Manfaat Buah Mahoni, Si Pahit yang Disepelekan
October 3, 2018
Bahasa Jerman Selamat Malam
Manfaat Mengucapkan Bahasa Jerman Selamat Malam Pada Kekasih
October 4, 2018

Cara Menghilangkan Kerak Gigi tanpa Scaler

Cara Menghilangkan Kerak Gigi – Kerak gigi atau karang gigi atau kalkulus gigi adalah timbunan plak pada gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit-demi sedikit. Pada awal mulanya kerak gigi ada karena bakteri yang bercampur dengan protein sisa makanan. Hal itu minimbulkan lapisan yang sangat tipis pada gigi, namun lama-kelamaan juga akan tebal.

Sebenarnya gigi punya kemampuan untuk membersihkan diri menggunakan air liur. Namun, apabila karang gigi terlalu kuat atau seseorang terlalu tidak peduli pada kesehatan mulutnya, maka gigi pun kualahan. Jika bakteri semakin banyak, maka yang terjadi selanjutnya adalah karies gigi atau gigi berlubang.

Cara Menghilangkan Kerak Gigi

Saat ini, untuk membersihkan gigi di tenaga kesehatan hanya dapat dilakukan dengan sebuah alat yang bernama “Scaler”. Alat tersebut memiliki berbagai bentuk menyesuaikan kebutuhan membersihkan gigi yang berbagai bentuk serta berbagai sisi.

Scaling gigi dapat untuk membersihkan sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Selain itu, noda yang sangat tipis seperti noda kopi atau teh juga dapat dituntaskan. Gigi bagian belakang juga akan mudah dibersihkan dengan scaler.

Namun, tentu saja Anda tidak akan pergi ke dokter gigi untuk scaling hanya karena baru saja makan daging dan benyak yang tersangkut di gigi. Scaling hanya dimaksudkan apabila seseorang mengalami noda yang benar-benar tidak bisa ditangani sikat, seperti karang gigi atau kerak gigi.

Bahkan, sebenarnya karang gigi juga dapat dihilangkan tanpa melakukan scaling ke dokter. Namun, dengan catatan bahwa kerak gigi yang ada belum terlalu parah. Beberapa cara menghilangkan kerak gigi adalah sebagai berikut.

  1. Gosok gigi

Ini adalah cara yang hampir semua orang tahu. Bahkan gogok gigi rutin adalah satu-satunya cara agar seseorang tidak memiliki karang gigi. Namun, apabila Anda sudah memiliki karang gigi, Anda mungkin membutuhkan pasta gigi yang berbeda.

Anda dapat memilih pasta gigi atau bahan dengan kandungan fluoride, pyrophosphates, zinc citrate, dan triclosan.

Anda juga dapat menggosok gigi menggunakan bahan baking soda sebagai pasta. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda ke dalam air, lalu mencelukan sikat beberapa kali sebelum menggosokkannya ke gigi.

  1. Flossing

Ada orang yang menyebut bahwa sebenarnya flosing adalah gosok gigi paling baik yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kerak gigi. Flossing sendiri adalah tindakan menggosokan gigi dengan benang. Namun, jangan dikira ini sepele. Benang yang digunakan pun harus benang gigi. Hal itu untuk mengoptimalkan tindakan dan mencegah terjadinya luka pada gusi.

  1. Berkumur dengan bahan antibakteri

Anda mungkin sudah mengenal beberapa produk mouthwash atau cairan untuk kumur. Produk-produk ini memang dimaksudkan sebagai cara menghilangkan kerak gigi. Selain membersihkan bakteri pada gigi, mouthwash dapat berguna untuk menghilangkan berbagai gangguan yang disebabkan bakteri seperti bau mulut atau sariawan.

  1. Memilih makanan dan menghindari merokok

Walaupun sebab karang gigi adalah bakteri, tetapi bukan berarti kita telah makan makanan bakteri. Bakteri muncul karena kita memakan makanan yang manis dan bertepung. Hal itulah yang membuat bakteri berkembang. Terlebih lagi apabila bakteri bertemu dengan glukosa maka akan menghasilkan zat asam yang membuat gigi rapuh.

Rokok juga diklaim menjadi masalah yang lebih besar ketimbang sisa makanan dalam masalah karang gigi ini.

  1. Mengunyah daun sirih

Cara menghilangkan kerak gigi yang selanjutnya dengan daun sirih. Sudah menjadi turun-temurun di berbagai suku bahwa mengunyah daun sirih menjadi rahasia gigi yang kuat. Nenek moyang membuktikan itu dengan gigi yang masih utuh, bahkan setelah mendekati seratus tahun umurnya.

Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih segar dan ditambah cengkeh agar memiliki rasa yang lebih bisa diterima mulut.

  1. Menggosokkan kulit jeruk

Cara yang satu ini memang cukup unik. Namun, banyak orang yang telah membuktikan bahwa menggosokkan kulit jeruk pada gigi dapat menghilangkan noda yang ada. Anda perlu berkumur setelah melakukannya, karena kulit jeruk punya rasa pahit.

 

Baca Juga  Mengenal Ibuprofen, Kegunaan Ibuprofen Dan Cara Kerja Ibuprofen

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai kerak gigi dan cara menghilangkan kerak gigi. Kesehatan mulut harus terus dijaga karena mulut adalah pintu dari semua zat yang masuk ke dalam tubuh. Apabila mulut mengalami masalah, maka bukan tidak mungkin akan terjadi komplikasi penyakit yang lainnya.

Beberapa penyakit atau gangguan yang disebabkan karena kerak gigi adalah sebagai berikut.

  1. Bau mulut.

Hal ini sudah pasti terjadi, karena kerak gigi hanya dihasilkan apabila bakteri di dalam gigi jumlahnya ada banyak. Banyaknya bakteri tersebut juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Gigi berlubang

Bakteri yang menumpuk dan menghasilkan karang gigi juga akan menghasilkan banyak asam jika setiap kali bertemu glukosa atau zat tepung. Padahl, zat tepung dan glukosan juga menjadi asupan wajib manusia.

Karena zat asam yang dikeluarkan bakteri tersebut, gigi menjadi sangat rapuh. Gigi pun akan mudah terkikis jika menemui makanan yang keras dan akan segera membuat lubang.

  1. Radang gusi

Kerak gigi, terutama yang terjadi di sekitar gusi akan membuat gusi mengalami peradangan. Hal itu ditandai mudahnya gusi berdarah ketika gosok gigi. Bahkan, pada kasusu yang lebih serius, akan timbul benjolan nanah pada gusi.

 

  1. Periodontitis

Ini terjadi ketika bakteri menginfeksi gusi yang menyangga gigi. Ketika gusi semakin parah karena radang, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Hal itulah yang menyebabkan gigi tanggal.

Jika gusi tersebut menganga, maka ada kemungkinan bakteri akan masuk ke dalam darah dan menyebabkan gangguan yang lainnya.

 

Kerak gigi memang bukan menjadi masalah yang serius pada awalnya. Namun, apabila itu dibiarkan berlarut-larut dan terus bertambah buruk maka akan menjadi lebih serius, bukan?

 

Baca Juga  Bagaimana Cara Menambal Gigi Berlubang yang Baik dan Benar?

Artikel Terkait

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *