khasiat yang optimal bagi rambut.

Sebaiknya juga Anda menutup panci pemasakan agar kandungan air alami dari lidah buaya tidak menguap dan tetap terjaga kelembabannya.

Setelah selesai pemasakan, Anda perlu menunggunya dingin sebentar namun jangan sampai menggumpal. Selama pendinginan itu, dapat ditambahkan beberapa bahan alami lainnya yang memiliki kandungan baik bagi rambut seperti abu tangkai tanaman padi, minyak kelapa, atau yang lainnya.

Selanjutnya, lidah buaya cair tersebut dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut atau dimaskerkan selama kurang lebih 30 menit.

Anda dapat langsung mencuci rambut yang telah dimaskeri lidah buaya dengan air bersih apabila ternyata lidah buaya tersebut tidak terlalu menyengat baunya.

Namun apabila Anda tidak nyaman dengan aroma langu yang kadang dikeluarkan beberapa jenis lidah buaya, Anda dapat membilasnya dengan sampo.

Hal tersebut tidak akan meluruhkan efek lidah buaya. Namun, apabila Anda memang ingin totalitas natural dalam merawat rambut, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebelum dibilas dengan air.

Nah, sahabat, itu tadi adalah cara meluruskan rambut dengan lidah buaya. Sebenarnya, secara tidak langsung penggunaan lidah buaya pada perawatan rambut tidak hanya akan berpengaruh pada kebersihan kulit kepala dan pertumbuhan rambut.

Tetapi juga pada hal-hal lain seperti penyembuhan iritasi yang bisa terjadi karena menggaruk kepala dengan keras, membersihkan kulit berjerawat di sekitar rambut, menghilangkan bau rambut karena memakai helm atau topi kotor, serta menyamakan kulit kepala dengan kulit di sekitarnya.

Selain untuk perawatan rambut, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya untuk keperluan lain secara fisik seperti untuk menghilangkan bekas luka di kulit, bahan pengganti tabir surya, kompres peredam luka bakar, masker untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah, lotion untuk mengecilkan pori-pori yang menjadi sumber komedo, dan lotion untuk menyamarkan bekas jerawat.

Lidah buaya juga baik untuk dikonsumsi menjadi makanan atau minuman dengan pengolahan yang tepat.

Baca Juga  Cara Membuat Infused Water Lemon Beserta Kombinasinya

Kita sudah familiar dengan olahan nata dari bahan tanaman ini yang memiliki fungsi peredam panas dalam. Olahan-olahan dari tanaman ini juga dikenal memiliki efek positif seperti manfaatnya sebagai antioksidan, membasmi palk gigi, dan mengurangi berat badan.

Sahabat, itu tadi adalah manfaat dari lidah buaya baik sebagai cara meluruskan rambut dengan lidah buaya atau untuk keperluan lain. Fakta bahwa tanaman yang satu ini adalah primadona dalam dunia kesehatan dan kecantikan adalah hal wajar mengingat sejuta khasiatnya tersebut.

Mengenai tanaman ini, meskipun kini banyak teknologi yang telah menciptakan ekstrak dari bahan serupa, cara-cara alami tidak ada salahnya untuk dicoba. Yang terpenting adalah, tetap rawat tubuhmu, sahabat!

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *