cara alami meluruskan rambut
Cara Alami Meluruskan Rambut Paling Efektif
January 16, 2019
kata kata bahasa inggris motivasi
Gunakan Kata kata Bahasa Inggris Motivasi untuk Mengawali Harimu
January 17, 2019

Cara Menghitung IMT Dengan Rumus IMT Dengan Mudah

cara menghitung imt

Cara Menghitung IMT Dengan Rumus IMT – Berat badan yang ideal adalah idaman semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Sehingga tidak heran, banyak orang melakukan berbagai macam usaha untuk mendapatkannya. Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu cara agar kesehatan kita akan tetap terjaga dan juga untuk mencegah dari berbagai macam penyakit

Memiliki berat badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus tentu saja tidak baik bagi kesehatan, lalu bagaimana cara mudah untuk mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal? Salah satu cara paling populer dan mudah belum adalah dengan cara menghitung Body Mass Index (BMI) yang dalam bahasa indonesia disebut sebagai Index Massa Tubuh atau IMT. IMT dipergunakan sebagai salah satu cara mengukur kenormalan berat badan berdasarkan tinggi tinggi tubuhnya

Baca Juga  Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah dan Tepat

Mungkin masih ada yang belum tahu cara menghitung IMT, padahal mengetahui hal ini sangat penting karena dengan menggunakan rumus IMT yang sangat sederhana kita akan tahu apakah berat badan kita sudah ideal atau belum.

Apa itu IMT?

IMT merupakan nilai perbandingan berat relatif seseorang terhadap tinggi badannya. Melalui perhitungan IMT, seseorang akan mengetahui berat badannya masuk kategori kurang, normal, atau berlebih.

IMT merupakan metode perhitungan mudah untuk mengetahui informasi dasar terhadap masalah berat badan. Angka ini bisa digunakan sebagai peringatan awal untuk melindungi seseorang dari penyakit yang diakibatkan obesitas.

cara menghitung imt

Cara Menghitung Rumus IMT Dengan Rumus IMT Dengan Mudah

Cara menghitung rumus IMT dengan rumus IMT sangat mudah yaitu dengan membandingkan berat badan dengan tinggi badan anda. Cara menghitung IMT adalah berat berat badan (dalam kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam m2). Di bawah ini adalah rumus IMT dan pembagian kategori IMT untuk orang yang hidup di kawasan Asia Pasific

rumus imt

Dari tabel diatas terlihat bahwa untuk populasi orang Asia, termasuk indonesia, seseorang dikatakan memiliki berat badan normal jika memiliki IMT antara 18,5 – 22,9. Di bawah 18,5, seseorang dikatakan memiliki berat badan kurang. Saat IMT seseorang menyentuh angka 23-24,9, maka dia masuk kategori mengalami kelebihan berat badan. Seseorang yang obesitas memiliki IMT di atas 25.

Contoh Cara menghitung IMT Dengan Mudah

Misalkan seseorang memiliki berat badan 70 kg dengan tinggi 170 cm, jika kita ingin menghitung indeks IMT, berikut ini proses menghitungnya

Baca Juga  Cara Menghitung Siklus Haid Dengan Kalender Menstruasi Dan Manfaatnya

Berat badan : 70 kg
Tinggi badan : 170 cm = 1,7 m
IMT = Berat badan/(tinggi badan x tinggi badan) = 70/(1,7 x 1,7)=24,2
IMT = 24,2

Pada contoh diatas, didapatkan IMT 24,2. Sehingga kita bisa mengatakan orang tersebut mengalami kelebihan berat badan. Agar memiliki berat badan yang ideal dengan tinggi badan 170 cm, seharusnya orang tersebut berat badan maksimalnya adalah 66 kg.

Sebagai tambahan informasi, hasil perhitungan dengan metode ini masih bersifat umum, tetapi tidak bisa diaplikasikan untuk kasus tertentu, misalkan ibu hamil, binaragawan, atau orang dengan aktivitas sangat tinggi. Artinya bisa jadi IMT mereka di atas normal, tapi bukan berarti mereka tidak sehat dan punya lemak berlebih.

IMT bisa memberikan informasi apakah berat badan kita sudah ideal atau belum, tetapi tidak bisa mengetahui apakah kita terlalu banyak lemak atau tidak. Karena metode rumus IMT ini tidak bisa membedakan lemak atau otot. Jadi untuk mendapatkan hasil diagnosa yang akurat, kita perlu mempertimbangkan faktor lainnya seperti usia, tingkat aktivitas fisik, maupun perbandingan massa otot dan lemak dalam tubuh.

Misal seorang atlet binaraga bisa jadi memiliki IMT yang tinggi, tetapi bukan berarti mereka tidak sehat, karena berat badan mereka yang berlebih bukan diakibatkan kelebihan lemak tetapi karena massa otot mereka yang besar. Begitu juga orang tua yang sudah kehilangan banyak otot, bisa jadi memiliki IMT yang ideal dan masuk kategori normal meskipun mungkin sebenarnya mereka memiliki kelebihan lemak.

rumus imt

Apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui Indeks Massa Tubuh kita?

Perhitungan IMT memang tidak mewakili diagnosa menyeluruh dari kondisi kesehatan seseorang, tetapi mengetahui Indeks

Baca Juga  Ingin Hidup Sehat? Konsumsi 6 Makanan yang Mengandung Vitamin B Ini

Massa Tubuh membantu seseorang untuk kontrol diri jika hasil perhitungan IMT di luar angka normal. Jika anda mengalami masalah berat badan dan sulit mendapatkan berat badan normal, disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengapa menjaga berat badan ideal itu penting?

Perhitungan IMT bukan satu-satunya penentu apakah berat badan kita bermasalah atau tidak, tetapi paling tidak sebagai pengingat untuk menjaga berat badan. Karena menjaga berat badan ideal itu penting bagi kesehatan kita. Dengan memiliki berat badan normal, kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti dapat beraktivitas dengan lebih baik, lebih percaya diri dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sebaliknya orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya rentan terhadap berbagai jenis penyakit seperti jantung, darah tinggi, diabetes, gangguan pernapasan maupun stroke. Begitu juga orang yang berat badannya di bawah normal, mereka berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti merasa lemas, osteoporosis, maupun gangguan pada jaringan kulit.

Baca Juga  33 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Sakit Maag Paling Lengkap

Kesehatan adalah anugerah yang sangat mahal, oleh karena itu penting untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan menjaga pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup.

Nah, dengan menggunakan cara menghitung IMT ini, sekarang anda sudah bisa mengetahui apakah berat badan sudah ideal atau belum kan? Semoga penjelasan tentang perhitungan IMT ini dapat menginspirasi anda untuk mendapatkan berat badan ideal dengan menerapkan pola hidup sehat.

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *