ciri ciri gejala tipes
8 Ciri Ciri Gejala Tipes Pada Pria dan Wanita yang Perlu Ketahui
September 5, 2018
perbedaan mentega dan margarin
Perbedaan Mentega Dan Margarin Ini Jarang Diketahui
September 6, 2018

Cara Mencangkok Mangga Paling Mudah Hasilkan Buah Yang Berkualitas

Cara Mencangkok Mangga Paling Mudah Hasilkan Buah Yang Berkualitas- Mangga adalah salah satu buah yang tumbuh dan berbuah di daerah subtropis, karena jika di daerah yang beriklim dingi biasanya tumbuh namun hanya menghasilkan sedikit buah atau bahkan tidak berbuah.

Sehingga tak jarang kita temukan buah mangga dengan berbagai cara penanaman, misalnya dengan cara mencangkok.
Mencangkok sudah cukup lama dikenal di Indonesia, sebagai salah satu cara untuk mendapatkan buah yang banyak dan berkualitas.

Jadi sebelum kita membahas bagaimana cara mencangkok mangga ada baiknya juga perlu anda ketahui kriteria mangga yang akan dicangkok.

Baca Juga  6 Cara Membuat Manisan Salak Paling Simpel Yang Wajib Anda Coba

Supaya mangga yang dicangkok menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas maka anda harus memilih induk yang bagus, yaitu pohon mangga yang berbuah banyak dan manis, dan juga harsu memilih batang yang kuat dan tidak lecet.

Karena ketika pohon mangga sudah dicangkok, biasanya akan lebih mudah roboh, sehingga disarankan untuk memilih batang yang kuat.

Dan berikut akan kita bahas cara mencangkok mangga paling mudah dan hasilkan buah yang berkualtas.

1. Alat dan Bahan Mencangkok

* Pisau
* Gunting
* Plastik
* Tali Rafia
* Sabuk Kelapa
* Tanah
*Pupuk Kandang
*Botol Plastik

Baca Juga  Khasiat Buah Plum yang Semakin Populer di Mancanegara

2. Cara Mencangkok Mangga

* Pilih batang yang kokoh yang berumur sekitar 6 bulan sampai 1 tahun, daunnya berwarna hijau dan tidak ada penyakit.

* Kerat batang mangga sekitar 5 inci menggunakan pisau, potong dengan rapi tanpa merusak bagian dari batang pohon mangga.

* Keringkan batang pohon hingga tak ada lagi getah, karena jika dicangkok dalam keadaan belum kering, pohon akan mengalami pembusukan sehingga tidak tumbuh dengan sempurna.

* Selanjutnya, ambil beberapa kepal tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk kandang dan balut pada bagian batang yang sudah dikerat dan dikeringkan.

* Bungkus dengan plastik atau sabuk kelapa dan ikat pada kedua ujungnya.

* Untuk menghindari masuknya hama kedalam media cangkokan, tutuplah dengan botol plastik.

* Proses mencangkok sudah selesai, dan anda tinggal menyiramnya setiap hari namun lepas botol plastik penutupnya terlebih dahulu dan ditutup kemudian setelah disiram.

* Tunggu 3 bulan hingga akar cangkokan sudah tumbuh

* Buka bungkusan cangkokan yang berupa plastik atau sabuk kelapa

* Pindahkan mangga cangkokan anda ke polybeg yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang.

* Biarkan mangga cangkokan berada pada polybeg hingga tumbuh ranting dan daun.

* Kemudian pindahkan mangga cangkokan ke tanah yang sudah disiapkan sebelumnya.

* Pupuk dan siram setiap hari

* Anda tinggal menunggu buah yang banyak dan berkulitas dari mangga cangkokan anda

Sekian cara mecangkok mangga paling mudah dan hasilkan buah yang berkualitas diatas dapat bermanfaat bagi anda. Namun sebagai tambahan untuk pertimbangan ketika anda memilih untuk melakukan pencangkokan, perlu anda ketahui sisi positif dan negatifnya.

Baca Juga  Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

Pohon induk mangga yang dicangkok lebih mudah roboh, dan mudah kering sehingga anda harus benar-benar memilih induk yang layak. Namun sisi positifnya, mangga anda akan menghasilkan buah yang lebih banyak dari biasanya dan juga kualitas buah yang jauh lebih bagus.

Jadi untuk anda yang berencana akan mencangkok pohon mangga anda, ikuti setiap cara mencangkok mangga diatas dengan baik dan prhatikan waktu untuk setiap tahapannya.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *