aplikasi pengusir tikus
Mau Usir Tikus Tanpa Lem? Download Aplikasi Pengusir Tikus Ini
September 25, 2018
nomor bedak wardah untuk kulit sawo matang
Ini Dia Nomor Bedak Wardah Untuk Kulit Sawo Matang
September 25, 2018

Ini Dia Cara Menghilangkan Milia Atau Jerawat Bayi Dengan Bahan Alami

cara menghilangkan milia

Cara Menghilangkan Milia – Setiap orang tentunya menginginkan kulit yang mulus dan bersih, terutama perempuan. Sayangnya terkadang muncul masalah kulit yang mengganggu penampilan kita seperti jerawat, komedo, noda hitam, maupun milia.

Milia memang mirip jerawat dengan ukuran kecil-kecil jerawat bayi. Meskipun bentuknya kecil dan tidak berbahaya bagi kesehatan, tapi ternyata membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Apa Itu Milia ?

Milia atau kista milium adalah bintil putih di bawah mata, hidung, pipi, atau bagian lain pada tubuh. Bintil-bintil ini biasanya tidak menimbulkan gatal atau nyeri, tapi menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Bintil ini terjadi karena kulit tidak terkelupas dengan baik. Pada milia terkandung protein keratin yang terperangkap di bawah jaringan epidermis kulit.

Penyebab Milia

Ada beberapa penyebab terjadinya milia, diantaranya karena terlalu sering terkena sinar matahari, penggunaan krim berat yang mengandung krim steroid dalam jangka waktu lama, kemerahan karena masalah kulit, atau juga karena luka bakar.

cara menghilangkan milia

Bagaimana Cara Menghilangkan Milia ?

Milia dapat dialami semua orang pada semua usia. Milia biasa terjadi pada bayi dan tidak membutuhkan penanganan khusus karena akan hilang dengan sendirinya. Tetapi jika milia yang terjadi pada orang dewasa dan tidak segera hilang, maka berikut beberapa cara menghilangkan milia menggunakan bahan alami :

1.Madu

Madu memiliki kandungan anti oksidan dan humektan yang menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak kering.

Selain itu madu mengandung asam amino dan vitamin yang membantu mengelupas kulit secara alami dan mengganti sel-sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab milia.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Dengan Bahan Alami

Untuk kamu yang ingin menghilangkan milia dengan madu, caranya cukup dengan menggunakan madu sebagai masker dan oleskan ke seluruh permukaan wajah. Lalu biarkan sekitar 15-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2.Gula Pasir

Cara menghilangkan milia berikutnya adalah menggunakan gula pasir. Gula pasir ternyata dapat berfungsi sebagai exfoliator atau mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya adalah dengan memeras buah lemon, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan minyak zaitun.

Basahi wajah dengan air lalu oleskan campuran tadi ke area wajah yang terdapat milia. Diamkan selama sekitar 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin tiga kali seminggu hingga milia hilang

3.Air Mawar

Bunga mawar tidak hanya memiliki bentuk yang indah dan wangi yang berkelas, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatam kulit. Kita bisa memanfaatkan air mawar yang merupakan hasil dari penyulingan kelopak bunga mawar. Air mawar telah digunakan sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan kulit sejak zaman dahulu. Air mawar sendiri memiliki sifat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan pada kulit.

Cara menghilangkan milia dengan air mawar sangat mudah, anda tinggal menyemprotkan air mawar ke kulit. Lakukan secara rutin tiga kali sehari hingga milia hilang dari kulit anda.

4.Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah biaya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional serta sebagai bahan alami dalam perwatan rambut dan kulit. Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan senyawa asam amino, sehingga lidah buaya bermanfaat untuk meredakan radang dan membantu meregenerasi kulit.

Dengan banyaknya kandungan pada lidah buaya tadi, tidak mengherankan jika tanaman ini ampuh untuk menghilangkan milia.

Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terkena milia. Biarkan sepanjang malam dan bilas dengan air hangat pada pagi harinya. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali sehari sampai milia benar-benar hilang dari kulit kamu.

cara menghilangkan milia

Cara Mencegah Milia

Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum terlambat, Kamu bisa menghindari munculnya milia dengan beberapa kebiasaan berikut ini :

•Bersihkan wajah secara teratur sehingga mencegah kotoran menumpuk pada pori-pori kulit

•Gunakan topi dan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan sehingga kamu tidak terkena matahari langsung

•Hindari penggunaan kosmetik yang berlebihan

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen

Nah, demikian dulu ya tips dari kami mengenai cara menghilangkan milia dengan menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin menghilangkan milia tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Semoga berhasil ya!!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *