makanan penyubur sperma
7 Makanan Penyubur Sperma Salah Satunya Makanan Simbol Cinta
September 13, 2018
cara mengatasi telinga berdengung
6 Cara Mengatasi Telinga Berdengung dan Makanan Untuk Meredakannya
September 14, 2018

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Paling Ampuh

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi- Pernahkan Anda mengalami kondisi di mana mulut terbuka dengan cepat seperti menarik napas dan mengeluarkannya dengan cepat dari tenggorokan, disertai bunyik “hik”? Bisa jadi itu adalah cegukan. Bunyi hik tersebut bukan merupakan bentuk bahasa verbal, karena rupanya sama di seluruh dunia dengan bahasa yang berbeda.

Bunyi tersebut dihasilkan dinding difragma yang tiba-tiba menyempit dan berhadapan dengan pita suara. Karena bunyinya yang serupa itulah kelainan kondisi tubuh ini dinamai juga hiccups. Lalu, apakah hiccups berbahaya? Sebenarnya tidak terlalu berbahaya.

Baca Juga  Kenali Segera Ciri Ciri Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Cegukan bukanlah penyakit. Secara ilmiah cegukan dipahami sebagai kondisi kejang tiba-tiba pada dinding diafragma yang menyebabkan pita suara menutup dan menciptakan bunyi hik.

Kelainan kondisi tubuh ini sebenarnya akan berhenti dengan sendirinya, namun dalam dunia medis juga dikenal istilah singultus atau usaha untuk mempercepat berhentinya cegukan.

Dunia medis juga menggolongkan cegukan ke dalam dua tipe, yaitu cegukan ringan dan cegukan berat. Cegukan ringan adalah cegukan yang biasanya berhenti dalam beberapa saat saja, sementara cegukan berat dapat bertahan berhari-hari bahkan bertahun-tahun.

Bagi orang dewasa, cegukan tidak terlalu mengganggu apabila tidak dalam suasana formal. Namun, bagi anak-anak, cegukan bisa jadi hal yang menghawatirkan. Tentu saja Anda tidak perlu panik soal cegukan pada bayi, karena penelitian membuktikan bahwa bayi bisa cegukan bahkan ketika masih berada di dalam perut ibunya.

Yang perlu Anda khwatirkan adalah hal-hal yang membarengi cegukan tersebut. Misalnya, Anda harus memperhatikan betul lidah bayi jangan sampai tertarik saat tenggorokan menarik napas dengan cepat ketika cegukan.

Pastikan juga saat itu tidak ada makanan padat di dalam mulut bayi karena hal tersebut bisa menyebabkan tersedak. Selanjutnya, sebaiknya segera ditangani dengan beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Berikut Cara Menghilangkan Dahak

Sebelumnya Anda harus benar-benar memastikan itu adalah cegukan dan bukan kelainan kondisi tubuh seperti gumoh atau tersedak. Selanjutnya juga harus diketahui kenapa bayi tersebut bisa cegukan.

Cegukan pada bayi biasanya dikarenakan bayi telalu terburu-buru menghisap ASI. Bisa juga terjadi karena memberi ASI ketika bayi dalam keadaan menangis atau terlalu lapar. Selain itu, terlalu aktif bergerak setelah makan juga akan membuat bayi cegukan.

Maka untuk itu posisikan bayi setidaknya 30 menit setelah makan dan tahan untuk terlalu banyak beraktivitas. Lalu bagaimana jika bayi sudah dalam keadaan cegukan? Berikut ini cara mengatasi cegukan pada bayi yang telah kami rangkum untuk Anda.

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang sering dipakai oleh ibu adalah dengan meniup ubun-ubun si bayi. Hal ini sebenarnya sangat ilmiah. Dengan meniup ubun-ubun, si bayi akan kaget atau paling tidak memiliki konsentrasi sehingga membuat saraf pada diafragma kembali normal.

Selain itu, cara mengatasi cegukan pada bayi yang paling dasar adalah dengan memindahkannya ke ruangan bersuhu hangat. Hal ini dikarenakan cegukan mudah terjadi apabila diafragma mengalami kondisi ektrem.

Hal tersebut dapat sebaliknya. Artinya, jika sebelumnya bayi berada dalah ruangan bersuhu hangat, coba ajak ke ruangan bersuhu lebih dingin untuk menghentikan cegukannya.

Cara mengatasi cegukan pada bayi selanjutnya adalah dengan memancing bayi agar sendawa dengan memberinya ASI, baik dari payudara ibu atau pun dot buatan. Hal itu dapat terjadi karena pada saat sendawa, rongga diafragma akan melonggar dan membuat saraf di sekitarnya akan kembali rileks.

Yang perlu diperhatikan juga adalah pada saat menyusui, usahakan posisi bayi dalam keadaan tegak berdiri dalam gendongan. Di saat yang bersamaan, tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut. Hal itu akan membuat udara menjadi mudah keluar.

Selain cara-cara tersebut, apabila ternyata cegukan pada bayi berlangsung cukup lama, maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksakannya ke dokter. Sesungguhnya cegukan bukanlah penyakit melainkan hanya kelainan kondisi tubuh sementara.

Baca Juga  Aturan Minum Susu Bear Brand Untuk Dewasa dan Anak - Anak

Namun, pada beberapa kasus tertentu, cegukan dapat mengindikasikan gangguan pada organ tubuh yang lainnya seperti ginjal.

Nah, sahabat, itu tadi adalah beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi. Walaupun ada kepercayaan bahwa cegukan adalah tanda pertumbuhan, tetapi sebenarnya singultus pada bayi penting untuk dilakukan karena hal tersebut akan berpengaruh pada nafsu makan si bayi.

Nah, sahabat, jaga kesehatan anak-anak Anda terus, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *