manfaat masker jeruk nipis
Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui
December 22, 2018
manfaat kefir
7 Manfaat Kefir Untuk Kesehatan Tubuh Ini Jarang Diketahui
December 24, 2018

Penyebab Serta Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya- Kalau kamu berharap memiliki kulit yang bersih dan mulus sambil bertanya-tanya bagaimana menghilangkan jerawat dan bekasnya, kamu pasti tidak sendirian.

Untuk remaja yang berada pada masa puber, sebagian besar dari mereka pasti pernah mengalami masalah kulit dalam bentuk jerawat komedo, kista, maupun pustula. Jerawat merupakan kondisi kulit yang umum, dan ini lebih dari sekedar ketidaknyamanan.

Jerawat bisa menyebabkan masalah fisik dan psikologis diantaranya ancaman masalah kulit permanen, rendahnya kepercayaan diri, bahkan timbulnya rasa cemas. Pada artikel ini kami akan berbagi mengenai penyebab Jerawat, jenis-jenis jerawat, serta cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Penyebab Jerawat

Kalau kamu mengalami jerawat, kamu harus tahu sumber penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab jerawat, kamu akan lebih siap untuk mencegahnya. Hati-hati dengan beberapa faktor utama yang memicu jerawat berikut ini

1.Pori-pori tersumbat
2.Bakteri
3.Sel kulit mati
4.Genetik
5.Hormon
6.Stres
7.Rokok
8.alkohol

Jenis-jenis Jerawat

Jerawat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Langkah pertama sebelum melakukan perawatan kulit adalah mengidentifikasi jenis jerawat yang mengganggu penampilan

Baca Juga  Jangan Minder, Ini 4 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

1.Komedo (blackheads)

Komedo juga masuk dalam kategori jerawat tapi masuk dalam kategori ringan. Komedo muncul dalam bentuk titik-titik hitam kecil di kulit. Komedo biasanya muncul di wajah terutama hidung dan T-Zone, tetapi bisa muncul juga di punggung, leher, bahu, dan lengan. Komedo ini disebut juga komedo terbuka karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak tidak menutup kembali.

2.Komedo putih (whiteheads)

Kebalikan dari blackheads, komedo putih ini disebut juga sebagai komedo tertutup. Disebut tertututp karena pori-pori yang tersumbat menutup dan menimbulkan tonjolan bulat kecil berwarna putih di permukaan kulit.

3.Papula

Ketika pori-pori yang tersumbat mengalami iritasi atau infeksi, akan terbentuk tonjolan yang lebih besar dan masuk ke dalam kulit. Inilah yang dinamakan papula. Papula muncul dalam bentuk benjolan warna merah yang tidak boleh dipencet.

Ketika terjadi kumpulan papula, maka bisa terjadi ruam yang membuat kulit kasar seperti amplas. Papula lebih sulit diobati, karena itu masuk kategori jerawat yang lumayan parah. Hati-hati, memencet jerawat papula bisa menimbulkan bekas luka yang tidak hilang setelah sembuh.

4.Pustula

Pastula merupakan jenis jerawat yang mirip papula. Perbedaannya, pastula diisi cairan nanah. Adanya nanah membuat pustula terlihat berwarna putih atau kekuningan mirip lecet. Sama seperti papula, terjadinya pustula disertai peradangan di sekitarnya.

5.Nodul

Nodul merupakan jenis jerawat yang timbul karena adanya pertumbuhan jaringan abnormal di bawah lapisan kulit. Nodul umumnya muncul di wajah, leher, ketiak, dan selangkangan.

Nodul berupa gumpalan padat dengan diameter 1 hingga 2 cm, bahkan bisa berpotensi lebih besar lagi. Jerawat jenis ini harus dikonsultasikan ke Dokter karena bisa menimbulkan kondisi yang lebih serius.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Untuk menghilangkan jerawat banyak orang menggunakan metode trial and error. Mereka mencoba beberapa obat jerawat sebelum akhirnya menemukan perawatan yang tepat yang membuat wajah mulus kembali.

Sementara obat jerawat seringkali mahal dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti kulit menjadi kering, kemerahan, serta iritasi.

Hal ini mendorong orang untuk menemukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan alami ini bisa diaplikasikan untuk mengobati komedo, papula, serta pustula.

Sedangkan untuk nodul, sebaiknya kamu konsultasikan dengan Dokter karena sulit untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Nah agar jelas,berikut beberapa opsi pengobatan alami yang bisa kamu coba.

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

1.Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan hasil fermentas jus apel. Seperti cuka lainnya, cuka apel ini juga berkhasiat melawan berbagai bakteri dan virus. Cuka apel mengandung beberapa asam organik yang terbukti mampu membunuh bakteri Propionibacterium acnes atau P. acnes yang menjadi penyebab jerawat.

Untuk penggunaannya, campurkan cuka apel dengan perbandingan 1:3. Bersihkanwajah terlebih dahulu, lalu oleskan campuran tadi ke kulit menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih lalu keringkan. Ulangi langkah ini 1-2 kali per hari, sesuaikan dengan kebutuhan.

2.Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut dan kulit. Ketika diterapkan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan mengurangi peradangan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan asam salisilat dan sulfur yang ada pada gel lidah buaya mampu mengurangi jerawat secara signifikan.

Untuk penggunaannya sangat mudah, kamu tinggal mengambil gel yang ada pada bagian tengah kulit lidah buaya. Oleskan gel pada wajah, diamkan selama 3 sampai 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapat hasil maksimal, gunakan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga  Selain Stres, Inilah 7 Faktor Penyebab Jerawat Di Pipi

3.Masker dari madu dan kayu manis

Baik madu dan kayu manis merupakan antioksidan yang efektif menghilangkan jerawat. Kedua bahan alami ini juga memiliki kemampuan melawan bakteri dan mengurangi peradangan, dua hal ini menjadi faktor utama yang memicu jerawat.

Cara membuat masker adalah dengan mencampur 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis hingga membentuk pasta. Lalu oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10–15 menit. Bilas masker dengan air dingin dan tepuk-tepuk wajah kamu hingga kering.

4.Mentimun

Mentimum merupakan obat alami yang banyak digunakan di negara-negara Timur Tengah dan Asia untuk mendinginkan kulit. Kandungan vitamin A dan kalium pada mentimun sangat bermanfaat bagi penderita jerawat, baik dengan diminum maupun dioleskan langsung ke kulit.

Untuk pengobatan jerawat, kamu bisa memotong tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Kamu juga bisa menggunakannya dengan cara membuat jus mentimun. Jangan lupa untuk mengupas kulitnya karena seringkali mengandung bahan kimia. Jus mentimun bisa kamu oleskan ke kulit ataupun dengan meminumnya.

5.Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi, sehingga meminumnya sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, menerapkan langsung ke kulit juga mampu menghilangkan jerawat.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan flavonoid dan tanin dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau pada kulit mampu mengurangi produksi sebum dan jerawat secara signifikan.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3 sampai 4 menit. Biarkan hingga dingin, lalu oleskan air teh pekat ke kulit dengan menggunakan bola kapas. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Kamu juga bisa menambahkan air teh dengan madu untuk membuat masker.

Baca Juga  Arti Jerawat Di Dagu Ini Belum Diketahui Banyak Orang

Jerawat memang problem umum yang bisa membuat frustasi. Bahan-bahan alami di atas merupakan cara efektif yang telah terbukti khasiatnya. Solusi dalam artikel ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, tapi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan bahan alami lebih aman untuk kulit sehingga patut dicoba.

Namun jika kamu mendapati jerawat yang parah, ada baiknya konsultasi dengan Dokter kulit agar mendapat penanganan yang tepat.

 

 

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *