foundation wardah untuk kulit berminyak
Foundation Wardah Untuk Kulit Berminyak Review dan Harganya
August 21, 2018
guaifenesin adalah
Guaifenesin Adalah Untuk Mengecerkan dan Melembutkan Lendir
August 21, 2018

Cara Menghilangkan Cegukan dan Cara Mengatasi Cegukan

cara menghilangkan cegukan

Cara Menghilangkan Cegukan – Cegukan sangat familiar sekali ditelinga kita. Pasalnya, hampir semua orang pernah mengalami cegukan yang dalam bahasa Inggris disebut hiccup. Biasanya cegukan menimbulkan suara “hik” secara tiba – tiba.

Secara medis, cegukan adalah kontraksi yang dihasilkan diafragma akibat kejang memicu tertutupnya pita suara dan membuka dengan sangat cepat. Dalam istilah medis, cegukan disebut synchronous diaphragmatic flutter atau singultus.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak Berikut Cara Menghilangkan Dahak

Sebagian orang menganggap cegukan merupakan hal yang sepele tapi jika cegukan berlangsung lama itu akan terasa sangat mengganggu. Apalagi jika kita sedang melakukan aktivitas penting dan tiba – tiba cegukan itu datang. Umumnya cegukan bisa mereda dengan sendirinya, tetapi durasinya bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Penyebab terjadinya cegukan

Untuk mengetahui cara menghilangkan cegukan, sebaiknya Anda mencari penyebabnya dulu. Terjadinya cegukan tidak bisa dip

rediksi karena ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya antara lain:

– Perut terlalu penuh menampung makanan dan minuman

– Perubahan suhu perut yang tiba – tiba, misalnya minum air panas kemudian minum air dingin

– Makan terlalu cepat

– Merokok

– Memakan makanan pedas

– Banyak minum minuman beralkohol

– Masuk angin

– Minuman bersoda

Cegukan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu :

1. Cegukan ringan

Cegukan ini hanya berlangsung sebentar. Biasanya cegukan ini hanya berlangsung beberapa menit.

2. Cegukan berat

Cegukan ini bisa terjadi hingga berjam – jam atau berhari – hari. Jika Anda mengalami cegukan ini, Anda perlu mewaspadainya. Bisa jadi cegukan ini menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Anda.

menghilangkan cegukan
Begini Cara Mengatasi Cegukan Dengan Mudah

Masing – masing orang memiliki petunjuk cara menghilangkan cegukan yang berbeda – beda. Mengapa begitu? Dikarenakan tiap cara menghilangkan cegukan bisa berbeda pada setiap orang. Cara mengatasi cegukan yang paling mudah untuk diterapkan diantaranya:

– Dengan menahan nafas

Cara mengatasi cegukan ini merupakan cara yang paling umum. Caranya yaitu dengan menarik nafas panjang, lalu tahan sekuat yang Anda bisa kemudian hembuskan. Jika cegukan masih terjadi, ulangi cara ini beberapa kali.

– Minum banyak air putih

Cara mengatasi cegukan ini merupakan cara yang paling umum karena ketika seseorang mengalami cegukan segeralah minum banyak air putih. Lakukan cara ini hingga cegukan mulai mereda

Baca Juga  5 Cara Efektif Mengecilkan Perut Dengan Jeruk Nipis dan Bahan Alami

– Minum air sambil menutup hidung

Cara mengatasi cegukan ini merupakan cara yang paling umum ini juga terbilang cukup mudah. Cobalah dengan minum segelas air sambil menutup hidung dan agar lebih efektif, gunakan segelas air hangat / atau air dingin.

– Minum sambil menarik telinga
Cara yang satu ini dipercaya bisa mengurangi kejangnya diafragma. Cobalah cara ini dengan memasukkan seteguk air ke dalam mulut, tapi jangan langsung ditelan. Tahan air itu di dalam mulut sambil tariklah kedua daun telinga ke bawah dan miringkan kepala. Kemudian telan air di dalam mulut tersebut.

– Memakan gula pasir
Cara mengatasi cegukan yang berikutnya yaitu dengan masukkan satu sendok gula pasir ke dalam mulut. Usahakan letakkan gula dibagian belakang lidah. Cara ini dimaksudkan agar gula yang dimasukkan bisa memenuhi ujung saraf di mulut dengan sensasi manis.

menghilangkan cegukan

Bagaimana Cara mengobati Cegukan?

Jika cara – cara diatas sudah dipraktekkan namun cegukan masih berlangsung dalam kurun waktu yang lama atau Anda sering mengalami cegukan, sebaiknya Anda perlu konsultasi ke dokter agar diberitahukan cara mengobati cegukan tersebut.

Cegukan yang berlangsung lebih dari 2 hari bisa diakibatkan karena adanya:

– Gangguan metabolisme seperti hipoglikemia, hiperglikemia atau diabetes

– Gangguan saraf vagus seperti faringitis dan penyakit gondok

– Gangguan sistem saraf seperti radang jaringan otak, tumor atau stroke

– Gangguan pernapasan seperti pleuritic, pneumonia dan asma

– Gangguan pencernaan seperti radang usus, obstruksi usus dan Gastroesophageal Reflux Disease (GSD).

– Reaksi psikologi yang berlebihan seperti stres, sedih, syok, gembira, takut

Di sisi lain, cegukan yang terjadi dan berlangsung lama bisa juga terjadi akibat efek samping penggunaan obat seperti:

– Obat – obatan yang digunakan untuk mengobati kemoterapi

– Obat pereda nyeri seperti metadon dan morfin

– Benzodiazepine

– Anestesi

– Metyldopa

– Barbiturate

– Kortikosteroid

Untuk kasus cegukan yang dikonsultasikan ke dokter, dokter akan mencari tahu penyebab cegukan tersebut. Sebagai langkah awal, akan dilakukan pemeriksaan saraf. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengukur refleks, kemampuan merasakan sentuhan, tonus dan kekuatan otot, daya penglihatan pasien serta koordinasi dan keseimbangan umum

Jika ternyata dicurigai cegukan disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka pemeriksaan lebih lanjut yang akan dilakukan yaitu :

– Tes darah yang berfungsi untuk mendeteksi tanda – tanda infeksi , penyakit ginjal atau diabetes.

– Endoskopi yaitu pemeriksaan ini menggunakan alat berbentuk selang berukuran kecil yang dilengkapi lampu dan kamera. Pemeriksan ini untuk mengecek dugaan adanya gangguan pencernaan.

– CT scan, MRI atau X-ray. Pemeriksaan ini untuk memastikan apakah ada gangguan diafragma , saraf frenikus dan saraf vagus yang disebabkan oleh kelainan anatomi.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara mengobati cegukan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika hasil diagnosis menunjukkan cegukan merupakan komplikasi dari penyakit asma, maka dokter akan mengendalikan penyakit asma agar cegukan bisa mereda. Namun, jika cegukan timbul dari efek samping obat – obatan tertentu yang digunakan, maka dokter perlu menyesuaikan dosis untuk obat tersebut atau seharusnya dokter perlu menggantinya dengan obat lain.

Jika ternyata cegukan yang berlangsung lama tidak diketahui penyebabnya walaupun telah dilakukan pemeriksaan, beberapa obat mungkin akan diresepkan oleh dokter sebagai cara mengobati cegukan. Beberapa obat tersebut yaitu gabapentin, metoclopramide, baclofen, haloperidol dan chlorpromazine.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *