manfaat bengkuang
Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh
September 1, 2018
cara mengecilkan pipi tembem
8 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami Dirumah
September 3, 2018

Cara Menghilangkan Kapalan Tanpa Menggunakan Obat Kimia

cara menghilangkan kapalan

Cara Menghilangkan Kapalan – Bagi laki-laki, kapalan di tangan sering dijadikan pembelaan sebagai pekerja keras dan tanda maskulin. Namun, apakah alasan itu terpakai saat ingin bersalaman dengan wanita? Ah, tentu saja hal tersebut dapat membuat Kita tidak percaya diri bukan?

Dan tentu saja kapalan jadi lebih dipermasalahkan oleh kaum hawa. Hal tersebut karena kapalan menunjukan bahwa seolah kulit tidak terawat dengan baik selain tentu saja tidak sedap dipandang.

Bahkan, di beberapa kasus yang jarang terjadi, kapalan bahkan bisa berubah menjadi luka mengangga. Lalu, bagaimana solusinya jika kita mengalami kapalan? Tenang jangan risau karena Kami punya tips untuk kamu.

cara menghilangkan kapalan

Lalu, Apakah Kapalan Itu dan Apakah Berbahaya?

Terlebih dahulu, kita harus mengetahui apakah sebenarnya kapalan itu? kapalan adalah penebalan kulit di beberapa titik tertentu pada tubuh manusia.

Pada masyarakat yang memiliki aktivitas berat, kapalan umumnya terjadi pada telapak tangan dan telapak kaki. Selain itu, kapalan dapat juga terjadi di bagian mata kaki, siku kaki, dan siku tangan, lalu apakah yang menyebabkan kapalan?

Pada dasarnya, kapalan terjadi karena adanya gesekan atau tekanan yang terlalu sering sehingga membuat kulit iritasi dan mati.

Sebagai bentuk pertahan diri dari iritasi dan kerusakan jaringan kulit, tubuh merespon dengan jaringan kulit yang berlebih sehingga penampakkannya terlihat sebagai tonjolan. Tonjolan atau penebalan sebagai reaksi kulit itulah yang disebut kapalan.

Aktivitas yang menyebabkan kapalan biasanya adalah memakai sepatu yang ketat dan berbahan keras sehingga membuat telapak kaki bergesekan, sering duduk bersila sehingga menekan mata kaki, berjalan tanpa alas kaki dalam waktu yang lama dan sering, dan memegang benda kinetis dengan tangan kosong sehingga lapisan kulit tangan rusak.

Baca Juga  Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Walaupun kadang penampakannya tidak baik untuk dipandang, sebenarnya kapalan tidak mengindikasikan masalah medis pada tubuh manusia sehingga tidak perlu mencari perawatan secara darurat.

Jika hanya karena masalah penampilan yang terganggu karena kapalan, cukup langkah-langah sederhana namun efektif yang perlu Anda lakukan. Tentunya kami memiliki tips cara menghilangkan kapalan dengan mudah dan murah. Simak terus ya!

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kapalan terjadi karena adanya tekanan dan gesekan yang terus menerus. Karena itu Anda harus memperhatikan kebiasaan apa yang sekiranya membuat bagian tubuh yang kapalan tersebut tertekan atau bergesekan

Karena akan percuma jika Anda melakukan pengobatan, namun tetap mengulangi kebiasaa yang membuat kapalan muncul. Jika tidak sempat mengobatinya pun, memberi bantalan lembut pada area kapalan juga baik dilakukan sementara menunggunya sembuh dengan sendirinya.

Inilah 8 Cara Menghilangkan Kapalan Tanpa Menggunakan Obat Kimia

cara menghilangkan kapalan

Nah, apabila Anda telah menyadari kebiasaan yang menimbulkan kapalan, selanjutnya barulah dapat dilakukan cara cara untuk menghilangkan kapalan, lalu apa sajakah itu?

1. Menggunakan Air Hangat?

Cara menghilangkan kapalan yang pertama adalah menggunakan air hangat. Karena air hangat dapat membuat sel-sel kulit mati terangkat dan memunculkan sel kulit yang baru.

Dengan sedikit gosokan, lapisan kapalan dimungkinkan ikut luruh bersama sel kulit mati. Artinya, jika kapalan yang dialami cukup tebal, Anda perlu melakukan hal ini dalam beberapa kali.

2. Gunakan Cuka Sari Apel

Apabila air hangat tidak segera meremajakan kulit Anda, maka Anda dapat menggunakan cara menghilangkan kapalan dengan tambahan cuka sari apel.

Karena kandungan asam yang terdapat dalam cuka sari apel dipercaya dapat melunakan kulit manusia. Hal itu dapat dilakukan dengan mencampurkan air dengan cuka sari apel untuk merendam bagian kapalan selama 20 menit.

Cara ini dilakukan sama seperti dengan cara menghilangkan kapalan dengan air hangat. Apabila lapisan kapalan cukup tebal, Anda harus bersabar dan jangan terburu-buru untuk mengelopek kapalan. Hal tersebut dapat menyebabkan luka dan infeksi.

3. Menggunakan Minyak Jarak

Cara menghilangkan kapalan yang selanjutnya adalah menggunakan minyak jarak. Minyak jarak mungkin sedikit sulit untuk didapatkan.

Namun, minyak jarak adalah satu obat yang ampuh untuk menghilangkan kapalan secara alami. Hal tersebut dikarenakan minyak jarak dapat membuat kulit lebih kondusif untuk digosok dan manfaat lainnya adalah kelembapan pada kulit yang terjaga.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu Untuk Rambut dan Kulit

4. Menggunakan Garam Epsom

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan adalah garam epsom. Hal tersebut karena garam epsom dapat dianggap sebagai exfoliator.

Caranya adalah dengan mencampurkan garam epsom dengan air hangat untuk digunakan sebagai perendam. Ini dilakukan agar lapisan kapal dapat terkelupas dengan sendirinya. Rasa perih mungkin akan Anda dapatkan bila ternyata pada kapal terdapat luka atau bakteri.

5. Menggunakan Batu Apung

Di kampung-kampung, cara menghilangkan kapalan dapat dilakukan dengan batu apung. Hal tersebut karena batu apung bukan jenis batu yang sangat keras dan bersifat mengalahkan kulit.

Selain itu batu apung dapat dianggap cukup lebut bagi kulit namun cukup keras bagi kapalan. Dengan cara menggosokannya perlahan dan berjeda, lapisan kapalan dimungkinkan luruh sedikit demi sedikit.

6. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Cara mudah menghilangkan kapalan yang mungkin sangat disukai oleh perempuan adalah dengan minyak dari pohon teh. Seperti yang telah banyak dikabarkan, teh memiliki kandungan anti stress yang baik bagi seluruh tubuh, termasuk kulit manusia.

Di beberapa salon kecantikan, ekstrak teh juga digunakan sebagai lulur perawat kulit. Namun, dalam kasus kapalan ini, minyak pohon teh dipercaya bisa mengobati karena mengandung antibakteri, antijamur, dan membantu meremajakan kulit.

Caranya adalah dengan mencampurkan minyak teh dengan air yang digunakan sebagai rendaman. Ramuan rendaman tersebut akan merusak kulit pada kapalan dan menumbuhkannya dengan sel yang baru.

7. Menggunakan Baking Soda dan Jus Lemon

Apabila ingin memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan, Anda dapat mencoba baking soda dan jus lemon sebagai cara untuk menghilangkan kapalan.

Hal tersebut memungkinan dengan peahaman bahwa komponen asam dari jus lemon dan natrium hidrogen karbonat dari baking soda dapat memicu reaksi yang membuat kapalan lebih mudah mengelupas.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, cara menghilangkan kapalan dengan jus lemon dan soda kue harus dilakukan dengan mencampurkan air untuk berendam.

8. Dengan Menggunakan Ampelas

Jika cara-cara mudah menghilangkan kapalan di atas tidak berhasil, maka ada cara terahir yang perlu Anda ketahui, yaitu dengan ampelas dan ampelas dapat Anda beli di toko bangunan dengan mudah.

Cara mudah menghilangkan kapalan menggunakan ampelas bukanlah mengada-ada. Namun, tentu saja bukan ampelas yang biasa digunakan untuk menggosok kayu supaya halus, tetapi ampelas yang jauh lebih halus dari itu.

Namun, Anda bisa menanyakan langsung pada penjaga toko bangunan tentang ampelas dengan tekstur yang paling halus. Ampelas yang dimaksud ini biasa digunakan oleh tukang aquarium untuk menggosok lumut halus dari kaca.

Dengan ampelas yang sama, Anda dapat menggosok kapalan, yang sebaiknya terlebih dahulu dibasahi. Lakukan cara tersebut dengan sabar.

Baca Juga  Gak Perlu Minder, Ini 6 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami

Itulah tadi pembahasan mengenai berbagai macam cara mudah menghilangkan kapalan yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa menggunakkan obat.

Apabila kondisi kapalan yang Anda alami parah seperti mengeluarkan nanah atau darah serta terjadi pada area yang lebar, jangan ragu untuk datang ke dokter secepatnya.

Sebagai tambahan informasi, kapalan memanglah tidak berbahaya, namun menjadi lain kasus apabila bagian tubuh yang kapalan tersebut bersentuhan dengan kondisi rawan bakteri seperti sepatu kotor atau luka akibat benda berinfeksi.

Untuk itu, jangan terlalu meremehkan kapalan. Sebaiknya juga Anda mencegahnya dengan kebiasaan seperti memakai sarug tangan, memberi bantalan pada bagian tubuh yang sering mendapat tekanan, memakai sepatu yang berbahan empuk dan memiliki rongga udara, serta menjaga asupan gizi yang dapat membuat jaringan kulit tidak mudah patah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *