manfaat teh hijau kepala jenggot
Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot untuk Kesehatan dan Kecantikan
August 27, 2018
cara mengusir cicak
Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Cicak Di Rumah
August 27, 2018

5 Cara Menghias Nasi Tumpeng Untuk Agustusan Agar Terlihat Cantik

cara menghias nasi tumpeng

Cara Menghias Nasi Tumpeng – Nasi tumpeng identik dengan sebuah perayaan atau acara hajatan. Salah satu makanan khas Indonesia yang sangat terkenal ini biasanya disajikan dalam berbagai hajatan atau sebuah perayaan. Nasi tumpeng sering tampak di acara – acara seperti ulang tahun, selamatan, pernikahan hingga acara keagamaan.

Nasi tumpeng dibuat dengan bahan utama nasi kuning, nasi putih atau nasi uduk. Nasi tumpeng disajikan di atas tampah lengkap dengan lauk pauknya

Tidak ada standar baku dalam menentukan menu lauk pauk yang disajikan, biasanya disesuaikan dengan selera dan acaranya. Apapun acaranya, biasanya nasi tumpeng yang disajikan dihias secantik mungkin.

Baca Juga  Cara Membuat Manisan Kedondong Basah dan Kering

Beberapa lauk pauk yang umumnya menemani nasi tumpeng yaitu ayam goreng, perkedel kentang, tempe goreng, tahu goreng, sambal, lalapan segar dan kerupuk. Selain ditemani lauk pauk, nasi tumpeng juga ditemani sayuran atau buah – buahan sebagai penghias atau garnish.

Beberapa bahan yang biasanya dijadikan garnish pada nasi tumpeng diantaranya timun, tomat, wortel, parsley, selada, sawi, daun seledri, lobak, daun bawang, abon sapi, cabe, timun jepang dan daun pisang.

Dalam peringatan 17 Agustus sering diadakan lomba nasi tumpeng. Aturan yang umum dijadikan penilaian di lomba tumpeng adalah tampilan keseluruhan, citarasa, susunan dan kelengkapan lauk, kebersihan dan biaya serta ketentuan lain yang ditentukan oleh panitia lomba.

Alat – alat untuk menghias tumpeng

cara menghias nasi tumpeng

Sebelum Anda mengetahui cara menghias nasi tumpeng, ketahuilah alat – alat yang dipakai dalam menghias tumpeng berikut ini.

– Pisau

Gunakan pisau yang tajam dan berujung runcing. Pisau yang runcing berguna untuk membuat berbagai pola hiasan pada sayuran seperti pola zigzag, guratan – guratan pada kelopak bunga dan lainnya.

– Lidi

Lidi merupakan bahan yang harus ada saat menghias tumpeng. Lidi digunakan untuk menyambung sayuran penghias nasi tumpeng. Siapkan lidi yang runcing dalam berbagai ukuran untuk memudahkan Anda saat menusuk hiasannya.

Mould

Mould adalah pisau buah yang berbentuk bulan digunakan untuk membuat hiasan kecil berbentuk bulat.

Cutter

Anda perlu menyiapkan cutter ukuran kecil dan besar. Cutter ini dipakai untuk memotong dan mengiris – iris sayuran penghias tumpeng. Gunakan cutter yang tajam agar bentuk irisannya rapi.

Cara membuat hiasan nasi tumpeng

Untuk membuat hiasan nasi tumpeng siapkan dulu sayuran penghias kemudian rendam sayuran tersebut ke dalam air dingin. Perendaman ini dimaksudkan agar sayuran tampak lebih segar dan cantik. Selanjutnya Anda bisa membuat satu persatu hiasan tumpeng seperti berikut ini:

– Membuat alas tumpeng

Umumnya alas tumpeng hanya memerlukan tampah dan daun pisang. Jika Anda tidak ingin terlihat kaku, Anda bisa menghias alas tumpeng dengan bantuan styrofoam dan sayuran lain. Jika Anda tidak menggunakan tampah, Anda bisa menggantinya dengan triplek yang dilapisi styrofoam.

Baca Juga  Cara Mengungkep Ayam yang Enak dan Lezat yang Bisa Dicoba

Langkah pertama, lapisi styrofoam dengan daun pisang. Kemudian hiaslah sekeliling alas tumpeng menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga lancip. Sebagai tambahan untuk mempercantik, Anda bisa membuat pagar di sekelilingnya dari kacang panjang yang ditusuk lidi.

Membuat hiasan bunga mawar

Bahan yang diperlukan untuk membuat hiasan bunga mawar yaitu tomat dan timun jepang atau kyuri. Langkah pertama, kupas kulit ari tomat dengan bentuk melingkar dari tangkai hingga ujung. Usahakan agar kulit tomat tidak terputus. Kemudian gulunglah kulit ari tomat tadi hingga berbentuk seperti kelopak mawar.

Irislah beberapa potong timun jepang dengan irisan tipis – tipis. Agar tampak seperti bunga mawar, Anda bisa meletakkan timun tersebut di sekitar nasi tumpeng kemudian menaruh gulungan kulit tomat di atas timun.

5 Cara Menghias Nasi Tumpeng Untuk Agustusan Agar Terlihat Cantik

cara menghias nasi tumpeng

Jika Anda ingin menghias nasi tumpeng untuk lomba Agustusan ataupun untuk hal lainnya maka, simak cara menghias nasi tumpeng agar terlihat cantik berikut ini.

1. Mencetak nasi tumpeng

Sebelum memulai membuat tumpeng sebaiknya Anda menentukan dulu nasi apa yang akan dibuat tumpeng. Anda bisa menentukan nasi kuning , nasi putih atau nasi uduk. Jika Anda ingin membuat tumpeng dari nasi kuning maka buatlah nasi kuning terlebih dahulu kemudian Anda bisa mencampurannya dengan beras ketandan hal tersebut bertujuan agar tumpeng dapat berdiri kokoh.

Dan cara menghias nasi tumpeng agar menjadi bentuk kerucut adalah dengan menggunakan cetakan kerucut. Anda bisa menggunakan cetakan alumunium atau Anda juga bisa menggunakan cetakan kue jika hendak akan menyusun nasi tumpeng yang bertingkat.

Jika Anda akan membuat nasi tumpeng ala tradisional jawa maka Anda bisa membuat nasi tumpeng yang berbentuk kerucut, karena bentuk kerucut tersebut dipercayai sebagai simbol yang mengarah pada Yang Maha Kuasa

Jadi Anda bisa membuat tumpeng dengan ukuran yang besar sebagai pusat nasi tumpengnya, kemudian Anda bisa membuat anakan tumpeng yang berukuran lebih kecil untuk mengelilinginya.

2. Menentukan lauk sebagai pusat perhatian

Ternyata lauk pauk membantu mendukung bentuk tumpeng sebagai pusat perhatian dari nasi tumpeng. Anda bisa menggunakan ayam ingkung sebagai lauk pauk. Tapi tinggi lauk sebaiknya tidak melebihi tumpeng.

3. Menyusun warna lauk yang Berwarna kontras dan menarik

Lauk pauk yang menemani tumpeng biasanya berwarna kecoklatan atau berwarna merah tua. Cara menghias nasi tumpeng selanjutnya, Anda bisa menyusun lauk pauk dengan susunan yang menarik di sekeliling nasi tumpeng.

Baca Juga  5 Cara Mematangkan Alpukat Agar Cepat Matang dan Lezat

4. Menyusun hiasan alami

Cara menghias nasi tumpeng tidak akan lengkap tanpa menyusun hiasan dari bahan – bahan yang tadi telah Ada buat. Hiasan bunga mawar bisa Anda sebarkan di sekeliling nasi tumpeng. Hiasan lain dapat dibuat dari cabe yang dibentuk bunga atau dijadikan taburan.

Wortel dan lobak yang dibentuk menjadi bunga, angsa, burung atau anak ayam. Anda bisa menambahkan hiasan dari sayur – sayuran seperti daun kemangi, selada, peterseli ataupun daun seledri.

5. Menambahkan pelengkap

Nasi kuning dalam tumpeng dimasak menggunakan santan yang diberi garam sehingga rasanya sudah gurih. Lauk pauk sebagai penghias nasi tumpeng juga memiliki rasa yang gurih. Dengan begitu, Anda bisa membuat sambal sebagai pelengkap tumpeng agar pas rasanya saat tumpeng dimakan bersama lauk pauk.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *