biduran pada anak
Biduran Pada Anak? Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini
November 24, 2018
benjolan di payudara kiri
Benjolan di payudara kiri, Apakah Berbahaya? Ini 4 Penyebabnya
November 26, 2018

11 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Dengan Bahan Alami

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk – Tahukah kamu mengapa nyamuk meninggalkan rasa gatal dan bentol setelah menggigit? Biasanya pada saat menggigit manusia, nyamuk akan menusuk dengan ujung mulutnya lalu menghisap darah manusia.

Nah, saat menghisap darah inilah nyamuk juga mengeluarkan air liur yang berguna untuk mencegah darah yang dia hisap cepat membeku. Di dalam air liur nyamuk terdapat enzim dan protein asing yang ikut masuk ke dalam tubuh manusia.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dirumah

Sistem imun pada manusia akan memproduksi histamin dalam jumlah banyak karena menganggap zat asing tersebut berbahaya bagi tubuh. Tingginya kadar histamin membuat sel darah putih di area gigitan nyamuk mengalami pembengkakan dan peradangan yang sering disebut bentol.

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk
11 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Dengan Bahan Alami

Gigitan nyamuk sering meninggalkan rasa gatal dan bentol yang membuat kita ingin menggaruknya. Bahkan terkadang bekas nyamuk tersebut kita garuk hingga kulit menjadi lecet dan meninggalkan noda hitam bekas luka.

Terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka bekas gigitan nyamuk akan sulit hilang. Bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk? Simak beberapa cara mudah menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikut ini.

1. Menggunakan Madu Murni

Madu murni mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, vitamin C, potasium, dan lainnya. Kandungan – kandungan di dalam madu tersebut menjadikan madu bisa menjadi antiseptik alami.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menggunakan madu murni yaitu dengan mengoleskan madu murni ke bagian kulit yang bentol bekas gigitan nyamuk.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat digunakan untuk menghilangkan iritasi akibat bekas gigitan nyamuk. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan lidah buaya ini bisa Anda lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang digigit nyamuk.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kerak Gigi tanpa Scaler

Setelah itu diamkan selama beberapa menit hingga gel lidah buaya meresap ke dalam kulit. Bilas dengan air bersih setelahnya, maka bekas gigitan nyamuk akan hilang secara alami.

3. Menggunakan Bawang Merah

Di dalam bawang merah terkandung zat antibakteri yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan bawang merah yaitu kupas 1 siung bawang merah kemudian belah menjadi dua.

Gosokkan belahan bawang merah ke bagian tubuh yang digigit nyamuk. Tunggu hingga beberapa menit lalu bilas setelahnya.

4. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang bersifat antiinflamasi dan juga antibakteri. Bawang putih bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Anda tinggal membelah 1 siung bawang putih dan menggosokkannya ke bagian kulit yang terasa gatal akibat gigitan nyamuk. Maka bekas gigitan nyamuk yang bentol dan terasa gatal akan hilang.

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk

5. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara pemakaiannya, seduh teh hijau menggunakan air hangat selama 10 menit. Kemudian usapkan air seduhan teh hijau ke bagian kulit yang digigit nyamuk.

Baca Juga  Ini Dia Cara Menghilangkan Milia Atau Jerawat Bayi Dengan Bahan Alami

6. Menggunakan Susu Cair

Susu murni cair mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, kalsium, protein dan nutrisi lainnya. Susu segar cukup efektif menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Caranya, Anda hanya tinggal mengoleskan susu murni cair ke bekas gigitan nyamuk, maka bekas gigitan nyamuk akan hilang .

7. Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk bisa dilakukan dengan menggunakan cuka apel. Anda bisa mengoleskan cuka apel untuk meredakan rasa gatal dan bentol bekas gigitan nyamuk.

Caranya, celupkan kapas pada cuka apel kemudian kompres bekas gigitan nyamuk hingga rasa gatal dan bentolan hilang.

8. Menggunakan Putih Telur

Putih telur bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Anda bisa mengoleskan putih telur ke bekas gigitan nyamuk dan diamkan selama beberapa menit hingga rasa gatal hilang dan bentol mengempes.

9. Menggunakan Bengkoang

Bengkoang selain dijadikan bahan dasar produk – produk kecantikan pemutih dan pencerah kulit, ternyata juga bisa dijadikan sebagai penghilang bekas gigitan nyamuk.

Caranya, Anda bisa menghaluskan bengkoang kemudian mengoleskan bengkoang yang sudah halus tersebut ke bagian kulit yang bernoda bekas digigit nyamuk. Lakukan perawatan ini secara teratur maka noda bekas gigitan nyamuk akan pudar dan menghilang.

10. Menggunakan Kulit Pisang

Biasanya kulit pisang dibuang begitu saja setelah seseorang memakan pisang. Padahal kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengoleskan kulit pisang ke area kulit yang digigit nyamuk. Kemudian bilas setelahnya.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Koreng Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

11. Menggunakan Minyak Vitamin E

Vitamin E berperan dalam menghaluskan dan mencerahkan kulit. Untuk menghilangkan bekas hitam gigitan nyamuk, Anda bisa mengoleskan minyak vitamin E. Minyak vitamin E bisa Anda dapatkan dari kapsul vitamin E yang dibelah dan diambil minyaknya.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *