beasiswa kuliah di jerman
5 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Populer yang Perlu Diketahui
January 28, 2019
aplikasi belajar bahasa jerman
3 Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Yang Sering Digunakan
January 30, 2019

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Paling Jitu

cara menghilangkan ketombe secara alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Pada saat ketombe datang, banyak orang akan fokus pada rasa gatal dan bagaimana cara menghilangkannya dengan cepat. Gatal akan membuat tangan ingin menggaruk namun akan berbahaya bagi kulit kepala. Jika kepala digaruk dengan kuku akan menimbulkan luka dan ketombe akan semakin bertambah banyak.

Mengapa ketombe datang? Alasan ketombe datang adalah kondisi kulit kepala yang berminyak yang disebut dengan ‘seborrheic dermatitis’. Tidak menggunakan shampo secara rutin juga bisa menjadi penyebab utamanya, kotoran kulit kepala akan menumpuk dan menimbulkan ketombe.

Baca Juga  Cara Hilangkan Parut Jerawat yang Perlu Anda Ketahui

Kebersihan memang harus dijaga untuk kulit kepala agar ketombe tidak muncul. Berbagai penyebab tersebut bisa dicegah seperti mencuci rambut dengan rutin setiap dua hari dan tiga hari sekali. Mencari jenis shampo yang cocok sesuai dengan jenis kulit kepala. Apabila ketombe terus menerus muncul periksakan ke dokter.

Beberapa jenis ketombe dapat diatasi dengan mudah, namun ketika ketombe menimbulkan gatal yang tidak tertahankan dokter akan memberikan obat khusus. Obat ini berfungsi untuk menghindari pembengkakan pada kulit kepala akibat gatal pada kulit kepala yang sering digaruk.

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Paling Jitu

cara menghilangkan ketombe

Apabila ketombe datang jangan khawatir dan tidak perlu langsung memeriksakan ke dokter. Cobalah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami. Banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dengan mudah. Bahan alami ini mudah ditemukan dan dapat dibeli di mana saja. Berikut ini nama-nama bahan alami serta cara menggunakannya untuk menghilangkan ketombe.

1. Baking soda

Sangat mudah menemukan baking soda di dapur. Bahan ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kepala. Baking soda dipercaya dapat menghilangkan kulit mati pada kepala serta mengurangi ketombe dan rasa gatal. Terdapat kandungan antijamur yang sangat baik untuk mengatasi ketombe.

Baca Juga  Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Dengan 4 Bahan Alami

Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan bubuk baking soda pada kulit kepala yang sudah dibasahi. Pijat agar kulit kering mengelupas dan diamkan sekitar 2 menit lalu bilas dan gunakan shampo seperti biasa.

2. Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengatasi ketombe. Cuka apel seringkali digunakan dalam menu diet karena akan mengurangi kandungan gula dalam darah serat meningkatkan penurunan berat badan. Kandungan asam dalam cuka apel akan memberikan stimulan pada kulit kering d kepala agar mudah mengelupas.

Cuka apel akan menyeimbangkan PH pada kulit kepala sehingga menghindari jamur untuk tumbuh. Cara menggunakannya adalah dengan memijat kepala menggunakan cuka apel. Lakukan setiap sebelum keramas apabila ketombe muncul. Lalu bilas dan lakukan keramas dengan shampo seperti biasa.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang paling mudah untuk ditemukan. Lidah buaya seringkali digunakan untuk meringankan luka sehingga terasa dingin dan cepat sembuh. Khususnya pada masalah kulit yang terbakar oleh panas matahari. Nah kandungan antibakteri dan antijamur akan membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Baca Juga  6 Cara Memanjangkan Rambut Pria Dengan Bahan Alami Dirumah

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya adalah memanfaatkannya sebagai masker rambut. Bahkan kulit kepala yang gatal akan mereda dan kulit kepala yang mati akan hilang diangkat bersama gel lidah buaya. Pastikan menggunakan lidah buaya asli bukan lidah buaya yang sudah dikemas. Cukup ambil lendir dan gunakan sebagai masker rambut dua minggu sekali.

4. Minyak Kelapa

Kulit kepala berminyak memang akan menimbulkan ketombe, namun cara mengatasinya dengan minyak kelapa cukup efektif. Minyak kelapa sangat terkenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi ketombe. Beberapa studi bahkan membuktikan bahwa minyak kelapa bisa meningkatkan kadar kelembaban pada kulit.

Cara memanfaatkan minyak kelapa sebagai bahan anti ketombe adalah mengoleskan pada kulit kepala dan pijat. Lakukan setiap kali sebelum keramas, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas. Agar minyak benar-benar hilang bilaslah menggunakan air hangat baru setelahnya gunakan shampo.

cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa sampo

5. Lemon

Tidak hanya cuka apel yang mengandung asam baik untuk menghilangkan ketombe. Jika di rumah tidak memiliki cuka apel, bisa digantikan dengan lemon. Kandungan asam pada lemon mengandung antibakteri yang akan menghilangkan ketombe. Namun ingat jangan gunakan pada kulit kepala yang terluka akibat digaruk. Sebaiknya sembuhkan luka baru gunakan lemon.

Cara menggunakannya adalah peras lemon hingga dua sendok makan kemudian tambahkan air hangat satu gelas belimbing. Gunakan larutan air lemon ke seluruh bagian kulit kepala. Diamkan agar bereaksi selama beberapa menit lalu bilas. Ketombe akan langsung hilang seketika setelah kering. Hentikan pemakaian jika ketombe sudah hilang agar kulit kepala tidak kering.

6. Garam

Garam memiliki sifat abrasif, sifat inilah yang dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe dan mengangkat sel kulit mati di kepala. Garam juga memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya ketombe di kemudian hari. Jangan gunakan cara ini pada kulit kepala yang terluka karena akan membahayakan luka terbuka.

Cara menggunakannya adalah basahi kepala kemudian gosokkan garam halus pada seluruh kulit kepala. Ketombe akan jatuh dan hilang. Bilas dengan segera garam akan segera mencair setelah rambut dibilas dengan air. Jangan lupa untuk pastikan tidak ada ketombe yang masih tersisa. Keramas dengan shampo setelah menggunakan garam

7. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sangat lezat dan seringkali menjadi bumbu utama masakan Indonesia. Bawang putih pasti selalu tersedia di rumah, untuk mengatasi ketombe bawang termasuk bahan yang sangat efektif. terdapat kandungan antimikroba yang mencegah timbulnya jamur dan ketombe pada kulit kepala yang diberikan bawang putih.

Baca Juga  Inilah Cara Penggunaan dan Khasiat Masker Susu Dancow

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan bawang putih sangat mudah. CUkup tumbuk bawang putih hingga menjadi cukup halus, kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Cobalah untuk massage kulit kepala dengan campuran bawang putih dan madu. Bilas kepala dengan air hangat. Bilas hingga benar-benar bersih kemudian keramas dengan shampo.

Artikel Terkait

Embun Rinjani

Nama pena saya Embun Rinjani. Teruntuk para pembaca, terima kasih telah membaca tulisan – tulisan saya. Saya senang bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan para pembaca semuanya.

Saya memiliki hobi traveling, membaca, dan menulis. Sesuai dengan hobi saya, saya suka pergi ke tempat – tempat baru yang belum pernah saya kunjungi.

Dengan membaca, saya bisa menambah wawasan dan juga mendapatkan informasi – informasi yang update. Dari hobi membaca itu, saya jadi suka menulis. Semoga tulisan – tulisan saya bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *