manfaat kemangi
Tak Hanya Dijadikan Lalapan, Ini 11 Manfaat Kemangi Untuk Tubuh
February 15, 2019
kata sifat dalam bahasa jerman
Contoh Kata Sifat Dalam Bahasa Jerman dan Kata Benda
February 16, 2019

Inilah 11 Cara Menebalkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

cara menebalkan rambut

Cara Menebalkan Rambut – Memiliki rambut yang tebal dan sehat merupakan idaman semua orang. Bukan cuma perempuan, bahkan banyak pria yang sangat perhatian pada kesehatan dan keindahan rambutnya.

Banyak orang merasa stress ketika rambutnya menipis dan tak lagi indah. Rambut tipis memang tidak menyebabkan kebotakan, namun rambut akan terlihat jarang-jarang dan kulit kepala akan terlihat dengan jelas.

Penyebab rambut tipis

Sehingga banyak orang yang rambutnya tipis juga akan terlihat lepek dan kurang segar, sehingga berpengaruh besar pada penampilan. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan minder atau kehilangan kepercayaan diri.

Penipisan bisa terjadi karena berbagai faktor, bisa karena faktor genetik, gaya hidup, kurang nutrisi, atau bisa juga akibat penggunaan kosmetik berbahan kimia.

Baca Juga  Sebenarnya Apa Kita Membutuhkan Shampo Pelurus Rambut?

Nah, dibutuhkan perawatan yang tepat untuk memiliki rambut yang tebal sekaligus terhindar dari penipisan rambut. Perawatan rambut dari awal lebih baik daripada memperbaiki rambut yang sudah terlanjur bermasalah.

Inilah 11 Cara Menebalkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

cara menebalkan rambut dengan alami

Namun terkadang perawatan rambut di salon membutuhkan biaya yang cukup besar. Nah buat kamu ingin memiliki rambut yang tebal tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah lho. Berikut ini cara menebalkan rambut secara cepat, menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera telah digunakan untuk perawatan rambut sejak jaman dahulu, salah satunya untuk menebalkan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin E, protein, asam amino, serta mineral yang bermanfaat menyuburkan folikel. Folikel rambut merupakan bagian dari kulit yang menjadi tempat rambut tumbuh. Folikel yang ternutrisi dengan baik akan merangsang rambut untuk tumbuh sehat dan indah.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menebalkan rambut sangat mudah, anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke rambut dan kulit kepala secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

2.Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan K yang berkhasiat melembabkan lapisan kulit tempat tumbuh rambut atau folikel. Hal ini membuat minyak zaitun bisa menyuburkan rambut sekaligus membuatnya bertambah tebal.

Nutrisi pada minyak zaitun mampu meresap hingga ke akar rambut, sehingga akan memperbaiki rambut dengan maksimal. Selain itu, kandungan antioksidan pada minyak zaitun mampu mengatasi efek buruk radikal bebas dan mencegah rambut kusam.

Baca Juga  14 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Pada Wanita Wajib Dicoba

Untuk pemakaiannya, oleskan minyak zaitun secukupnya ke rambut secara merata. Jangan lupa sambil memijit dengan lembut agar nutrisi minyak zaitun terserap dengan sempurna. Lalu tutup rambut dengan penutup kepala atau shower cap selama 15 menit dan keramas sampai bersih. Dengan cara yang sama, kamu juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti minyak kelapa ataupun minyak atsiri.

3.Telur

Tidak hanya dikonsumsi, telur juga bisa digunakan sebagai masker rambut yang bermanfaat untuk menebalkan rambut. Kandungan protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan mineral yang ada pada telur mampu membuat rambut lebih tebal.

Kamu bisa mencampur 1 butir telur dengan minyak zaitun dan kocok hingga membentuk pasta. Oleskan masker rambut dari telur tadi ke rambut dan kulit kepala disertai pijatan lembut. Biarkan selama 20 menit lalu cuci rambut hingga bersih. Agar rambut segera tumbuh hitam dan tebal, lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

4.Santan kelapa

Santan kelapa yang berasal dari parutan kelapa ini ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, tetapi juga berkhasiat menebalkan rambut yang tipis. Kandungan vitamin E pada santan kelapa akan membuat rambutmu lebih tebal serta mudah diatur. Selain itu, menggunakan santan kelapa dalam perawatan rambut juga bermanfaat menjadikan rambut lebih lembut.

Baca Juga  Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Dengan 4 Bahan Alami

Cara menebalkan rambut menggunakan santan kelapa adalah dengan mengambil 3-5 sendok santan dari kelapa yang sudah tua. Oleskan santan ke rambut dan kulit kepala sambil dilakukan pijatan lembut. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin dan shampo hingga rambut bersih dari santan kelapa.

5.Teh hijau

Selama ini teh hijau dikenal sebagai bahan alami yang dimanfaatkan untuk diet. Tapi siapa sangka kalau teh hijau ampuh juga untuk menebalkan rambut. Teh hijau kaya akan oksidan bermanfaat mengatasi rambut rusak dan menggantikannya dengan pertumbuhan rambut baru. Rambut baru ini akan tumbuh lebih sehat dan lebih tebal dibanding sebelumnya.

Untuk mendapatkan perawatan rambut teh hijau, pertama seduh teh hijau dengan air panas dan diamkan mengendap semalaman. Oleskan air teh pekat ini ke rambut pada pagi harinya dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan rambut yang subur dan tebal, lakukan cara ini 2 kali seminggu

cara menebalkan rambut

6.Madu murni

Madu merupakan salah satu bahan alami dengan sejuta manfaat, salah satunya digunakan untuk perawatan rambut. Madu dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang mampu merangsang pertumbuhan rambut yang tebal serta mencegah rambut rontok. Begitu berkhasiatnya madu bagi rambut, sampai-sampai banyak produk perawatan rambut yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya.

Baca Juga  6 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Membuatnya

Untuk penggunaannya, oleskan 3 sendok makan madu ke rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci rambut dengan shampo. Gunakan madu murni, sebab kandungan nutrisinya masih murni sehingga lebih berkhasiat untuk menebalkan rambut.

7.Minyak kemiri

Buat kamu yang rambutnya tipis dan berjumlah sedikit, minyak kemiri bisa menjadi solusi alami untuk menebalkan rambut. Minyak kemiri bisa berfungsi sebagai pupuk yang menyuburkan, sehingga rambut tumbuh subur dan tebal. Untuk mendapatkan minyak kemiri, kamu bisa membuat sendiri di rumah.

Caranya sangat mudah, pertama sangrai biji kemiri hingga matang, lalu dinginkan. Kemudian blender biji kemiri yang sudah disangrai tadi hingga halus. Selanjutnya campurkan dengan sedikit air dan peras hingga keluar minyaknya. Nah, untuk pemakaiannya, kamu bisa mengoleskan minyak kemiri ke rambut seperti cara pemakaian minyak zaitun di atas.

8.Wortel

Kandungan vitamin A dan beta karoten yang tinggi, membuat wortel berkhasiat menutrisi rambut menjadi lebih sehat dan tebal. Selain itu, kandungan vitamin pada wortel bisa meningkatkan sirkulasi darah di area kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh lebih sehat.

Untuk mendapat khasiatnya, kamu bisa mengkonsumsi secara langsung ataupun mengoleskannya pada rambut. Untuk membuat ramuan dari wortel, caranya adalah dengan menghaluskan wortel dengan parutan

Lalu peras air parutan tersebut hingga didapatkan air perasannya. Selanjutnya oleskan air perasan wortel ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

9.Lemon

Lemon memiliki banyak manfaat positip dalam perawatan tubuh, salah satunya adalah khasiatnya dalam menebalkan rambut. Vitamin C yang terkandung dalam lemon mampu menguatkan folikel rambut sehingga terhindar dari kerontokan.

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan lemon untuk merawat rambut, caranya adalah dengan mengambil air perasan lemon, lalu oleskan ke kulit merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

10.Daun seledri

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, daun seledri juga berkhasiat untuk menebalkan rambut. Kandungan protein nabati yang ada pada seledri membuat rambut lebih lebat dan tebal. Nah, buat yang khawatir karena rambut makin menipis, cobalah memanfaatkan daun seledri untuk menyehatkan rambut kalian.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Perawatan rambut menggunakan daun seledri sangat mudah, siapkan sekitar 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan. Gosokkan daun seledri yang telah halus tersebut ke rambut sampai rata dan pijat kulit kepala dengan lembut.

Diamkan rambut selama 30 menit lalu bersihkan rambut dengan shampo. Untuk mendapat hasil yang lebih optimal, lakukan langkah ini 2-3 kali seminggu.

11.Bawang merah

Bawang merah yang biasanya dipakai sebagai penyedap masakan ini ternyata berkhasiat juga untuk cara menebalkan rambut. Bawang merah memiliki kandungan sulfur dan kolagen yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Nah bagi kamu yang ingin menebalkan rambut tipismu, kamu hanya perlu memarut bawang merah lalu peras parutan bawang merah untuk diambil airnya. Selanjutnya oleskan air perasan bawang merah ke seluruh bagian rambut hingga rata. Diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan shampo.

Itu tadi beberapa tips dan cara menebalkan rambut secara alami. Semoga bermanfaat buat kalian yang menginginkan rambut lebih tebal atau sekedar untuk perawatan rambut. Nah, sekarang saatnya kamu buktikan sendiri dan semoga berhasil ya!!

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *