8 Cara Mengusir Kecoa Berikut Cara Membasmi Kecoa
September 18, 2018
perbedaan butter dan margarin
Perbedaan Butter dan Margarin Ini Perlu Anda Ketahui
September 18, 2018

10 Cara Menghilangkan Kutu Beras Paling Ampuh Bisa Dicoba Dirumah

cara menghilangkan kutu beras

Cara Menghilangkan Kutu Beras – Menemukan kutu beras pada beras yang akan kita masak bukanlah hal yang menyenangkan bukan?.

Pasti anda akan jengkel, bahkan membuat nafsu makan hilang ketika melihat beras yang putih bersih dikotori oleh kutu hitam. Kehadiran kutu beras akan akan mengurangi kandungan nutrisi karena kutu beras akan memakan isi beras sehingga beras menjadi kopong.

10 Cara Menghilangkan Kutu Beras Paling Ampuh Bisa Dicoba Dirumah

cara menghilangkan kutu beras

Tapi jangan khawatir, karena kami akan berbagi beberapa cara menghilangkan kutu beras paling ampuh yang bisa anda coba dirumah, lalu apa sajakah itu?

1.Jemur di bawah terik matahari

Cara menghilangkan kutu beras yang pertama ini sangat sederhana, yaitu dengan meletakkan beras pada tempat yang bisa menghantarkan panas seperti seng atau loyang, kemudian jemur di bawah terik matahari. Kutu beras dijamin akan pergi dengan sendirinya karena tidak tahan dengan suhu panas.

2.Tutup dengan lap atau kain basah

Kutu beras cenderung suka dengan tempat yang basah dan lembab, sehingga anda bisa memanfaatkan lap atau kain basah untuk mengusir kutu beras dari tempat penyimpanannya. Caranya adalah dengan meletakkan beras pada tampah lalu tutup dengan kain basah dan biarkan selama beberapa menit. Kutu akan menempel di kain tersebut, sehingga beras anda terbebas dari kutu.

Baca Juga  Cara Menggunakan Peditox Untuk Membasmi Kutu Nakal Di Rambut

3.Simpan di tempat dingin atau freezer

Memasukkan kutu beras ke freezer akan mematikan kutu beserta telurnya. Caranya adalah dengan memasukkan beras ke dalam mangkuk atau panci, lalu masukkan wadah tadi ke dalam freezer. Diamkan selama beberapa jam kemudian keluarkan beras, lalu cuci beras dengan air dan buang kutu beras yang mengapung.

4.Cabe kering

Cabe kering yang tidak dipakai biasanya dibuang ke tempat sampah, padahal anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir kutu beras. Anda tinggal memasukkan cabe kering ke dalam penyimpanan beras anda. Aroma pedas cabe tidak disukai oleh kutu, sehingga membuat kutu menjauhi beras yang anda simpan.

5.Lada kering

Lada kering yang belum dihaluskan memiliki bau menyengat dalam jangka waktu lama, aroma yang menyengat ini tidak disukai oleh kutu beras. Cara untuk mengusir kutu beras adalah dengan meletakkan lada kering ke dalam wadah, kemudian letakkan wadah tadi ke tempat penyimpanan beras. Kutu beras akan lenyap beberapa jam setelah lada kering diletakkan ke dalam tumpukan beras.

Sebenarnya ada cara yang lebih ampuh, yaitu langsung menabur lada kering ke tumpukan beras, tapi ketika akan memasak nasi, anda akan kesulitan memisahkan lada kering dengan beras.

cara menghilangkan kutu beras

6.Kulit kayu manis

Manusia banyak memanfaatkan Kayu manis sebagai obat tradisional dan aromanya pun sangat harum. Tetapi tahukah anda bahwa kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir kutu beras karena aromanya ternyata tidak disukai oleh kutu beras. Caranya cukup dengan meletakkan beberapa cuilan kulit kayu manis ke tempat penyimpanan beras, maka kutu beras akan pergi dan tidak mengganggu beras kita lagi.

7.Cengkeh

Cengkeh merupakan pengusir alami bagi kutu beras karena biji cengkeh memiliki aroma yang sangat kuat. Cara mengusir kutu beras adalah dengan menaburkan beberapa biji cengkeh ke atas tumpukan beras, kemudian tutup tempat penyimpanan beras. Aroma cengkeh membuat kutu beras tidak nyaman dan pergi dari tempat penyimpanan beras anda.

8.Bubuk kopi

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bubuk kopi. Caranya tidak dengan menaburkannya secara langsung ke dalam beras, karena hal ini akan membuat beras terasa pahit.

Cara yang tepat adalah dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik, kemudian lubangi beberapa bagian plastik tadi dan letakkan plastik berisi bubuk kopi tadi di atas tumpukan beras. Kutu beras akan pergi dengan sendirinya karena tidak nyaman dengan aroma bubuk kopi yang sangat pekat tadi.

Baca Juga  8 Cara Mengusir Kecoa Berikut Cara Membasmi Kecoa

9.Daun jeruk nipis atau daun pandan

Baik daun jeruk nipis maupun daun pandan sering dipakai ibu-ibu sebagai campuran memasak. Selain itu, keduanya ternyata bisa digunakan sebagai pengusir kutu beras yang cukup ampuh. Untuk jeruk nipis, caranya adalah dengan menumbuk daun jeruk nipis, kemudian taburkan diatas tempat penyimpanan beras.

Sedangkan untuk daun pandan, anda tinggal meletakkan daun pandan ke dalam tempat penyimpanan beras yang tertutup. Cara ini sangat mudah karena daun pandan banyak ditemukan di sekitar kita.

10.Daun belimbing wuluh

Cara menghilangkan kutu beras yang terakhir adalah dengan menggunakan daun belimbing wuluh. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa tangkai daun belimbing wuluh yang sudah bersih dan kering ke dalam tumpukan beras. Cara ini walaupun sederhana, tetapi sangat efektif karena kutu beras tidak menyukai aroma menyengat belimbing wuluh ini.

Demikian 10 cara menghilangkan kutu beras yang bisa anda lakukan dirumah dengan mudah. Disarankan juga agar beras tidak disimpan dalam jangka waktu lama dalam tempat yang tertutup rapat, karena hal ini akan memicu berkembang biaknya kutu beras. Semoga tips diatas bermanfaat ya, sehingga anda dan keluarga bisa memasak nasi dengan nyaman.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *