penyebab mimisan
7 Faktor Penyebab Mimisan dan Tips Mengatasi Sering Mimisan
November 5, 2018
kegunaan daun sirih
Inilah 9 Kegunaan Daun Sirih dan Cara Menggunakannya
November 6, 2018

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Sesuai Jenis Penyebabnya

cara mengobati hidung tersumbat

Cara Mengobati Hidung Tersumbat – Sahabat, sebelum mencari cara mengobati hidung tersumbat, perlu kamu tahu bahwa ada beberapa penyebab kenapa hidung sampai mampet atau tersumbat lendir. Umunya, lendir muncul di dalam hidung secara berlebihan karena ada gangguan jaringan di dalam hidung.

Gangguan yang dimaksud dapat berupa iritasi karena menghirup terlalu banyak polusi dan asap rokok, serta asap mesin. Selain itu, hidung mampet juga bisa terjadi karena adanya masalah alergi, infeksi, dan penyakit sinusitis.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dan Penyebab Bintitan

Ketika ada udara terkontaminasi polusi atau pun memang alergi pada materi yang dibawa udara, selaput lapisan saluran hidung akan mengalami peradangan. Nah, pada saat itulah lendir muncul sebagai respon tubuh utuk mengusir materi azing yang tidak sengaja masuk ke dalam hidung. Namun, efeknya adalah lubang hidung yang penuh lendir dan sulit terlewati udara.

Inilah Penyebab Hidung Mampet Atau Tersumbat Dilihat Dari Gejalanya

Secara sederhana, hidung tersumbat adalah gejala penuhnya lubang hidung oleh lendir. Namun, ada beberapa gejala lain yang dapat dilihat sebagai indikasi penyebab hidung tersumbat itu dapat terjadi. Misalnya, seperti yang ada di bawah ini.

1. Hidung Mampet Disertai Batuk

Jika seseorang mengalami hidung tersumbat disaat flu dan disertai batuk, maka sebenarnya itu menunjukan bahwa ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan tidak ditangkis oleh ontioksidan.

Baca Juga  Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

Namun, selain itu, pilek yang disertai batuk juga dapat mengindikasikan adanya gangguan pada saluran pernapasan hidung dan tenggorokan berupa infeksi atau pun peradangan.

Apabila tidak memburuk, hidung tersumbat sekaligus batuk yang menyertainya akan hilang dengan sendiri pada hari ke-7 atau ke-10.

2. Hidung Mampet karena Influenza

Lendir didalam hidung bisa juga muncul karena adanya gangguan di bagian tenggorokan dan paru-paru, atau yang lebih dikenal dengan influenza. Jika antioksidan terus diberikan kepada tubuh, maka ini juga dapat sembuh dengan sendirinya.

3. Hidung Mampet karena Sinusitis

Tahukah kamu bahwa penyakit sinusitis kebanyakan diawali dari sakit ringan seperti pilek dan batuk. Namun, sinusitis tentu tidak seringan batuk dan pilek.

Ketika seseorang mengalami sinusitis, maka akan terjadi peradangan disertai bengkak sehingga lubang hidung akan menyempit. Itu menjadi lebih sulit ketika tubuh mengeluarkan lendir sebagai perlawanan pada virus yang masuk.

4. Hidung Mampet karena Alergi

Alergi juga menjadi penyebab hidung tersumbat paling umum. Lalu bagaimana cara mengobati hidung tersumbat?

Ada banyak sekali alergen yang tentu berbeda-beda bagi setiap orang, seperti debu, bulu hewan, hingga serbuk bunga.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Tentu saja bukan udaranya yang membuat alergi, tetapi materi yang dibawa udara tersebut. ketika tubuh menerima udara yang terkontaminasi tersebut, maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan berbagai cara untuk mempertahankan diri, salah satunya adalah lendir pada hidung.

cara mengobati hidung tersumbat
Cara Mengobati Hidung Tersumbat Sesuai Jenis Penyebabnya

Meskipun sebenarnya hidung tersumbat akan hilang dengan sendirinya apabila kita makan-makanan yang sehat, tentu ada beberapa cara mengobati hidung tersumbat yang bisa digunakan.

1. Minum Obat Khusus Flu

Meskipun jika digunakan terlalu sering akan menimbulkan efek samping, namun obat khusus flu yang tersedia berbagai merek memang paling bisa diandalkan untuk mengobati hidung mampet dengan cepat.

Namun, memilih obat tentu harus sesuai dengan penyebab hidung mampet tersebut supaya mendapatkan hasil yang optimal. Jika hanya karena flu biasa, maka bisa dengan mudah mengonsumsi obat flu. Namun, untuk penyebab lainyya, perhatikan ini:

A. Gunakan Obat Anthistamin

Obat dengan kandungan anthistimin adalah obat yang biasa digunakan untuk mengurangi gejala alergi, termasuk hidung berlendir.

B. Gunakan Obat Dekongestan

Obat-obatan yang mengandung dekongestan kerap digunakan untuk mengatasi kondisi hidung yang membengkak dan tersumbat lendir.

Baca Juga  Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan Tips Untuk Mencegahnya

Obat ini mudah digunakan karena tersedia dalam beberapa bentuk, yaitu diminum dan disemprotkan. Dekongestan semprot pun lebih cepat membuahkan hasil bagi kebanyakan orang dibanding dengan kemasan oral dan tabletnya.

Cara kerja dekongestan adalah membuat hidung menjadi lembab dan membuat lendiri menjadi lebih encer. Dengan lendir yang encer tentu kemudian menjadi lebih cepat keluar dan melegakan pernapasan.

C. Semprotkan Garam

Selain dekongestan, sebenarnya menyemprot hidung yang mampet juga bisa dilakukan dengan larutan air garam. Namun, kamu harus tahu betul bagaimana takarannya.

cara mengobati hidung tersumbat
Cara Mengobati Hidung Tersumbat Selain Menggunakan Obat

Selain cara mengobati hidung tersumbat menggunakan obat-obatan, mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan perlakuan-perlakuan tertentu.

Hal semacam ini tentu tidak akan seefektif obat yang akan langsung mengkonfirmasi saraf dan darah. Namun, tentu saja ini akan lebih menyehatkan. Apa itu?

1. Jika hanya mampet sebelah, memiringkan kepala dengan posisi lubang hidung yang tersumbat ada di bagian atas. Itu adalah cara mengobati hidung tersumbat yang unik namun sering manjur.

2. Konsumsi banyak cairan agar lendir menjadi lebih encer dan mudah keluar dengan sendirinya. Ingat, mengeluarkan lendiri dengan paksa dan dilakukan terus-menerus akan membuat iritasi.

Baca Juga  Penyebab, Gejala Sampai Cara Mengobati Gondongan yang Benar

3. Cobalah menghirup uap air hangat atau uap dari nasi. Hal tersebut juga akan membaut lendir mengencer dan mudah dikeluarkan.

4. Gunakan air hangat untuk mandi dan untuk mengompres wajah dengan handuk.

5. Berhati-hatilah pada hal-hal yang membuat alergi dan hindari juga berenang di tempat yang kurang bersih apalagi mengandung klorin.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *