cara merebus daun sirsak
Cara Merebus Daun Sirsak Agar Bermanfaat Dengan Cara yang Benar
August 21, 2018
30 review wardah white secret
Review Wardah White Secret Untuk Kulit Cantik Kamu
August 21, 2018

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Berikut Cara Menghilangkan Dahak

cara mengeluarkan dahak pada anak

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak– Batuk merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh orang – orang di semua usia.

Dari usia muda hingga tua pasti pernah mengalaminya. Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat batuk adalah sulitnya mengeluarkan dahak. Dahak adalah lendir yang dihasilkan oleh saluran pernapasan dan bersarang di tenggorokan.

Dahak diproduksi oleh tubuh untuk menangkap dan mengeluarkan bakteri serta mikroorganisme lainnya dari hidung dan tenggorokan.

Baca Juga  Cara Mengolah Kulit Manggis Untuk Kesehatan Secara Lengkap

Menurut Brett Comer seorang dokter di bidang alergi dan bedah sinus dari University of Kentucky College of Medicine, kuman akan mudah masuk jika tidak ada dahak. Saat seeorang mengalami sakit atau alergi tubuh akan meningkatkan produksi dahak untuk membersihkan kuman – kuman yang sudah terhirup.

cara menghilangkan dahak

Berikut Ini Adalah Cara Menghilangkan Dahak

Dahak yang tidak dikeluarkan menyebabkan tenggorokan gatal, terganggunya pernapasan hingga bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing. Jika dahak tidak segera dikeluarkan maka akan muncul rasa tidak nyaman dan mengganggu dan berikut ini beberapa cara menghilangkan dahak secara alami:

1. Minum banyak air putih

Untuk mengeluarkan dahak yang terlalu kental, banyak minum air putih dapat membantu mengencerkan dahak. Air putih bisa menggantikan cairan yang keluar karena sering mengeluarkan dahak.

2. Menghirup uap air

Cara mengeluarkan dahak bisa dilakukan dengan menghirup uap air hangat. Uap air hangat yang dihirup akan membantu mengencerkan lendir yang ada di saluran pernapasan.

3. Perbanyak minum minuman hangat

Banyak mengonsumsi air hangat juga bisa membantu mencairkan dahak yang mengendap di tenggorokan. Minuman hangat yang bisa dikonsumsi yaitu teh hangat, lemon tea hangat, wedang jahe. Minuman hangat tersebut mengandung antiseptik dan dekongestan yang dapat memudahkan dahak keluar.

4. Makan bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai anti bakteri dan anti jamur. Dengan mengunyah bawang putih secara langsung dapat membantu menghilangkan dahak.

5. Kumur – kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa membantu menghilangkan dahak dari tenggorokan. Air garam berfungsi membunuh kuman dan menenangkan iritasi pada tenggorokan. Cara mengeluarkan dahak dengan berkumur dengan air garam ini, dilakukan sambil mendongakkan kepala agar air dapat sampai ke tenggorokan.

Baca Juga  13 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

6. Mengonsumsi madu dan jahe

Campuran madu dan jahe dipercaya mampu menghilangkan dahak. Cara menghilangkan dahak dengan madu dan jahe bisa dilakukan dengan memarut 100 gram jahe lalu peras airnya.

Kemudian campurkan perasan air jahe dengan madu dan air hangat. Minum minuman ini 2 kali sehari agar dahak cepat keluar.

7. Menghirup minyak kayu putih

Menghirup uap dari minyak kayu putih yang dicampurkan dengan air panas juga bisa membantu menghilangkan dahak.

8. Mengonsumsi daun mint

Daun mint dipercaya dapat melegakan tengorokan. Cara menghilangkan dahak dengan daun mint, bisa dilakukan dengan menyeduh beberapa daun mint dan meminumnya secara rutin.

9. Mengonsumsi kunyit

Kunyit memiliki khasiat mengencerkan dahak. Di dalam kunyit terkandung zat yang mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab batuk berdahak. Parutan kunyit diperas airnya lalu dicampur air hangat. Agar lebih nikmat bisa ditambahkan madu. Minum minuman ini secara rutin.

10. Mengonsumsi lada

Cara menghilangkan dahak dengan lada bisa dilakukan dengan menyeduh ½ sdt lada dengan segelas air hangat. Agar rasanya lebih enak, bisa ditambahkan madu dan diminum secara rutin.

cara mengeluarkan dahak
Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak

Seringkali dahak yang sulit dikeluarkan pada anak – anak membuat anak tersebut menjadi rewel. Cara mengeluarkan dahak pada anak sebenarnya hampir sama dengan orang dewasa.

Hanya saja tidak semua cara bisa di implementasikan pada anak – anak. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak pada anak, diantaranya:

1. Menjemur anak

Untuk menghilangkan dahak pada anak bisa dimulai dengan mengencerkan dahak tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan menjemur anak pada pukul 7 – 8 pagi selama 10 menit.

2. Mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon

Cara ini bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada dada anak. Selanjutnya buatlah anak menghirup aroma minyak putih atau minyak telon tersebut, agar kehangatannya bisa terasa pada saluran pernapasan.

Baca Juga  23 Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

3. Membaringkan dan menepuk punggung anak

Cara mengeluarkan dahak pada anak bisa dengan membaringkan anak pada pangkuan kemudian posisikan kepala anak lebih rendah daripada kaki. Selanjutnya tepuk – tepuk secara perlahan punggung anak. Menghilangkan dahak dengan cara ini dimaksudkan agar dahak turun dan keluar dari tenggorokan.

4. Mengonsumsi madu

Madu terbukti ampuh untuk menghilangkan dahak. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan menghilangkan dahak. Pemberian madu setengah sendok teh disesuaikan dengan 11 kg berat badan anak. Madu bisa diberikan 4 – 5 kali sehari dengan menyesuaikan berat badan anak.

Untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun , sebaiknya jangan diberikan madu tetapi segera periksakan ke dokter.

5. Meminum jus lemon

Jus lemon ini cukup diberikan 1 sendok teh per 3 jam sekali. Jangan berikan jus lemon terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi pada anak. Pastikan juga bahwa anak minum banyak air putih setelah mengonsumsi jus lemon.

itulah tadi penjelasan mengenai cara mengeluarkan dahak pada anak dan cara menghilangkan dahak pada anak dan semoga saja artikel di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Kita semua.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *