manfaat baking powder
Tidak Hanya Untuk Bahan Membuat Kue, Ini 8 Manfaat Baking Powder
January 7, 2019
khasiat jengkol
Lupakan Bau, Inilah 5 Khasiat Jengkol dan Manfaat Jengkol
January 8, 2019

7 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Secara Alami Dengan Mudah

139 cara menghilangkan keringat buntet

Cara Menghilangkan Keringat Buntet – Pernahkah Anda mengalami bintik merah di kulit dan terasa gatal dan pedih? Jika Anda pernah mengalaminya kemungkinan Anda terkena keringat buntet. Keringat buntet dapat terjadi pada bayi, anak – anak maupun orang dewasa. Keringat buntet atau biang keringat dalam istilah medis disebut miliaria. Biasanya keringat buntet timbul karena terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar keringat sehingga keringat yang berlebihan tidak bisa keluar.

Penyebab penyumbatan yang terjadi pada saluran keringat adalah sel – sel kulit mati karena keringat yang tidak terbuang dengan sempurna. Akibatnya timbul ruam atau bintik – bintik kecil yang disertai rasa gatal, pedih dan kulit menjadi berwarna kemerahan.

Baca Juga  5 Tips Alami Menghilangkan Biang Keringat Pada bayi

Umumnya keringat buntet muncul di sekitar dahi dan leher, punggung, dada ataupun bagian – bagian tubuh yang tertutup pakaian dan bagian tubuh yang mengalami gesekan pakaian. Keringat buntet tidak berbahaya dan biasanya akan menghilang dengan perawatan kulit secara biasa dalam beberapa minggu.

Penyebab munculnya keringat buntet

penyebab keringat buntet

Keringat buntet muncul akibat tersumbatnya pori – pori atau saluran keringat pada kulit sehingga membuat keringat terjebak dibalik kulit. Itu sebabnya kulit mengalami peradangan dan menimbulkan ruam berupa kemerahan. Untuk mengetahui cara menghilangkan keringat buntet, sebaiknya kenalilah beberapa penyebab yang menghambat saluran kelenjar keringat berikut ini:

– Belum berkembangnya kelenjar keringat

Umumnya bayi memiliki kelenjar keringat yang belum berkembang sepenuhnya sehingga keringat menjadi tertahan di balik kulit. Keringat buntet lebih mudah terjadi pada bayi yang sedang dihangatkan dengan menggunakan inkubator, memakai pakaian panas atau bayi yang mengalami demam.

– Iklim yang tropis

Keringat buntet cenderung muncul karena cuaca atau suhu yang panas dan lembab.

– Kondisi panas

Menggunakan pakaian tebal ataupun selimut tebal dapat menyebabkan terperangkapnya keringat yang berpotensi menimbulkan keringat buntet.

Baca Juga  Begini Cara Menghilangkan Dengkuran dengan Benar

– Bed rest terlalu lama

Seseorang yang mengalami bed rest atau beristirahat di ranjang dalam jangka waktu yang lama akan rentan mengalami keringat buntet.

– Aktivitas fisik tertentu

Olahraga atau aktivitas fisik yang berat dan menimbulkan banyak keringat juga berpotensi menyebabkan terjadinya biang keringat.

Jenis Jenis keringat buntet

Berdasarkan letak kedalaman saluran yang tersumbat pada kulit, keringat buntet digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu :

– Miliaria crystallina
Keringat buntet ini merupakan jenis yang paling ringan biasanya ditandai dengan bintik – bintik kecil yang berisi cairan dan dapat pecah dengan mudah. Keringat buntet ini disebabkan karena saluran keringat yang berada di lapisan atas kulit tersumbat.

– Miliaria rubra

Keringat buntet ini ditandai dengan bintik – bintik berwarna merah dan terkadang disertai rasa nyeri menyengat pada kulit. Keringat buntet jenis ini seringkali terjadi pada orang dewasa.

Miliaria pustulosa

Miliaria rubra yang berkembang menjadi miliaria pustulosa ditandai dengan bintik – bintik yang mengalami peradangan dan berisi nanah.

– Miliaria profunda

Keringat buntet jenis ini merupakan jenis yang paling jarang terjadi. Biasanya jenis ini berdampak pada lapisan kulit yang lebih dalam. Keringat buntet ini bersifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini ditandai dengan bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras.

139 cara menghilangkan keringat buntet dengan alami
7 Cara Menghilangkan Keringat Buntet Secara Alami Dengan Mudah

Keringat buntet bisa segera diatasi dengan melakukan perawatan rutin. Jika keringat buntet tidak segera diobati, dikuatirkan tangan akan menggaruk keringat buntet dan akhirnya meninggalkan bekas luka. Beberapa cara menghilangkan keringat buntet diantaranya :

1. Menggunakan lidah buaya

Terdapat antiinflamasi tinggi di dalam lidah buaya sehingga lidah buaya memiliki sifat dingin dan menenangkan. Cara menghilangkan keringat buntet dengan lidah buaya dilakukan dengan mengambil gel lidah buaya kemudian menghaluskannya hingga berbentuk pasta.

Kemudian gosokkan gel lidah buaya pada keringat buntet. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat. Perawatan ini bisa dilakukan 2 kali sehari sampai keringat buntet hilang.

2. Menggunakan es batu

Es batu dapat digunakan untuk mengompres keringat buntet. Kompres es batu dapat mengurangi peradangan serta sensasi panas dan perih pada keringat buntet. Cara menghilangkan keringat buntet dengan es batu yaitu dengan meremukkan es batu menjadi kecil – kecil kemudian membungkusnya dengan serbet. Letakkan kompres tersebut pada keringat buntet selama 10 menit.

Baca Juga  8 Cara Melentikkan Bulu Mata Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah

3. Menggunakan ketimun

Ketimun memiliki sensasi dingin yang dapat membantu mengurangi rasa panas dan perih yang ditimbulkan oleh keringat buntet.

Cara menghilangkan keringat buntet dengan ketimun yaitu potong – potong ketimun menjadi irisan kecil. Kemudian haluskan ketimun dengan blender ataupun ditumbuk hingga ketimun berbentuk pasta. Selanjutnya oleskan ketimun tadi pada keringat buntet secara merata. Diamkan selam 20 – 30 menit atau sampai mengering kemudian bilas dengan air hangat.

4. Menggunakan jus lemon

Vitamin C yang terkandung dalam lemon cukup tinggi. Dengan kandungan tersebut, lemon dapat digunakan untuk mengatasi keringat buntet. Cara menghilangkan keringat buntet dengan jus lemon dimulai dengan memeras lemon dan mengambil airnya.

Kemudian campurkan sedikit tepung dengan air tersebut lalu aduk hingga berbentuk pasta. Selanjutnya oleskan pada keringat buntet secara tebal dan merata.
Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

5. Menggunakan soda kue

Soda kue atau baking soda dapat digunakan untuk mengurangi ruam dan gatal – gatal pada biang keringat. Cara menghilangkan keringat buntet dengan baking soda dilakukan dengan melarutkan 1 – 2 sendok teh baking soda ke dalam air yang dipakai untuk mandi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kerak Gigi tanpa Scaler

6. Menggunakan oatmeal

Penggunaan oatmeal sebagai cara menghilangkan keringat buntet hampir sama dengan penggunaan baking soda. Campurkan oatmeal ke dalam air yang dipakai untuk mandi.

7. Menggunakan kulit pohon beringin

Kulit pohon beringin kering yang digiling halus dan diaplikasikan pada area keringat buntet dapat membantu menghilangkan ruam, panas dan gatal – gatal. Pengaplikasian cara menghilangkan keringat buntet ini mirip seperti penggunaan bedak.

Artikel Terkait

Nama asli saya Fitria Titik Nurhayati, (Embun.Rinjani) tetapi biasanya saya hanya mencantumkan nama Fitria Titik di profil saya. Saya lahir di Jogja 27 tahun silam dan besar di kota gudeg itu.

Saya mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah di kota ini. Saya pernah bekerja selama 2 tahun di salah satu perusahaan di Kota Batam, setelah itu saya kembali ke Jogja dan bekerja di Jogja hingga saat ini.

Saya memiliki hobi traveling. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Hobi lain saya yaitu membaca, karena saya merasa dengan membaca saya bisa menambah pengetahuan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update.

Dari kesukaan membaca itu, saya jadi suka menulis. Karena bagi saya, dengan menulis saya bisa berbagi informasi kepada orang lain. Harapan saya tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ada salah satu buku yang pernah saya baca, yang menjadi favorit saya. Buku tersebut berjudul “Sang Pemimpi” karangan Andrea Hirata. Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kutipan yang selalu saya ingat “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi – mimpi itu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *