Inilah Perbedaan Kucing Persia dan Anggora yang Benar
October 1, 2018
tempat penitipan anak
10 Tempat Penitipan Anak di Sekitar Jakarta Paling Rekomendasi
October 2, 2018

Begini Cara Menghilangkan Dengkuran dengan Benar

Cara Menghilangkan Dengkuran – Banyak orang salah beranggapan bahwa mendengkur adalah tanda seseorang tertidur pulas. Pada faktanya, tidak demikian. Mendengkur adalah bukti bahwa seseorang tidur dengan kondisi yang keliru.

Sebenarnya mendengkur juga dapat dijadikan sebagai indikasi penyakit. Misalnya saja apnea tidur, atau pun gangguan tidur di mana Anda akan berhenti bernapas secara tiba-tiba. Itu akan berbahaya jika terjadi dalam waktu yang lama.

Memang, yang pasti terjadi karena mendengkur adalah membuat pasokan oksigen akan berkurang sehingga justru akan menyebabkan kelelahan ketika bangun. Tubuh tidak melakukan itu secara normal kan?

Lalu, bagaimana cara menghilangkan dengkuran? Sebelumnya, kita harus tahu apa yang yang terjadi ketika mendengkur.

Pada saat mendengkur terjadi getaran pada langit-langit mulut, jaringan lunak mulut, hidung atau pun tenggorokan. Lebih tepatnya, getaran yang menimbulkan bunyi tersebut adalah karena adanya hambatan pada udara yang masuk ke tenggorokan.

Mendengkur tentu saja tidaklah normal. Walaupun bunyinya berbeda-beda, tetapi mendengkur memiliki faktor yang umumnya sama. Perbedaan suara mendengkur pada beberapa orang adalah karena letak udara itu terhambat.

Ada beberapa faktor mendengkur, yaitu salah tumpuan kepala, sinusitis, perbedaan bentuk hidung, atau pun yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara cara menghilangkan dengkuran yang bisa kamu coba.

1. Mengubah posisi tidur.

Cara menghilangkan dengkuran yang paling efektif adalah mengubah posisi tidur. Menurut penelitian, posisi terbaik adalah dengan miring ke kiri. Hal tersebut berhubungan dengan tekanan jantung. Selain itu, tidur miring sebenarnya membuat bentuk tubuh lebih ideal.

Fakta yang lain menyebutkan kebanyakan orang mendengkur adalah saat dia tidur dalam posisi telentang. Hal tersebut karena tubuh yang bertumpu pada punggung akan membuat pangkal lidah dan langit-langit pada mulut menutupi tenggorokan. Itulah yang membuat getaran pita suara.

Baca Juga  Pengertian, dan Efek Samping Vaksin HPV Adalah Sebagai Berikut

 

2. Kurangi aktivitas melelahkan

Banyak orang yang mengaku tidak memiliki kebiasaan mendengkur ketika tidur tetapi mendengkur karena kelelahan. Hal tersebut memang dapat terjadi karena otot-otot yang menegang.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasakan rileksasi dulu sebelum tidur. Perlakuan ringan pada diri juga perlu, seperti cuci muka atau mandi dengan air yang bersuhu hangat. Hal tersebut akan melemaskan otot.

3. Kurangi alkohol dan obat tidur

Menurut penelitian, mengkonsumsi alkohol kurang dari 4 jam sebelum tidur akan membuat seseorang yang sudah memiliki kebiasaan mendengkur menjadi lebih parah. Bahkan, seseorang yang tidak biasa mendengkur pun bisa berubah menjadi mendengkur.

Sama seperti alkohol, obat tidur juga akan membuat otot menjadi tegang atau bahkan mengejang. Hal itu akan membuat seseorang menjadi mendengkur. Ingat, mendengkur bukanlah tanda seseorang nyenyak atau tertidur pulas. Maka jangan percaya bahwa mabuk dan meminum obat tidur menjadi memiliki kualitas tidur yang optimal. Sesungguhnya hal itu tidak benar.

4. Membersihkan lendir

Ada beberapa kasus seseorang yang mendengkur adalah karena adanya lendir di saluran pernapasan. Jika itu yang Anda alami, maka ada beberapa perlakuan kecil yang harus dilakukan, seperti mencuci hidung dengan air garam atau mandi dengan air hangat.

Kamu bisa mulai tidur tanpa kipas angin karena hal tersebut yang biasanya akan membuat hidung berlendir ketika bangun. Anda juga harus berhati-hati dalam hal ini. Jika lendir yang ada tersebut bukan karena flu, maka bisa saja hal tersebut adalah penyakit sinusitis.

 

5. Kurangi lemak leher

Perubahan berat badan juga menjadi salah satu sebab mendengkur. Hal tersebut terjadi terutama pada seseorang yang memiliki leher besar sehingga memungkinkan adanya gangguan pada saluran pernapasan jika sedikit saja mendapat tekanan pada saat tidur.

Baca Juga  Bingung Cara Mengobati Batuk Berdahak? Coba Ikuti 10 Cara Ini

Jika kamu pernah kurus lalu berubah menjadi gemuk dan mendengkur, maka bisa dipastikan perubahan berat badan itulah yang menjadi penyebabnya.

Nah, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai mendengkur dan cara menghilangkan dengkuran. Jika cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, kamu juga bisa mempertimbangkan kondisi kamar atau pun ranjang.

Coba ubahlah atau ganti kasurmu yang mungkin terlalu keras atau malah terlalu empuk sehingga membuat posisi tubuh tidak benar. jika bukan itu, perhatikan apakah kamarmu benar-benar bersih dari debu, bulu hewan peliharaan, atau yang lainnya.

 

 

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *