cara mencegah penyakit difteri
Lakukan 4 Cara Mencegah Penyakit Difteri Ini Pada Anak
October 17, 2018
manfaat cuka apel untuk kecantikan
9 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan, Apa Sajakah Itu?
October 18, 2018

Cara Menghilangkan Bekas Koreng Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

cara menghilangkan bekas koreng

Cara Menghilangkan Bekas Koreng – Adanya koreng pada kulit akan mempengaruhi penampilan khususnya para wanita. Bekas koreng yang timbul akibat luka di masa lampau ini bisa berbentuk berbagai macam.

Apalagi jika Anda pernah mengalami jatuh yang parah dan terluka pada area kulit yang terbuka serti lengan, leher, dan kaki. Bahkan pada wajah akibat gigitan nyamuk yang terus digaruk juga bisa menimbulkan koreng.

cara menghilangkan bekas koreng
Ada Banyak Macam Luka Koreng

Perlu Anda ketahui ada banyak macam koreng yang diklasifikasikan menjadi bekas luka normal yaitu terlihat tipis dan relatif kecil. Adapula bekas luka hipertrofik yaitu bekas luka yang memiliki warna merah, tebal bahkan tidak rata.

Terakhir adalah bekas luka keloid yaitu bentuknya lebih tinggi dan berwarna merah hingga gelap dan kemudian luka ini bisa saja luas dan lebih besar dari luka asli.

Baca Juga  Penyebab Cantengan dan Cara Mudah Mengatasinnya

Yang perlu diperhatikan adalah bekas luka keloid, bekas luka ini biasanya karena masalah genetik dan sulit diobati. Adanya luka keloid ini karena produksi kolagen yang berlebih dan pengobatan harus dengan menyuntikan pada area tersebutBekas luka keloid harus diatasi oleh tenaga medis yang terpercaya.

cara menghilangkan bekas koreng
8 Cara Menghilangkan Bekas Koreng Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Kembali lagi pada luka koreng, Anda akan menemukan banyak cara dan cara alternatif untuk menghilangkan koreng tersebut.

Namun tidak semua cara dianggap ampuh untuk digunakan. Jika Anda sedang mencari cara menghilangkan bekas koreng paling ampun Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini. Baik pengobatan secara medis dan alami bisa Anda gunakan untuk segera mengobati koreng.

1. Kortikosteroid

Anda bisa menggunakan obat yang disuntik ini. Pengobatan ini paling ampuh untuk mengobati masalah keloid dan hipertrofik.

Bagi Anda yang mengaklami bekas koreng tersebut maka datang ke dokter dan minta sunikan Kortikosteroid yang akan diberikan 3 kali dalam 4 hingga 6 minggu. Suntikan ini akan berfungsi untuk meredakan pembengkakan yang terjadi sehingga bekas luka menjadi rata.

2. Radioterapi

Radioterapi tidak hanya dilakukan pada jenis penyakit berat namun juga bisa menghilangkan bekas koreng.

Namun dosis rendah yang diberikan harus sesuai dan biasanya pada dokter bedah kulit trutama menggunakan radioterapi untuk mengatasi pasien yang memiliki bekas luka keloid atau hipertrofik setelah operasi.

Perlu diperhatikan juga bahwa prosedur ini memiliki efek samping seperti kulit kering, nyeri dankemerahan.

3. Gel silikon

Pengobatan medis lainnya adalah dengan gel silikon yang diletakan di atas bekas luka selama 12 jam. Cara ini dilakukan sampai 3 bulan dan dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dermatolog.

Anda juga bisa menggunakan perawatan ini untuk mengatasi masalah luka yang merupakan penyebab jarigan parut. Langkah ini juga dilakukan untuk pengobatan bekas luka keloid dan hipertrofik.

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini 7 Khasiat Teh Basi Untuk Kesehatan Kulit

4. Dermafiller

Anda bisa menggunakan pengobatan ini dengan cara menyuntikan zat ke dalam lapisan dermis pada kulit. Hasilnya akan memberikan tampilan halus pada kulit, megurangi kerutan statis dan mengencangkan kulit.

Pengobatanj dengan cara ini perlu dilakukan secara rutin dan Anda harus siap banyak biaya karena pengobatan yang mahal.

5. Lidah buaya

Selain cara menghilangkan bekas koreng secara medis yang mahal Anda juga bisa memilih cara alami hanya dengan lidah buaya.

Tanaman ini murah bahkan bisa saja berada di halaman Anda sekarang juga. Nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya sangat baik untuk kulit seperti anti jamur, anti inflamasi hingga anti bakteri yang menyembukan bekas koreng.

Caranya ambil isi lidah buaya dan oleskan pada bekas koreng yang sudah dibersihkan dengan air hangat, kemudian diamkan 1 jam kemudian bersihkan hingga bersih.

6. Green tea

Green tea memiliki manfaat yang tinggi bagi kulit, adanya vitamin E pada teh hijau akan mempercepat penyebuhan bekas koreng.

Untuk menghilangkan bekas koreng menggunakan green tea Anda cukup menyeduhnya dengan air panas. Kemudian setelah menjadi hangat Anda bisa mencelupkan kapas steril ke dalam teh hijau dan usapkan pada bekas koreng, kemudian lakukan setelah selesai mandi untuk menghilangkan dalam waktu yang cepat.

7. Madu

Madu bisa Anda temukan di dalam rumah dengan mudah, kandungan di dalam madu sangat baik untuk memperbaiki sel kulit yang sudah mati seperti pada bekas koreng. Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan dua sendok makan madu dengan sedikit baking soda ke dalam air panas.

Baca Juga  Ikuti 4 Pantangan Cacar Air Agar Cepat Sembuh - Antrilikeaking

Masukan handuk ke dalam larutan tersebut dan diamkan hingga air menjadi hangat. Letakan handuk pada area yang memiliki bekas koreng secvara teratur. Anda juga bisa mengusapkan sambil ditekan agar larutan madu meresap ke dalam kulit.

8. Air kelapa

Anda memiliki bekas koreng berwarna hitam maka hilangkan dengan air kelapa bahkan kulit bisa terdehidrasi dengan baik karena bahan ini.

Anda cukup menyiapkan air kelapa yang setengah tua kemudian basuhkan pada bekas koreng secara rutin. Anda tidak perlu membilas karena air akan meresap dan mengering sendiri dan luka koreng yang menghitam lama kelamaan akan memudar.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *