vaksinasi hpv
Pengertian, dan Efek Samping Vaksin HPV Adalah Sebagai Berikut
November 16, 2018
cara memanjangkan rambut pria
6 Cara Memanjangkan Rambut Pria Dengan Bahan Alami Dirumah
November 16, 2018

Selain Mengkonsumsi Daun Katuk, Inilah 7 Cara Memperbanyak Asi

cara memperbanyak asi

Cara Memperbanyak ASI– Pasti bunda kesal sekali ya kalau asi yang seharusnya keluar banyak namun hanya keluar sedikit? Di saat si kecil lagi banyak-banyaknya minum, tapi asi yang keluar tidak banyak. Ternyata bunda bisa loh mengusahakan sendiri agar asi lebih banyak!

Air Susu Ibu (ASI) mengandung unsur penting yang akan melindungi Si Kecil untuk melawan penyakit. ASI akan secara otomatis diproduksi oleh setiap ibu yang sedang hamil sebagai respon tubuh terhadap hormon dalam aliran darah.

Baca Juga  Inilah Bahan Makanan untuk Memperbanyak Asi

Setiap ibu menyusui pasti menginginkan agar ASI nya selalu lancar. Akan tetapi, sebagian ibu pasti pernah mengalami ASI yang tidak lancar, apalagi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan, ASI tidak langsung keluar, biasanya baru keluar setelah 3-4 hari pasca persalinan.

Nah, agar si kecil dapat mengkonsumsi ASI untuk tumbuh kembangnya, para Ibu bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dipercaya dapat memperlancar ASI. Bahan makanan ini tentu saja mudah didapatkan dan sering dijumpai sehari-hariNah itu tadi makanan-makanan yang dapat memperlancar ASI, semoga ASInya semakin lancar!

cara memperbanyak asi
Selain Mengkonsumsi Daun Katuk, Inilah 7 Cara Memperbanyak Asi

Cara memperbanyak asi tidak sulit bunda, bahkan lezat! kok bisa lezat?? Iya, karena cara memperbanyak asi bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang berguna untuk memperbanyak produksi asi kita, dan daftar makanan yang bisa untuk memperbanyak asi ternyata lezat loh bunda!

Baca Juga  9 Daftar Makanan Berprotein Tinggi Untuk Anda yang Sedang Diet

Lalu, apa saja makanan yang bisa memperbanyak asi? . Yuk cek bahan makanan apa saja yang dapat memperlancar ASI di bawah ini!

1. Daun Katuk

Daun katuk sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang dapat memperlancar ASI. Hal ini disebabkan protein yang terdapat dalam daun katuk dibutuhkan untuk memproduksi ASI

Ibu menyusui pada umumnya membutuhkan protein kira-kira 20 gram lebih banyak dari kondisi normal. Jika dalam kondisi normal, wanita membutuhkan protein kira-kira 40 gram setiap harinya, pada ibu menyusui kira-kira membutuhkan 60 gram protein setiapharinya.

2. Sayuran Berwarna Hijau Tua

Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi satu atau dua porsi sayuran dengan daun berwarna hijau setiap harinya. Sayuran berwarna hijau tua merupakan sayuran yang berfungsi untuk memperlancar ASI. Contoh sayuran berwarna hijau tua yang sering kita temui adalah bayam dan brokoli.

Sayuran berwarna hijau tua sangat tinggi akan nutrisi dan mengandung banyak folat, riboflavin, kalsium, dan betakaroten yang tinggi. Sayuran berwarna hijau tua juga mengandum enzim Phytoestrogens yang dipercaya dapat memperlancar ASI. Selain itu bayam juga mengandung zat besi untuk pembentukan sel darah dan vitamin B6 yang dapat meningkatkan imunitas si kecil.

3. Kurma

Kurma dipercaya mampu memperlancar ASI karena mengandung kalsium dalam jumlah tinggi yang mampu menaikkan prolaktin. Prolaktin adalah hormon pada wanita yang berfungsi untuk membantu memproduksi ASI setelah melahirkan.

Baca Juga  Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Tantrum

Kurma juga kaya akan serat. Mengkonsumsi kurma sebagai cemilan juga mampu menambah asupan energi bagi ibu menyusui.

4. Gandum(Oat)

Gandum (oat) utuh yang berserat tinggi dipercaya merupakan makanan yang dapat memperlancar ASI. Semangkuk oat dipercaya dapat membuat ibu menyusui merasa kenyang dan membantu meningkatkan produksi ASI.

Oat juga kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk melawan anemia, yang menjadi penyebab menurunnya jumlah produksi ASI pada ibu yang baru menyusui, apalagi pada ibu yang mengalami perdarahan saat melahirkan. Akan tetapi, jika ibu memiliki intoleransi pada gluten atau menderita penyakit Celiac, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi oat.

5. Buah Pepaya

Buah dan bunga papaya banyak mengandung vitamin A,vitamin C, kalium, asam folat, dan enzim papain. Enzim papain merupakan enzim yang membantu dalam pencernaan protein.

Protein sangat dibutuhkan ibu menyusui untuk dapat memproduksi ASI. Selain itu, kandungan cairan dalam pepaya sangat baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI.

cara memperbanyak asi

6. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber protein yang baik. Salmon juga mengandung lemak DHA yang baik untuk perkembangan sistem saraf si kecil. Mengkonsumsi salmon dapat membantu memenuhi asupan kalsium bagi ibu menyusui yang tidak suka mengkonsumsi susu. Jadi tidak heran jika salmon dijadikan salah satu makanan untuk memperlancar ASI.

Baca Juga  Inilah Cara Penggunaan dan Khasiat Masker Susu Dancow

7. Wortel

Wortel dipercaya sebagai makanan yang dapat memperlancar ASI. Wortel kaya akan vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens. Enzim Phytoestrogens merupakan enzim yang mampu membantu memperlancar produksi ASI. Mengkonsumsi 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat membantu memperlancar produksi ASI pada sore hari.

Nah itu tadi berbagai macam cara memerbanyak ASI dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan-makanan yang dapat memperlancar ASI, semoga ASInya semakin lancar dan selamat mencoba Bunda.

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *