gejala tipes ringan
4 Cara Mengenali Gejala Tipes Ringan Dengan Mudah dan Tepat
September 24, 2018
cara memerahkan bibir dengan kunyit
Cara Memerahkan Bibir Dengan Kunyit yang Bisa Dicoba Dirumah
September 24, 2018

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

cara mengatasi telinga kemasukan air

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air – Mungkin sebagian orang pernah mengalami telinga kemasukan air ketika sedang main air, mandi ataupun berenang. Telinga yang kemasukan air biasanya akan terasa mengganjal dan tidak nyaman bahkan menyebabkan telinga berdengung.

Ketika air yang masuk ke dalam telinga hanya dibiarkan dan tidak segera dikeluarkan bisa memicu pertumbuhan jamur. Jamur menyukai tempat yang lembab. Jika telinga kemasukan air hingga tumbuh jamur maka telinga akan sering terasa gatal. Bahkan jika air yang masuk ke telinga terjadi secara berulang – ulang dan dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan risiko peradangan pada saluran telinga.

Peradangan tersebut bisa berupa kemerah-merahan dan pembengkakan pada saluran telinga luar. Dalam dunia medis gangguan peradangan yang terjadi di saluran yang terletak di telinga bagian luar dan gendang telinga disebut otitis eksterna.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Telinga Berdengung dan Makanan Untuk Meredakannya

Terkadang air yang masuk ke telinga dapat keluar dengan sendirinya. Namun beberapa kasus lain air yang masuk ke telinga sulit keluar. Jika telinga Anda kemasukan air, Anda harus berhati – hati dan tidak boleh sembarangan mengeluarkannya.

Karena air yang masuk ke dalam telinga akan bercampur dengan serumen atau getah telinga sehingga membuatnya susah dikeluarkan meskipun dikorek – korek. Jika terjadi hal tersebut, sebaiknya jangan panik dan cobalah cara mengatasi telinga kemasukan air berikut ini.

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

 cara mengatasi telinga kemasukan air
1. Menggoyang – goyangkan cuping telinga

Langkah pertama mengatasi telinga kemasukan air adalah menggoyang – goyangkan kepala Anda sambil memiringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan air. Miringkan kepala Anda hingga bagian luar telinga menghadap bahu sambil digoyang – goyang hingga air di dalam telinga bisa keluar.

2. Menggunakan telapak tangan untuk menghisap air

Cara mengatasi telinga kemasukan air ini dengan memiringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan air kemudian menutup telinga yang kemasukan air dengan telapak tangan. Tekan telinga dengan agak kuat dan lepas dengan cepat hingga Anda merasakan sensasi hisapan pada telinga. Dengan begitu air yang berada dalam telinga dapat terhisap keluar oleh telapak tangan.

3. Menggerak – gerakkan rahang dan mulut

Menggerak – gerakkan rahang dan mulut seperti mengunyah dan menguap dapat membantu mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga. Cara mengatasi telinga kemasukan air dengan peregangan rahang dan mulut ini dapat melegakan saluran sempit yang menghubungkan rongga telinga dengan bagian belakang hidung sehingga memicu air yang ada di dalam telinga untuk keluar.

Baca Juga  8 Penyebab Telinga Berdengung, Salah Satunya Akibat Stres

4. Meneteskan air

Untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga, Anda bisa menggunakan air hangat dan meneteskannya pada telinga yang kemasukan air sambil memiringkan kepala sampai telinga yang kemasukan air menghadap ke atas. Diamkan selama 3 detik lalu miringkan kepala ke sisi yang berlawanan. Kemudian tunggu sebentar dengan posisi telinga yang kemasukan air menghadap ke bahu hingga air akan mengalir keluar.

5. Menggunakan hair dryer

Cara mengatasi telinga kemasukan air dengan hair dryer atau pengering rambut bisa dilakuan dengan mengatur kecepatan dan suhu yang paling rendah. Kemudian berikan jarak sekitar 30 centimeter dan gerak – gerakan hair dryer mendekati dan menjauhi telinga agar telinga cepat kering. Udara panas yang ditimbulkan hair dryer akan membantu air menguap lebih cepat.

 cara mengatasi telinga kemasukan air

6. Mengompres dengan air hangat

Gunakan kain atau handuk lembut yang telah dibasahi air hangat kemudian peras hingga air tidak menetes dari kain tersebut. Miringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan air kemudian tempelkan kompres pada bagian luar telinga. Tunggu sekitar 30 detik lalu lepaskan.

Berikan jeda selama 1 menit sebelum mulai mengompresnya lagi. Ulangi beberapa kali hingga air dari dalam telinga keluar. Jika ternyata air belum keluar juga, Anda bisa melakukannya dengan teknik berbaring.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

7. Meneteskan cuka dan alkohol

Kotoran telinga atau serumen mungkin memerangkap air yang masuk ke dalam telinga. Anda bisa menguraikan gumpalan serumen dengan meracik tetes telinga sendiri. Cara mengatasi telinga kemasukan air ini bisa dimulai dengan mencampurkan cuka dan alkohol dengan takaran seimbang 1 : 1.

Teteskan sebanyak 3 tetes pada telinga yang kemasukan air lalu pijat ringan bagian luar telinga secara perlahan. Yang harus Anda perhatikan, jangan gunakan metode ini jika Anda mengalami beberapa masalah seperti:

– Mengalami infeksi telinga luar

– Mengalami masalah pada gendang telinga

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *