ciri ciri campak
Sudahkah Mengenal Ciri Ciri Campak Pada Anak Dengan Benar?
November 21, 2018
cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi Dirumah
November 21, 2018

Kenali Penyebab dan 5 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

cara menghilangkan lendir di tenggorokan

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan – Flu adalah penyakit yang sering dialami manusia dan cepat sekali untuk menular. Baik orang tua atau muda masalah flu sangat mengganggu khususnya ketika hendak tidur di malam hari. Bahkan tidak hanya akan tidur seluruh aktivitas seharian akan sangat terganggu membuat Anda tidak percaya diri.

Baca Juga  Apa Itu Terapi Gurah dan Apa Manfaat Gurah Bagi Kesehatan

Apakah penyebab lendir di tenggorokan adalah flu? Tentu saja tidak ada banyak penyebab lainnya yang harus Anda ketahui agar lebih mudah melakukan pencegahan.

Beberapa orang juga merasakan lendir yang keluar pada pagi hari waulaupun tidak sedang batuk. Lendir di tenggorokan susah keluar pun akan ada cara mengeluarkannya yang mudah. Semua akan Anda temukan dalam artikel ini.

Apa Sajakah Penyebab Munculnya Lendir Di Tenggorokan?

cara menghilangkan lendir di tenggorokan

1. Sinusitis

Penyakit sinus adalah salah satu penyakit yang menyerang rongga sinus atau hidung. Ketika penyakit sinus menjadi akut maka ringga sinus telah membengkak yang akhirnya menyumbat dan membentuk lendir. Penyebab utama dari sinus adalah jamur dan juga bakteri.

Ketika Anda mengalami infeksi sinus maka ketika tertidur terlentang akan terjadi penumpukan lendir di area belakang tenggorokan dan bagian inilah yang akan terasa sakit. Penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri disebabkan oleh pole hidup atau tempat tinggal.

Lingkungan yang kotor penuh dengan debu serta lembab akan memicu terjadinya penyakit sinus dan jika tidak segera diobati akan menjadi akut.

2. Alergi

Tidak hanya karena penyakit saja namun alergi akan menjadi pemicu munculnya lendir di tenggorokan. Alergi makanan atau alergi terhadap debu membuat percepatan pembentukan lendir pada tenggorokan membuat Anda harus mengetahui darimanakah sumber alergi tersebut.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari

Jika terjadi karena makanan sebaiknya hindari makanan tersebut. Namun jika terjadi karena lingkungan kotor sebaiknya jaga kebersihan lingkungan Anda.

3. Kehamilan

Terjadinya kehamilan bisa memicu lendir dalam tenggorokan muncul. Penyebab utamanya adalah karena hormon estrogen yang dimiliki oleh wanita yang tidak stabil bahkan menjadi lebih banyak daripada biasanya.

Maka efek sampingnya lendir di tenggorokan juga akan menimbulkan hidung mampe, batuk dan bersin-bersih. Apabila ibu hamil merasakan gejala ini sebaiknya periksa ke dokter spesialis kandungan dan minta resep untuk menguranginya.

4. Efek samping karena obat

Anda yang sedang menjalani pengobatan bisa saja mengalami masalah tenggorokan berlendir. Ini disebabkan efek samping oleh obat tertentu yang tidak cocok untuk digunakan. Selain lendir obat juga bisa menimbulkan gatal pada tenggorokan yang tak tertahankan. Nah jika masalah ini muncul sebaiknya lakukan pencegahan dengan langsung periksa ke dokter untuk mendapatkan obat lainnya.

5. Terlalu sering merokok

Merokok adalah penyebab utama lendir pada tenggorokan. Bagi Anda perokok berat maka akan terjadi iritasi di sistem penapasan internal dan produksi berlebih lendir di tenggorokan tidak akan terkontrol. Selain lendir perokok juga akan mengalami batuk yang tak tertahankan. Pencegahannya sebaiknya mengetahui efek merokok yang parah harus disadari dipahami sejak awal sehingga tidak akan melakukan kegiatan merokok sama sekali.

Baca Juga  Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan akibat merokok adalah harus benar-benar berhenti. Tidak ada jalan keluar lain lagi selain berhenti merokok jika Anda sudah merasakan lendir muncul di tenggorokan. Anda akan sering meludah karenanya. Bahkan tidak hanya itu penumpukan lendir di paru-paru bisa saja sudah terjadi. Anda harus melakukan terapi khusus yang diberikan oleh dokter.

5 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Dengan Alami Dirumah

cara menghilangkan lendir di tenggorokan

Penyebab dan pencegahan dari munculnya lendir pada tenggorokan telah diketahui. Namun jika lendir sudah muncul di tenggorokan apakah yang harus dilakukan? Bagaimanan cara mengatasinya dnegan baik dan apakah ada obat tertentu yang harus dikonsumsi?

Tenang saja ada banyak Cara mengeluarkan lendir di tenggorokan dengan cepat baik dengan obat maupun dengan cara yang alami. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkannya dengan mudah? Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan.

• Perbanyak konsumsi buah

Ada banyak sekali jenis buah yang mengandung banyak vitamin, mulai dari vitamin A hingga K. Namun salah satu vitamin yang paling banyak dibutuhkah oleh penderita penumpukan lendir di paru-paru adalah vitamin C. Fungsi dari vitamin C adalah untuk memperkuat jaringan pada tubuh dan memperbaiki sel yang telah rusak.

Jika Anda tidak memiliki metabolisme yang baik maka mekaan buah mengandung banyak vitamin C akan mempercepat perbaikannya. Buah yang mengandung banyak vitamin C antara lain adalah jeruk, sirsak, wortel, tomat, kiwi, melon.

• Perbanyak makan sayur

Serat adalah salah satu bahan makanan pelancar dahak. Serat yang ada dalam sayuran akan sangat cepat melancarkan dahak di tenggorokan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung karena flu menggunakan berbagai jenis sayuran adalah cara yang paling ampuh dan mudah untuk dipilih.

Bagi Anda yang mengalami sakit flu dengan penumpukan lendir berlebih di tenggorokan konsumsi sayur mentah seperti lalapan agar cepat sembuh.

• Madu dan jahe

Bagi penderita flu atau alergi terhdap debu yang akhirnya menimbulkan lendir di tenggorokan bahkan paru-paru akan sangat mudah jika menghilangkannya dengan ramuan tradisonal. Madu dan jahe adalah ramuan tradisional yang sangat terkenal untuk menghilangkah dahak. Anda perlu mengkonsumsinya setiap hari jika masalah muncul berlebihan maka Anda bisa mengkonsumsinya pagi dan malam.

Cara membuatnya adalah dengan merebus jahe yang telah dibakar dan digepuk bersama dengan dua gelas air. Rebus hingga air menyusut menjadi 1 gelas air kemudian Anda bisa menambahkan satu sendok makan madu. Minum selagi panas. Jahe memiliki kandungan antiseptik yang akan membasmi bakteri penyebab dahak di tenggorokan sedangkan madu akan memperkuat metabolisme tubuh.

• Perbanyak air dan daun mint

Air adalah salah satu bahan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi. Cara menghilangkan lendir di paru-paru salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air putih secara rutin. Jika lendir sangat banyak sebaiknya minum air putih yang hangat setiap pagi. Minumlah dua gelas.

Jika Anda ingin segera sembuh tambahkah dan mint yang telah ditumbuk. Daun mint akan membuat tenggorokan menjadi lega dan lendir akan mulai berkurang dengan sendirinya. Jika ingin menambahkan daun mint cukup konsumsi dua kali sehari ingat jangan menggunakan air es karena es akan membuat lendir di tenggorokan menjadi beku.

• Mencium uap air hangat

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan paling mudah Anda bisa menggunakan uap air hangat. Ini akan menstimulus lendir di tenggorokan dan menjadi hilang perlahan.

Baca Juga  Benjolan Di Kelopak Mata, Bisa Jadi itu Kalazion Ini Penyebabnya

Caranya adalah rebus air hangat dalam panci tidak perlu banyak secukupnya saja setelah mendidik hirup udara air hangat tersebut hingga tenggorokan terasa hangat dan lega. Ini akan membuat lendir berkurang. Anda bisa juga memberikan rempah-rempah agar aromanya lebih segar.

Artikel Terkait

Felichyta Yuliarti

Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger.

Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis.

Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis.

Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya. Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *