cara mengecilkan pipi tembem
8 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami Dirumah
September 3, 2018
6 Cara Membuat Manisan Salak Paling Simpel Yang Wajib Anda Coba
September 4, 2018

7 Cara Mengempeskan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami

Cara Mengempeskan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami- Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang cukup merusak kulit, dan juga cukup sakit dibanding jenis jerawat lainya. Jerawat batu biasa dimulai dengan pembekakan sampai dengan bernanah, sehingga cukup sakit.

Baca Juga  Punya Jerawat yang Susah Hilang? Pakailah Bedak Saripohatji

Jerawat batu terkadang sangat mengganggu, terlebih jika sudah bernanah dan jika tidak dilkaukan perawatan kempesnya juga cukup lama.

Sehingga kita sering tidak sabaran, lalu memencet hingga nanah keluar secara paksa atau dengan menusuknya dengan jarum. Kebiasaan tersebut sangat berakibat buruk, karena bisa terinfeksi. Tangan kita tidak selalu steril, ada banyak bakteri yang menempel ditangan atau dijarum yang bisa berakibat buruk pada jerawat.

Lalu bagaimana cara mengempeskan jerawat batu dengan cara yang aman? Simak 7 cara mengempeskan jerawat dengan bahan alami berikut ini:

1. Es Batu

Es batu memang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kulit, misalnya untuk membantu penyembuhan ruam pada kulit, mengecilkan pori-pori kulit, dan juga berguna untuk mengempeskan jerawat batu.

Pembengkakan jerawat batu biasa mengakibatkan rasa panas dan nyeri pada kulit, dan itu bisa dikurangi dengan es batu, dan yang terpenting adalah bengak akibat jerawat batu akan kemps atau mengecil, dan juga mencegah terjadinya infeksi.

Caranya cukup masukkan es batu ke dalam kain yang bersih dan lembut, kemudian tempelkan pada jerawat batu. Lakukan hingga beberapa menit, hingga rasa nyeri berkurang dan jerawat mengecil.

2. Air Hangat

Tak hanya es batu, air hangat juga sangat ampuh untuk mengurangi nyeri dan bisa membantu mengempeskan jerawat batu.

Caranya cukup panaskan air, lalu basahi handuk bersih atau kain bersih dengan air panas tersebut, tempelkan pada jerawat selagi airnya hangat. Lakukan hingga beberapa kali, sampai jerawat tidak nyeri lagi dan mengecil.

Baca Juga  6 Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Paling Dicari

3. Garam

Garam memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-bakteri yang tinggi, sehingga tak heran jika garam menjadi bahan alami yang selalu dibutuhkan dalam perawatan atau pengobatan kulityang bermasalah.

Garam juga cukup ampuh untuk mengempeskan jerawat batu, caranya cukup larutkan air garam dengan air hangat, lalu siapkan handuk bersih atau kain bersih dan basahi dengan larutan garam, kemudian tempelkan pada jerawat batu. Mungkin akan ada efek pedih, tetapi tidak beresiko. Karena garam sudah meresap pada jerawat batu dan akan mnegurangi nyeri dan jerawat akan mengecil.

4. Aloe vera

Tanaman aloe vera atau lidah buaya memang sangat bermanfaat untuk penyembuhan jerawat, aloe vera menjadi bahan yang selalu direcomendasikan dalam berbagai tips kecantikan baik kulit ataupun rambut.

Anda juga misa mengempeskan jerawat batu dengan aloe vera, caranya potong aloe vera dan buang kulit luarnya hingga tertinggal gelnya. Pijit lembut gel aloe vera ke jerawat batu, atau jika jerawat batu cukup banyak, bisa dengan mengiris tipis-tipis gel aloe vera lalu menempelkannya pada seluruh kulit yang ditumbuhi jerawat batu, atau dengan cara ketiga dengan menghaluskan gel aloe vera terlebih dahulu, lalu mengaplikasikannya pada kulit atau menjadikannya masker.

Baca Juga  Punya Jerawat yang Susah Hilang? Pakailah Bedak Saripohatji

Diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.
Tetapi perlu diingat bahwa sebelum mengaplikasikan aloe vera, kulit harus dalam keadaan bersih.

 

5. Tomat

Tomat juga bisa sebagai bahan alami untuk mengempeskan jerawat batu, cara cukup potong tomat hingga beberapa bagian lalu tempelkan pada jerawat batu, atau juga dengan mengaluskan tomat lalu aplikasikan sebagai masker.

Diamkan hingga 30 menit kemudian, bilas dengan air bersih, selain untuk mengempeskan jerawat batu, tomat juga bermanfaat mengangkat sel kulit mati pada kulit anda sehingga mencegah tumbuhnya jerawat baru.
Lakukan tiga kali dalam seminggu untuk memaksimalkan hasil,

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiiki kandungan vitamin c dan anti-bakteri yang tinggi bisa membantu penyembuhan jerawat sekalian mengempeskan jerawat batu.

Cara mengempeskan jerawat batu cukup potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu buang bijinya, tempelkan pada jerawat batu dan diamkan hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Madu

Madu juga mempunyai manfaat yang banyak untuk kulit terutama untuk jerawat, cara mengempeskan jerawat batu cukup oleskan madu pada jerawat batu lalu diamkan hingga 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih, tunggu beberapa jam kemudia pasti jerawat batu anda yang sebelumnya membengkak oerlahan akan kemps atau mengecil.

Baca Juga  Inilah Beberapa Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Sekian untuk 7 cara mengempeskan jerawat batu dengan bahan alami, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *