gejala tetanus
Mengenal Penyebab, Gejala Tetanus dan Penanganan Penyakit Tetanus
December 1, 2018
cara menghilangkan bopeng bekas jerawat
Jangan Minder, Ini 4 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat
December 4, 2018

10 Cara Mengatasi Gusi Bengkak yang Efektif Tanpa Efek Samping

cara mengatasi gusi bengkak

Cara Mengatasi Gusi Bengkak – Gusi bengkak terjadi pada saat gusi mengalami pembengkakan hingga melebihi ukuran aslinya. Pada beberapa kasus, gusi bengkak bisa menutupi gigi. Gangguan mulut ini menyebabkan gusi terasa sakit, terlebih lagi jika digunakan untuk mengunyah makanan.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami Dan Manjur

Beberapa penyebab gusi bengkak diantaranya infeksi virus atau jamur, menumpuknya plak pada gigi, kurangnya vitamin C atau skorbut, kehamilan, peradangan pada gusi (gingivitis), pemasangan gigi palsu yang tidak pas, kebiasaan merokok, obat – obatan tertentu atau bisa juga karena gusi menjadi sensitive akibat penggunaan pasta gigi tertentu.

 cara mengatasi gusi bengkak
10 Cara Mengatasi Gusi Bengkak yang Efektif Tanpa Efek Samping

Biasanya pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak tergantung pada penyebab gusi bengkak itu sendiri. Setelah mengetahui penyebab gusi bengkak, ketahuilah cara mengatasi gusi bengkak berikut ini.

1. Garam

Cara mengatasi gusi bengkak yang paling mudah dan sederhana yaitu menggunakan garam. Di dalam garam terkandung kadar sodium tinggi yang berguna sebagai antiseptik alami. Garam mampu membunuh bakteri penyebab gusi bengkak serta menghilangkan bau mulut.

Gusi bengkak dapat diatasi dengan mencampurkan 2 sdm garam dan 1 gelas air hangat kemudian pakailah larutan garam tersebut untuk berkumur – kumur. Cara ini sudah digunakan sejak lama dan turun – temurun dari satu generasi ke generasi lainnya.

2. Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak karena di dalam bawang merah terdapat antiseptik alami yang dapat membasmi kuman dan bakteri. Cara mengatasi gusi bengkak dengan bawang merah bisa Anda lakukan dengan menumbuk bawang merah kemudian mengoleskannya pada gusi yang bengkak.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang berfungsi sebagai Pereda nyeri alami. Kegunaan minyak cengkeh ini sudah digunakan sejak berabad – abad yang lalu. Selain digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, minyak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi yang membengkak.

Baca Juga  14 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Pada Wanita Wajib Dicoba

Minyak ini efektif untuk meringankan gusi yang membengkak karena di dalam minyak ini bersifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada gusi. Cara mengatasi gusi bengkak dengan minyak cengkeh bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak cengkeh ini pada gusi yang membengkak.

4. Jeruk Nipis

Salah satu penyebab gusi bengkak yaitu karena gigi berlubang. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasinya. Cara mengatasi gusi bengkak ini bisa dilakukan dengan mencampurkan perasan 2 buah jeruk nipis ke dalam segelas air hangat.

Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur – kumur. Berkumur dengan air jeruk nipis akan membantu menjaga kesehatan mulut Anda.

 cara mengatasi gusi bengkak

5. Bawang Putih

Bawang putih bersifat antiinflamasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk meredakan gusi bengkak. Cara meredakan gusi bengkak dengan menggunakan bawang putih yaitu tumbuk bawang putih dan garam lalu tempelkan bahan tersebut pada bagian gusi yang membengkak.

6. Serai

Serai merupakan salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya, gunakan 2 batang serai yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus batang serai tersebut dengan segelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Gunakanlah air rebusan serai yang sudah dingin untuk berkumur .

7. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare dan batuk. Di dalam daun jambu biji terkandung pereda nyeri alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Cara memanfaatkan daun ini untuk meringankan gusi bengkak yaitu rebus daun jambu biji bersama segelas air. Setelah dingin, gunakanlah untuk berkumur.

Baca Juga  Penyebab Biduran dan Cara Mengatasi Biduran Dengan Mudah

8. Merica

Merica tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur tetapi merica juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi gusi bengkak. Caranya haluskan merica dan garam kemudian tambahkan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Lalu tempelkan pasta tersebut ke bagian gusi yang membengkak.

9. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang dapat membasmi bakeri di dalammulut Anda dan dapat meredakan gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak dengan belimbing wuluh ini bisa Anda lakukan dengan tumbuk 2 belimbing wuluh yang belum matang, kemudian oleskan belimbing wuluh tadi ke area gusi yang membengkak.

10. Jahe

Jahe terkenal memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Salah satu khasiat jahe dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya, parut jahe yang telah dikupas sebelumnya kemudian ambil air perasan jahe untuk berkumur.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *