toefl ibt adalah
Apakah TOEFL IBT Itu? TOEFL IBT Adalah Test TOEFL Dengan Internet
November 9, 2018
penyebab penyakit difteri
Penyebab Penyakit Difteri, Infeksi Mematikan yang Harus Dihindari
November 10, 2018

Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Menghilangkan Varises Dengan Alami

cara menghilangkan varises

Cara Menghilangkan Varises – Pernahkah anda melihat urat-urat kaki yang tampak menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua dengan bentuk seperti simpul atau pilinan tali? Jika hal itu terjadi pada anda, jangan anggak sepele karena bisa jadi itu adalah tanda varises.

Baca Juga  Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius

Menurut istilah kedokteran, varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi akibat penumpukan darah. Varises bisa terjadi pada semua pembuluh vena yang ada di tubuh, tapi paling sering terjadi ada kaki terutama betis. Hal ini terjadi karena kaki mengalami tekanan yang besar ketika berdiri atau berjalan.

Apa Penyebab Varises?

cara menghilangkan varises

Di dalam pembuluh vena terdapat katup yang fungsinya untuk memastikan darah yang sudah melewatinya tidak kembali lagi. Pada penderita varises, katup ini sudah tidak dapat menutup dengan benar.

Akibatnya, darah yang seharusnya dialirkan ke jantung, justru kembali ke pembuluh vena hingga terjadi penumpukan darah dan akhirnya menyebabkan pembengkakan.

Tanda-Tanda dan Gejala Varises yang perlu Anda ketahui:

Varises bisa ditandai dengan munculnya gejala-gejala berikut ini

1.Pembuluh vena tampak menonjol dengan warna biru atau ungu tua

2.Kaki terasa berat dan panas, terutama setelah berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama

3.Kram otot kaki

4.Perubahan warna kulit bagian bawah atau kulit tampak kering

5.Rasa gatal pada kulit yang menutupi varises

Bagaimana Cara Menghilangkan Varises Dengan Alami?

Sebenarnya operasi bedah merupakan cara yang dijamin bisa menghilangkan varises. Tapi jika varises masih pada tingkat ringan, anda bisa melakukan perawatan secara mandiri di rumah.

Tujuannya adalah untuk meredakan gejala, mengurangi rasa sakit, mencegah varises tambah parah, serta mengurangi atau bahkan menghilangkan tonjolan pembuluh vena agar tidak terlihat. Nah, berikut ini perubahan gaya hidup serta perawatan mandiri yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi varises

1.Olahraga secara rutin

Orang yang mengalami varises di kaki terkadang khawatir bahwa berolahraga akan membuat varises semakin memburuk.

Tapi olahraga yang tepat dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kaki sehingga membantu mengurangi varises. Setiap olahraga yang melibatkan kaki seperti renang, jalan kaki, jogging, aerobik yang dilakukan secara teratur akan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan varises.

Baca Juga  8 Penyebab Anak Mimisan Yang Harus Anda Waspadai Sekarang Juga

Olahraga tersebut dapat meregangkan dan memperkuat pembuluh darah pada kaki. Jika anda belum terbiasa olahraga secara rutin, mulailah pelan-pelan dengan intensitas ringan dulu. Bahkan olahraga ringanl seperti jalan kaki selama 30 menit dapat meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh anda, terutama sirkulasi darah di sekitar kaki.

2.Hindari berdiri atau duduk terlalu lama

Kebiasaan berdiri dan duduk yang terlalu lama akan rentan terkena varises. Mempertahankan posisi kaki dalam jangka waktu lama akan mengurangi sirkulasi darah di sekitar kaki. Kebiasaan ini juga membuat beban yang ditanggung pembuluh vena di kaki semakin besar.

Sehingga disarankan agar mengubah posisi atau menggerakkan kaki setiap 30 menit. Bahkan kalau perlu anda bisa berjalan-jalan di sekitar kantor atau melakukan peregangan agar terhindar dari risiko varises.

3.Tinggikan kaki saat tidur

Apakah anda pernah mendengar tidur terlentang dengan posisi kaki yang ditinggikan menggunakan tiga atau empat bantal? Untuk mengatasi varises, anda bisa mencoba cara ini. Karena ternyata meninggikan kaki saat tidur dipercaya meningkatkan sirkulasi darah pada kaki anda sehingga mengurangi bengkak dan nyeri akibat varises.

Baca Juga  7 Faktor Penyebab Mimisan dan Tips Mengatasi Sering Mimisan

Selain meninggikan kaki saat tidur, anda juga bisa melakukan aktivitas menaikkan kaki kapanpun anda mau. Misalnya setelah selesai olahraga atau bersih-bersih rumah, tempatkan badan pada posisi tidur/terlentang, lalu naikkan kaki ke tembok sehingga posisi kaki lebih tinggi daripada jantung. Cara ini bisa melancarkan aliran darah dari kaki ke jantung.

4.Menghindari pakaian ketat

Menghindari pakaian ketat dan sepatu hak tinggi (high heels) akan mengurangi risiko terkena varises. Karena kedua pakaian yang dianggap mode ini membuat darah lebih sulit mengalir pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah semakin tertekan dan kemudian menimbulkan radang dan pembengkakan.

5.Memakai stocking khusus varises

Cara menghilangkan varises selanjutnya adalah dengan menggunakan alat bantu berupa stocking. Stocking khusus varises atau biasa disebut sebagai stocking kompresi merupakan sejenis kaus kaki elastis yang dirancang untuk memberikan tekanan pada otot dan pembuluh vena sehingga mampu menciptakan sirkulasi darah yang lancar.

Tekanan pada kaki dan pergelangan kaki akan membantu pembuluh darah memompa darah kembali ke jantung dan hanya sedikit darah yang statis di daerah kaki dan betis. Anda dapat memakai stocking kompresi saat beraktivitas sehari-hari maupun ketika sirkulasi darah di kaki terganggu.

6.Memperbaiki pola makan

Beberapa jenis makanan seperti gula, kafein, makanan olahan, tembakau, serta alkohol bisa menyebabkan kerusakan arteri serta sirkulasi darah yang buruk sehingga menjadikan varises makin memburuk.

Sebaliknya cara menghilangkan varises dengan makan makanan segar dengan kadar garam rendah dan kadar serat tinggi mampu mengurangi tekanan pada pembuluh darah, sehingga dampak varises bisa diminimalkan.

Makanan Untuk Meredakan Varises

cara menghilangkan varises

Beberapa makanan yang bisa meredakan varises diantaranya

•Makanan kaya serat yang menyehatkan jantung serta melancarkan sirkulasi darah, diantaranya sayuran dan buah segar seperti alpukat, apel, pisang, wortel, brokoli, dan bayam.

•Makanan kaya antioksidan, vitamin C, dan vitamin E mampu membantu memperkuat pembuluh darah dan mencegah peradangan, diantaranya pepaya, brokoli, strowberry, kembang kol, maupun mangga.

Baca Juga  Kenali 7 Penyebab Sariawan Di Lidah dan Cara Mudah Mengobatinya

Jika cara menghilangkan varises secara mandiri tersebut tidak dapat meredakan atau kondisi justru semakin parah, segeralah konsultasi ke dokter. Umumnya dokter akan melakukan prosedur bedah, karena dengan cara ini otomatis akan menyingkirkan varises yang sangat mengganggu tersebut.

Sebelum menjalani pengobatan medis, ada baiknya anda coba melakukan perawatan secara alami terlebih dahulu. Selain menyehatkan, perawatan alami tadi juga aman untuk dilakukan. Jadi, selamat mencoba ya. Bye bye varises!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *