penyebab anyang anyangan
Penyebab Anyang Anyangan Dan Cara Mengatasi Anyang Anyangan
August 28, 2018
manfaat okra merah
Manfaat Okra Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
August 28, 2018

Cara Membuat Oralit Dirumah Untuk Mengobati Diare

cara membuat oralit

Cara Membuat Oralit – Oralit adalah larutan garam dapur dan gula untuk penyembuhan diare. Sedangkan diare adalah kondisi dimana tinja atau feses berubah menjadi sangat lembek dan cair dan juga juga terjadi diatas 3 kali dalam satu hari.

Diare bisa juga ditandai dengan muntah dan mengeluarkan feses yang terlalu sering, feses kadang berwarna hitam cair, bahkan berdarah.

Diare bisa terjadi karena adanya infeksi pada pencernaan yang diakibatkan bakteri dan virus. Dan ternyata diare bukanlah satu penyakit yang bisa disepelekan, karena tak jarang berakibat fatal yaiu kematian.

Baca Juga  Penyebab Anyang Anyangan Dan Cara Mengatasi Anyang Anyangan

Kematian bisa terjadi jika penderita diare sudah dehidrasi, tubuhnya sudah kehabisan cairan, dan dibeberapa kejadian ada kematian karena penderita diare kehabisan kandungan kalium dalam tubuhnya.

Saat diare, kondisi tubuh sangat lemah dan menjadi sulit memproses pengobatan misalnya suntikan atau infus. Jadi untuk menghindari diare kronis yang berakibat fatal tersebut anda perlu pengobatan pertama yaitu dengan membuat oralit.

Bahan Bahan Untuk Membuat Oralit

cara membuat oralit

Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara membuat oralit sendiri dirumah dengan berbahan dasar, garam dapur, gula, dan air mineral.

Namun sebelumnya perlu kita ketahui kandungan apa yang dimiliki oleh garam dapur dan gula sehingga bisa menyembuhkan diare.

– Garam Dapur

Selain menjadi penambah rasa untuk makanan, garam juga mempunyai manfaat lain terutama dalam pengobatan herbal atau alami. Garam memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu:

– Yodium
Zat mineral yodium adalah salah satu kandungan yang yang ada pada garam dapur.

– Phospor

Phosfor adalah kandungan yang fungsinya untuk pembentukan sekaligus menguatkan tulang dan gigi.

– Cobalt

Adalah kandungan yang dibutuhkan darah yaitu pembentuakan sel darah

– Kalsium

Fungsinya yaitu membantu vitalitas otot.

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot untuk Kesehatan dan Kecantikan

– Kalium

Membantu melancarkan aktivitas jantung.

– Zinc atau Seng

Kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah enzim yang dibutuhkan tubuh.

– Sulfur atau Belerang

Kandungan yang membantu proses mengubah makanan atau minuman yang kita konsumsi menjadi protein

-Chlor
Anti-bakteri pada pencernaan yang berfunsi membunuh kuman.

Natrium / Na

Adalah kandungan yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh

– Gula

Gula adalah pemanis alami yang diolah dari tebu, selain menjadi pemanis juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut kandungan gula yang dibutuhkan oleh tubuh:

– Natrium

Kandungan yang berfungsi sebagai penyeimbnag cairan didalam tubuh

– Kalori

Kandungan yang menjadi sumber energy

– Kalsium

Adalah kandungan yang membantu menyempurnakaan fungsi nutrisi pada tubuh.

Itulah kandungan yang ada pada garam dapur dan gula yang paling dibutuhkan oleh tubuh, dan berikut ini akan kita bahas bagaimana cara membuat oralit yaitu larutan garam dan gula.

Cara Membuat Oralit Dirumah Untuk Mengobati Diare

oralit

1. Persiapkan air mineral 5 gelas, usahakan yang hangat supaya perut penderita diare bisa lebih rileks , garam dapur dan gula pasir.

2. Larutkan 1 sendok makan garam kedalam 8 sendok makan gula pasir

3. Konsumsi satu gelas, dan minum kembali beberapa jam kemudian jika sakit masih tetap berlanjut, minum kembali dan selebihnya bisa disimpan namun jangan meyimpannya lebih dari 24 jam

Baca Juga  8 Manfaat Daun Binahong Merah Yang Wajib Anda Ketahui

Untuk anak mungkin rasa larutan ini cukup membuatya susah menelan, bisa anda siasati dengan cara mengiris tipis belimbing pada larutan garam dan gula.

Tidak beresiko karena belimbing juga mempunyai kandungan anti bakteri.

Inilah Dosis oralit sesuai umur

• Bagi anak yang berumur dibawa 1 tahun, bisa mengonsumsi oralit buatan dengan takaran 50 – 100 ml sehari

• Bagi anak yang berumur 1 – 5 tahun bisa mengonsumsi oralit sebanyak 100 – 200 ml sehari.

• Untuk anak yang berumur diatas 5 tahun, bisa mengonsumsi 200 – 300 ml setiap harinya

• Dewasa bisa mengonsumsi 300 – 400 setiap harinya.

Manfaat oralit dalam penyembuhan diare adalah:

• Untuk membunuh kuman-kuman penyebab infeksi pada saluran pencernaan, kandungan chlor pada garam adalah yang palingng berkhasiat membunuh kuman dan virus tersebut.

• Mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh, karena cairan tubuh sudah terbuang dan pencernaan tidak kuat lagi melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Kehilangan banyak cairan bisa berakibat fatal, dan kandungan natrium yang ada pada garam dan gula membantu mengembalikan cairan yang hilang dan juga menetralkan kandungan cairan tersebut.

• Saat diare menyerang, penderitanya biasa akan lemas dan pucat. Dan kandungan kalsium, kalium dan seng bisa mengembalikan kembali vitalitas tubuh, karena protrin dalam tubuh sudah berproses dengan baik.

Sekian untuk cara membuat oralit dirumah, semoga bermanfaat. Sebagai informasi tambahan, sangat disarankan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh dan kebersihan makanan. mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci bahan makanan sebelum memasaknya, dan juga memasak makanan dengan sempurna, supaya bakteri yang tersisa bisa mati.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *