13 Khasiat Bawang Lanang Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit
September 10, 2018
manfaat daun sambung nyawa
11 Manfaat Daun Sambung Nyawa Ini Jarang Diketahui Banyak orang
September 10, 2018

10 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Dengan Bahan Alami

cara menghilangkan kapalan di tangan

Cara Menghilangkan Kapalan Di Tangan – Dalam dunia medis penebalan dan pengerasan kulit yang terjadi sebagai respon pertahanan kulit terhadap gesekan yang terjadi secara terus menerus disebut Callus. Sedangkan umumnya callus lebih akrab dikenal dengan istilah kapalan.

Kapalan sering terjadi di area – area yang terkena gesekan terus menerus seperti telapak kaki, telapak tangan dan jari – jari. Kapalan yang muncul pada kulit akan melindungi kulit dari lecet ketika bergesekan lagi dengan benda yang lebih kasar atau keras.

Sebenarnya kapalan tidak berbahaya namun bagi sebagian orang kapalan ini mengganggu penampilan dan terkadang dapat menimbulkan nyeri atau ketidaknyamanan. Karena alasan itulah beberapa orang mencoba cara menghilangkan kapalan di tangan.

cara menghilangkan kapalan di tangan

10 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Dengan Bahan Alami

Sebelum Anda mencoba cara-cara dibawah ini ada baiknya, Anda mempersiapkan beberapa bahan – bahan di bawah ini dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kapalan, diantaranya:

1. Menggunakan kulit lemon

Kulit lemon dapat membuat kulit yang kapalan menjadi lebih lunak. Cara penggunaannya, tempelkan kulit lemon bagian dalam ke area kulit yang kapalan. Kemudian plester agar kulit lemon tetap menempel dan tidak terlepas. Lakukan cara ini pada malam hari sebelum beranjak tidur dan lepaskan keesokan harinya.

2. Menggunakan kulit nanas

Kulit nanas dapat melunakkan dan melembabkan kulit yang kapalan sehingga kulit yang mengeras akan mudah terkelupas. Cara pemakaiannya hampir sama dengan kulit lemon.

Caranya, rendam tangan yang kapalan ke dalam wadah berisi air hangat selama 20 menit. Kemudian tempelkan kulit nanas bagian dalam dan plester ke area yang kapalan. Lakukan cara ini secara rutin tiap harinya menggunakan kulit nanas yang diganti tiap harinya.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kapalan Tanpa Menggunakan Obat Kimia

3. Menggunakan baking soda

Baking soda tidak hanya dipakai dalam proses pembuatan kue tetapi juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan. Ada dua cara yang bisa dilakukan dengan baking soda ini.

Cara pertama, Anda bisa merendam tangan yang kapalan ke dalam wadah yang berisi campuran air hangat yang sudah diberi 2 – 3 sendok makan baking soda dan merendamnya sekitar 30 menit.

Cara ketiga, Anda bisa membuat pasta baking soda dengan mencampurkan air secukupnya dan 2 sendok makan baking soda lalu mengaduknya hingga berbentuk pasta kental. Oleskan pasta ke bagian tangan yang kapalan dan diamkan hingga pasta terserap. Kemudian bilas setelahnya.

4. Menggunakan minyak zaitun dan kopi

Minyak zaitun terkenal dengan kemampuannya untuk melembabkan kulit. Dengan kemampuannya itu minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan. Sedangkan butiran – butiran kopi dapat digunakan sebagai scrub.

Cara pemakaiannya, campurkan minyak zaitun dan kopi secukupnya kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya oleskan campuran kedua bahan tersebut di area kulit yang kapalan sambil menggosok perlahan – lahan. Manfaat minyak zaitun ini dapat melembabkan dan manfaat kopi ini membantu menghaluskan serta mengikis kapalan.

Baca Juga  Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

5. Menggunakan cuka dan bawang putih

Cara menghilangkan kapalan di tangan selanjutnya adalah menggunakan cuka dan bawang putih. Cara ini bisa dilakukan dengan menumbuk bawang putih secukupnya kemudian menambahkan cuka secukupnya dan mengaduknya hingga rata.

Campuran kedua bahan tersebut lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga cukup mengering. Selnajutnya tempelkan bahan tadi ke bagian kulit yang kapalan sebelum tidur dan membilasnya keesokan harinya.

6. Menggunakan kentang

Cara untuk menghilangkan kapalan di tangan menggunakan kentang dapat dilakukan dengan menempelkan parutan kentang ke bagian tangan yang kapalan lalu menutupnya dengan kalin kasa. Biarkan selama 2 – 3 jam dan bilas setelahnya.

7. Menggunakan cengkeh dan air lemon

Khasiat cengkeh dan lemon dapat digunakan untuk menghilangkan kapalan. Caranya, rendam cengkeh ke dalam air lemon selama 15 – 20 menit. Kemudian oleskan ramuan ini ke bagian kulit yang kapalan dan lakukan cara ini secara rutin tiap harinya.

cara menghilangkan kapalan di tangan

8. Menggunakan teh chamomile

Teh chamomile dipercaya dapat menghilangkan kapalan. Cara penggunaannya, rendam bagian kulit yang kapalan ke dalam teh chamomile selama 15 – 30 menit. Setelahnya bilas dengan air bersih.

Baca Juga  8 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah

9. Menggunakan minyak jarak

Minyak jarak bermanfaat untuk melembutkan kulit kering dan kasar sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan. Caranya, oleskan minyak jarak ke bagian kulit yang kapalan dan membungkusnya dengan kasa. Biarkan semalam dan bilas keesokan harinya.

10. Menggunakan batu apung

Cara ampuh menghilangkan kapalan di tangan yang terakhir yaitu dengan menggunakan batu apung. Cara penggunaannya, Anda rendam bagian tangan yang kapalan ke dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit. Air rendaman tersebut dapat ditambahkan minyak esensial, perasan lemon atau cuka apel.

Setelah 15 menit, gosok bagian kulit yang kapalan dengan menggunakan batu apung. Usahakan menggosok denggan lembut, hindari cara menggosok yang terlalu keras. Setelah kulit kapalan terkikis, cuci dengan air mengalir.

Itulah tadi berbagai macam cara ampuh menghilangkan kapalan di tanggan yang bisa dicoba dengan menggunakan bahan bahan alami dirumah dan semoga saja artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *