Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Paling Ampuh
September 13, 2018
Jangan Dibuang, Ini Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang
September 14, 2018

6 Cara Mengatasi Telinga Berdengung dan Makanan Untuk Meredakannya

cara mengatasi telinga berdengung

Cara Mengatasi Telinga Berdengung – Telinga berdengung atau tinnitus merupakan kondisi dimana telinga merasakan sensasi berdengung. Telinga berdengung ini bisa tiba – tiba muncul dan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

Telinga berdengung bisa terjadi karena adanya infeksi pada organ dalam telinga, komplikasi penyakit ataupun hanya karena mendengarkan suara yang terlalu keras.

6 Cara Mengatasi Telinga Berdengung yang Bisa Dicoba

cara mengatasi telinga berdengung

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan cara mengatasi telinga berdengung dengan cara yang telah kami rangkum dari beberapa sumber berikut ini.

1. Menggunakan earphone dan mendengarkan melodi lembut

Jika Anda secara tiba – tiba mengalami telinga berdengung, cobalah pasang earphone dan dengarkan musik suara lembut dengan volume yang paling rendah. Musik – musik dengan melodi lembut dan menenangkan disarankan agar suara dengungan di telinga Anda bisa cepat menghilang.

2. Mengetuk kepala secara perlahan

Jika telinga Anda berdengung muncul setelah Anda mendengarkan musik atau suara yang terlalu keras, kemungkinan rambut pada koklea mengalami kerusakan. Cara mengatasi telinga berdengung ini dilakukan dengan menutup telinga Anda sepenuhnya menggunakan telapak tangan.

Posisikan jari – jari Anda di bagian belakang kepala dan menempel pada kulit. Kemudian arahkan jari tengah Anda hingga posisinya saling berhadapan di bagian belakang kepala.

Baca Juga  8 Penyebab Telinga Berdengung, Salah Satunya Akibat Stres

Letakkan jari telunjuk di atas jari tengan lalu mulailah ketuk jari telunjuk ke punggung jari lain hingga mengeluarkan bunyi seperti menabuh drum. Lakukan ketukan halus di bagian belakang kepala ini hingga 40 kali. Setelah itu lepas kedua telapak tangan dari telinga.

3. Menghindari sumber suara

Pergi ke acara konser ataupun ke tempat – tempat yang menyetel musik terlalu kencang dapat membuat telinga menjadi berdengung. Untuk mengatasinya, Anda bisa pergi jauh dari tempat tersebut dan menghindari suara – suara keras penyebab telinga Anda berdengung.

4. Jangan menggunakan earbuds untuk membersihkan telinga

Membersihkan telinga dengan earbud dapat mendorong serumen atau kotoran telinga semakin masuk ke dalam gendang telinga. Hal ini akan memperparah telinga berdengung Anda.

Jika Anda merasa kotoran di telinga Anda telah menumpuk, cara mengatasi telinga berdengung yang efektif sebaiknya Anda pergi ke dokter THT untuk membersihkannya agar tidak memperparah telinga berdengung Anda.

5. Menjaga pola makan

Ada jenis – jenis makanan yang dapat meredakan telinga berdengung tetapi ada juga jenis makanan yang memperparah telinga berdengung. Jika Anda mengalami telinga berdengung, Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Cara mengatasi telinga berdengung ini dengan menjaga pola makan Anda, mengonsumsi jenis makanan yang dapat meredakan tinnitus dan menghindari makanan yang dapat memperparah tinnitus.

6. Periksa ke dokter

Biasanya suara berdengung dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi pada beberapa kasus yang ekstrem telinga berdengung tidak kunjung berhenti. Jika Anda mengalami hal tersebut sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari penyebab dan obatnya. Apalagi jika telinga berdengung sudah mencapai tahap yang parah atau kronis.

cara mengatasi telinga berdengung
Daftar Makanan Untuk Meredakan Telinga Berdenggung

Beberapa jenis makanan berikut ini dapat menjadi suplemen yang membantu meredakan telinga berdengung diantaranya:

– Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan obat alami yang membantu meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan yang terdapat pada ginkgo biloba dapat membantu melacarkan aliran darah yang ada pada leher, kepala hingga otak. Ginkgo biloba ini juga dapat mengurangi peradangan yang terdapat pada pembuluh darah.

Namun ginkgo biloba ini bukanlah obat instan yang langsung menyembuhkan telinga berdengung. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya.

Baca Juga  Awas Ini 4 Bahaya Softlens dan Cara Aman Menggunakannya

Namun perlu diperhatikan jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan obat herbal ini. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kontraindikasi.

– CoEnzyme Q10 atau CoQ10

Dikutip dari jurnal Otolaryngology pada tahun 2007 disebutkan bahwa enzim CoEnzym Q10 dapat membantu pasien tinnitus atau telinga berdengung. Suplemen CoQ10 ini direkomendasikan karena suplemen jenis ini akan mengaktifkan sel mitokondria sehingga mencegah terjadinya stroke, serangan jantung dan tinnitus yang terjadi akibat gangguan aliran darah.

Dan terdapat beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari agar tidak memperparah telinga berdengung yaitu:

– Garam

Mengonsumsi garam yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan juga dapat menyebabkan telinga berdengung.

– Kafein

Kafein dapat menyebabkan aliran darah dari kepala, leher dan kuping menjadi berkurang. Aliran darah yang tidak lancar di area tersebut dapat memperparah telinga berdengung. Salah satu minuman yang mengandung kafein adalah kopi.

Jika Anda sedang mengonsumsi beberapa obat seperti obat antidepresan, aspirin dosis tinggi, obat antikanker, obat antimalaria, diuretik dan antbiotik, sebaiknya Anda beritahukan kepada dokter agar dokter dapat mengetahui penyebab telinga berdengung Anda dan dokter dapat mengecek efek samping obat tersebut.

Hal lain yang bisa Anda konsultasikan ke dokter yaitu Anda bisa meminta bantuan dokter untuk mengecek kondisi pembuluh darah Anda karena kondisi pembuluh darah yang tidak baik atau rusak dapat memperparah telinga berdengung.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *