manfaat kapsida
Inilah 4 Manfaat Kapsida Untuk Kulit dan Harga Kapsida
June 14, 2019
cara membuat slime dari lem povinal
Tak Perlu Beli, Ini Cara Membuat Slime dari Lem Povinal Dirumah
June 15, 2019

Perhatikan, Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

cara menghitung masa subur setelah haid

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid – Ketika merencanakan kehamilan, kita harus tahu bahwa sel-sel telur yang dilepaskan ovarium akan menunggu selama 24 jam setelah ovulasi untuk dibuahi sperma. Oleh sebab itu sebaiknya kita menghitung kapan sel telur itu mulai siap menunggu agar pembuahan tepat dilakukan.

Untuk itu, kita dapat melakukan analisis yang bisa dipersiapkan sejak pengamatan selama 8 bulan terakhir. Semakin banyak siklus menstruasi yang kita catat akan membuat rumus menjadi lebih akurat.

Rumus Menghitung Masa Subur

Untuk mengetahui masa ovulasi itu, ada beberapa rumus yang dapat digunakan sebagai cara menghitung masa subur setelah haid, salah satunya adalah dengan mengurangi siklus terpendek dengan angka 18 dan mengurangi siklus terlama dengan angka 11.

Pengurangan siklus terpendek akan menjadi hari pertama masa subur, sementara pengurangan siklus terlama akan menjadi hari terakhir masa subur.

cara menghitung masa subur setelah haid dengan mudah
Perhatikan, Ini Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

Dalam cara menghitung masa subur setelah haid, pertama-tama ketahui siklus menstruasi terpendek yang pernah terjadi belakangan, misalnya 27 hari. Kurangi angka pada siklus terpendek tersebut dengan angka 18. Pada contoh tersebut 27-18 hasilnya angka 9. Angka 9 harus dicatat sebagai hari pertama ketika masa paling subur tiba setelah haid.

Selanjutnya, dalam cara menghitung masa subur setelah haid kita juga memerlukan siklus menstruasi paling lama yang pernah dialami dalam 8 terakhir tersebut, misalnya 32 hari. Kurangi angka 32 hari tersebut dengan angka 11. Dalam contoh ini 32-11 didapatkan hasil 21. Angka 21 tersebut merupakan hari terakhir masa subur.

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Salah Satunya Makanan Simbol Cinta

Dengan kata lain, cara menghitung masa subur setelah haid tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa masa subur terbaik adalah 9 hari setelah haid hingga 21 hari setelah haid. Pada hari-hari di antara hari ke-9 hingga ke-21 tersebut dapat dilakukan pembuahan sel telur untuk memperoleh hasil maksimal.

Angka-angka hasil penghitungan cara menghitung masa subur setelah haid tersebut bisa berubah apabila terjadi perubahan juga pada lama masa menstruasi, misalnya dari yang biasanya selama 2 hari menjadi 5 hari.

Oleh karena itu, semakin lama bulan ke belakang atau banyak masa siklus menstrusi yang dihitung akan semakin baik guna mendapatkan hasil yang lebih akurat.

ciri ciri masa subur

Ciri-ciri Datangnya Masa Subur secara Fisik

Rumus sederhana cara menghitung masa subur setelah haid tersebut akan semakin akurat apabila diikuti beberapa ciri yang dapat kita amati atau rasakan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Cara Menghitung IMT Dengan Rumus IMT Dengan Mudah

1. Meningkatnya suhu tubuh.

Suhu tubuh yang meningkat tidak hanya ketika di luar ruangan atau terkena terik matahari, melainkan suhu tubuh ketika bangun tidur. Suhu basal tubuh yang meningkat akan menunjukan di atas 36,6 derajat celcius atau sesuai kondisi normal masing-masing orang.

2. Adanya lendir yang keluar dari mulut rahim.

Munculnya cairan yang encer dari mulut rahim menunjukan adanya perubahan kadar hormon esterogen di dalam tubuh, akan tetapi hal yang dimaksud berbeda dengan keputihan.

Lendir yang keluar karena ovulasi akan berwarna bening menyerupai putih telur mentah, licin, dan lebih elastis. Dalam fungsinya, cairan tersebut berguna untuk mempermudah sperma masuk menuju sel telur.

3. Perubahan emosi.

Pada masa subur, perempuan lazimnya akan lebih bergairah, semangat, dan cenderung mudah untuk untuk bersosialisasi.

4. Nyeri di Pinggang

Beberapa perempuan akan merasakan nyeri pada bagian perut atau pinggang menjelang ovulasi, tetapi juga ada yang justru pada saat masa ovulasi. Hal tersebut lebih umum dialami wanita ketika masa menstruasi datang.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *