cara mengatasi telinga kemasukan air
Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air
September 24, 2018
aplikasi pengusir tikus
Mau Usir Tikus Tanpa Lem? Download Aplikasi Pengusir Tikus Ini
September 25, 2018

Cara Memerahkan Bibir Dengan Kunyit yang Bisa Dicoba Dirumah

cara memerahkan bibir dengan kunyit

Cara Memerahkan Bibir Dengan Kunyit – Bagi kebanyakan orang, terutama perempuan, bibir adalah titik penting yang dijadikan acuan dalam bersolek. Bibir yang merah dan segar dianggap lebih menarik ketimbang bibir yang gelap dan kering. Untuk itu, cara-cara tertentu dilakukan supaya bibir memiliki warna merah.

Kini industri kecantikan telah menciptakan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun, apakah aman? Aman atau tidaknya produk pabrik, yang jelas cara alami adalah suatu jalan yang sangat baik untuk ditempuh.

Baca Juga  Lupakan Lipstik, Ini Cara Memerahkan Bibir Dengan Jeruk Nipis

Bahkan untuk urusan memerahkan bibir ini ada cara alami untuk menanganinya, yaitu cara memerahkan bibir dengan kunyit.

cara memerahkan bibir dengan kunyit

Kunyit Bisa Digunakan Untuk Memerahkan Bibir

Kita mengenal kunyit sebagai salah satu tanaman bumbu yang memiliki segudang manfaat. Bahkan, selain dipakai sebagai bumbu, kunyit juga sangat akrab bagi peracik minuman herbal asli Indonesia, yaitu jamu.

Nah, tapi selain itu apakan kamu tahu bahwa kunyit juga menjadi bahan primadona dalam dunia kecantikan?

Kunyit, dalam hal ini adalah umbinya, memang memiliki karakteristik unik. Apabila kita patahkan lalu memeras umbinya, maka akan kita dapatkan air yang berpigmen kuning kemerahan.

Baca Juga  Cara Menipiskan Bibir Dengan 14 Rahasia yang Perlu Anda Coba

Nah, pigmen unik pada kunyit ini kerap dimanfaatkan oleh beberap produk sebagai pewarna yang alami termasuk pewarna bibir. Lalu bagaimana caranya? Simak tips cara memerahkan bibir dengan kunyit dari kami berikut ini.

Untuk mendapatkan bibir merah memanfaatkan kunyit, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengambil pigmen kunyit tersebut. Seperti yang kita ketahui, pigmen kunyit yang meninggalkan jejak dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami, termasuk pewarna kulit bibir.

cara memerahkan bibir dengan kunyit

Cara Memerahkan Bibir Dengan Kunyit yang Bisa Dicoba Dirumah

Untuk mendapatkan efektifitas pigmen, maka kita perlu mengambil pigmen kunyit. Hanya pigmennya. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan tanah yang menempel pada kunyit

Langkah awal yang harus dilakukan sebagai cara memerahkan bibir dengan kunyit adalah dengan membersihkan kunyit dari tanah dan debu yang menempel.

Ingat, harus benar-benar bersih. Anda bisa mencucinya atau pun mengerok sedikit bagian kulit. Untuk hal ini, usahakan memilih kunyit yang terdapat di tengah ruas atau pada bagian percabangan umbinya. Jangan pilih kunyit yang terletak di ujung. Hal itu mengenai kandungan pigmen yang lebih tinggi.

2. Tumbuk atau blender Kunyit

Setelah kunyit bersih, kemudian bisa ditumbuk atau pun diblender hingga halus. Tuangkan bubur kunyit tersebut ke wadah.

Sebaiknya Anda menggunakan wadah transparan karena dalam tahap ini kita harus bisa melihat apakah sari pati kunyit sudah mengendap atau belum.

3. Buang air dan ambil bagian endapan sari kunyit

Setelah air dan saripati kunyit berpisah, yang perlu Anda lakukan adalah membuang air dan mengambil bagian endapan sari kunyit, karena kandungan pigmen terbanyak ada di bagian endapan tersebut.

Baca Juga  4 Cara Memerahkan Bibir Dengan Madu, Good Bye Bibir Hitam

Jika Anda mendapatkan endapan itu dalam jumlah yang sedikit, maka bisa langsung dipakai habis. Namun, apabila endapan sari kunyit tersebut cukup banyak maka perlu diawetkan karena saripati tersebut mungkin untuk busuk.

Untuk mengawetkannya, Anda dapat mengeringkan endapan sari kunyit tersebut dengan cara menjemur langsung di bawah terik matahari ataupun dengan memasaknya hingga jadi bubuk kering. Bubuk kunyit tersebut kemudian tinggal diberi air jika ingin digunakan sebagai cara memerahkan bibir dengan kunyit.

Itu tadi adalah cara untuk mendapatkan bahan pemerah bibir dari kunyit. Jika bahan sudah tersedia, yaitu bubuk kunyit, maka yang harus dilakukan selanjutnya hanyalah mengaplikasikannya langsung pada bibir. Untuk hal ini Anda tidak perlu khawatir, karena sejauh ini belum ditemukan bahwa kunyit menyebabkan alergi tertentu. Artinya, bahan ini sangat aman.

Cara Menggunakan Bubuk Kunyit

Dalam pengaplikasiannya, bubuk kunyit dapat dioleskan langsung pada bibir. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya, lalu mengolekannya seperti gincu biasa.

Anda bisa menggunakannya saat bepergian apabila memang percaya diri, tetapi bisa juga digunakan hanya beberapa saat hingga meresap dan meninggalkan jejak warna kuning. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Selain langsung mengoleskannya pada bibir, cara memerahkan bibir dengan kunyit juga bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mencampurkan bubuk dengan salah satu dari beberapa bahan yang kaya khasiat lainnya seperti madu, susu, air lemon, dan minyak zaitun.

Baca Juga  21 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Aman yang Wajib Dicoba

Apabila bubuk kunyit dicampurkan dengan salah satu bahan tersebut, maka sudah tidak perlu dicampurkan lagi dengan air mineral.

Itu tadi adalah cara memerahkan bibir dengan kunyit. Sahabat, cara merawat tubuh dengan bahan alami memang bukan hal yang praktis, namun memang menjadi bukti bahwa pelakunya adalah orang yang kreatif. Jangan malas merawat tubuhmu, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *