26 cara mencatok rambut
3 Cara Mencatok Rambut Sendiri Dengan Cara yang Benar
August 20, 2018
5 Cara Mengepang Rambut Pendek Agar Terlihat Keren
August 20, 2018

14 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Pada Wanita Wajib Dicoba

cara mengatasi rambut mengembang

Cara Mengatasi Rambut Mengembang – Merasa kesal dengan rambut mengembang dan susah diatur? Memang tidak bisa dipungkiri bahwa rambut mengembang dan susah diatur kerap kali menjadi keluhan beberapa wanita.

Rambut mengembang atau biasa disebut juga rambut singa terkadang membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Pasalnya rambut mengembang bisa mengganggu penampilan.

Rambut mengembang biasanya diakibatkan keringnya rambut atau kulit kepala. Rambut menjadi kering karena kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak kepala yang cukup untuk melembabkan rambut sehingga rambut hilang kelembabannya.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut Anda mengembang yaitu :

– Keseringan mencuci rambut atau keramas

– Penggunaan shampo berbahan keras yang memicu hilangnya minyak alami rambut

– Penggunaan pelurus rambut atau pengeriting rambut

Baca Juga  3 Cara Mencatok Rambut Sendiri Dengan Cara yang Benar

– Rambut sering terpapar sinar matahari

– Perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia seperti pewarnaan rambut

– Faktor keturunan atau genetika yang membuat rambut Anda tebal

cara mengatasi rambut mengembang

14 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Pada Wanita Wajib Dicoba

1. Perhatikan kebiasaan keramas

Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada rambut. Penggunaan produk shampo yang berbahan keras juga mempengaruhi hilangnya kelembaban rambut.

Gunakan shampo berbahan ringan, sebaiknya pilihlah shampo yang tidak mengandung sulfat tetapi mengandung glycerin. Karena glycerin dapat menutrisi rambut dari akar dan mencegah rambut patah.

2. Menggunakan kondisioner

Cara mengatasi rambut yang mengembang berikutnya yaitu penggunaan kondisioner. Kondisioner berguna untuk melembutkan rambut. Gunakan konditioner tiap kali selesai keramas agar rambut Anda menjadi lembut dan gampang diatur.

3. Menggunakan air dingin saat membilas rambut

Air dingin berguna menguatkan kutikula rambut yang dapat mencegah tiap helai rambut kehilangan kelembabannya. Setelah selesai keramas, gunakan air dingin untuk membilasnya.

4. Menggunakan hair tonic

Penggunaan hair tonic dapat melembabkan rambut sehingga dapat dipakai sebagai cara mengatasi rambut mengembang.

Baca Juga  4 Hal Yang Harus Dihindari Pemilik Rambut Kribo Agar Tetap Kece

5. Perhatikan proses pengeringan rambut

Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosok – gosok handuk pada rambut. Menggosok handuk pada saat mengeringkan rambut menyebabkan rambut menjadi kasar dan patah. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara menepuk – nepuk handuk pada rambut hingga agak kering.

6. Memotong rambut secara teratur

Memotong ujung rambut secara teratur dapat mencegah rambut bercabang. Namun jika Anda memiliki rambut mengembang, sebaiknya jangan memotong rambut terlalu pendek. Karena potongan pendek membuat rambut Anda yang mulai tumbuh bisa mencuat ke segala arah dan menjadi sulit diatur.

Saat memotong rambut perlu diperhatikan untuk memilih model rambut yang cocok sehingga bisa mengurangi kesan mengembang pada rambut.

cara mengatasi rambut mengembang

7. Penggunaan sisir rambut

Gunakan sisir rambut yang kokoh untuk menyisir rambut mengembang. Sisir yang kokoh dapat menahan tekanan saat menyisir. Sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang.

8. Perhatikan penggunaan hair dryer

Setelah keramas jangan langsung gunakan hair dryer, tetapi biarkan rambut kering secara alami dulu. Setelah rambut kering secara alami, Anda bisa mengunakan hair dryer untuk menata rambut Anda. Jagalah jarak sekitar 15 cm dari rambut saat menggunakan hair dryer. Anda bisa menyemprotkan light hair spray agar rambut tetap rapi.

9. Penggunaan alat catok

Alat catok sebaiknya tidak digunakan terlalu sering karena dapat menyebabkan rambut menjadi kering, bercabang dan rusak. Namun jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menata rambut, menggunakan catok bisa menjadi cara mengatasi rambut mengembang yang praktis. Yang perlu diingat adalah selalu menggunakan serum sebelum mencatok rambut dan jangan gunakan catok terlalu sering.

Baca Juga  6 Cara Menguncir Rambut Anak Perempuan Agar Terlihat Imut

10. Mengepang rambut

Mengepang rambut bisa menjadi solusi bagi rambut mengembang Anda. Anda bisa mengepang rambut mengembang Anda sehingga rambut Anda menjadi lebih rapi. Namun disarankan untuk tidak terlalu sering mengikat rambut. Terlalu sering mengikat rambut bisa membuat rambut rontok dan patah.

11. Menggunakan masker rambut

Anda bisa menggunakan masker rambut 2 kali seminggu agar rambut menjadi lebih lembab dan dapat mengurangi masalah rambut mengembang Anda.

12. Menggunakan minyak chamomile dan minyak kelapa

Cara mengatasi rambut mengembang bisa dengan menggunakan minyak chamomile dan minyak kelapa. Dengan memakai minyak ini, rambut Anda akan lembut dan tampak bersinar. Cara pemakaiannya yaitu oleskan minyak pada rambut Anda, kemudian tutup kepala Anda menggunakan handuk atau shower cap. Diamkan selama 30 menit lalu bilas setelahnya.

13. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi melembutkan , memperkuat batang rambut dan melembabkan rambut. Minyak zaitun juga mampu menghaluskan kutikula luar rambut yang akan membuat rambut Anda bersinar. Cara pemakaiannya tinggal dioleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

14. Menggunakan jojoba oil

Jojoba oil atau minyak jojoba dapat melembabkan dan menutrisi rambut serta merangsang kulit kepala Anda. Cara penggunaannya yaitu oleskan pada rambut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cuci rambut setelahnya.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mengatasi rambut mengembang yang bisa Anda coba lakukan di rumah dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *