cara memakai minyak bulus
Cara Memakai Minyak Bulus Pada Kulit Agar Manjur
October 16, 2018
biaya perpanjang paspor
Berapakah Biaya Perpanjang Paspor Biasa dan Paspor Elektronik?
October 17, 2018

Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan Tips Untuk Mencegahnya

cara mengobati sariawan di lidah

Cara Mengobati Sariawan di Lidah – Apakah kamu sedang mengalami sariawan di lidah? Berbicara mengenai sariawan pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan? Sariawan memang penyakit yang sering di alami semua orang. Saat mengalami sariawan, pastinya kalian akan merasa sangat tersiksa terutama saat mengalami sariawan di lidah.

Bahkan ada beberapa orang yang sampai meneteskan air mata saat makanan yang mereka makan mengenai sariawan yang ada di lidah. Umumnya sariawan bisa diobati sendiri tanpa ke dokter, tetapi biasanya tergantung penyebab sariawan itu apa.

Penyebab Sariawan Dilidah

cara mengobati sariawan di lidah

Nah, sebelum mengetahui cara mengobati sariawan di lidah, kalian harus tahu macam – macam penyebab sariawan terlebih dahulu. Beberapa penyebab sariawan diantaranya:

1. Alergi disebabkan oleh bakteri-bakteri yang berasal dari makanan yang kalian makan.

2. Disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini merupakan bakteri yang biasanya menjadi penyebab sariawan, tukak lambung, herpes.

Baca Juga  10 Cara Mengobati Mata Bintitan Dan Penyebab Bintitan

3. Lidah kalian sensitif terhadap makanan dan bisa menimbulkan iritasi dibagian mulut dan lidah seperti makanan pedas, makanan asam bahkan minum terlalu panas juga bisa menyebabkan iritasi.

4. Terlalu keras dalam menyikat gigi atau terbentur saat jatuh

5. Stress juga bisa menjadi penyebab sariawan.

Begini Cara Mengobati Sariawan di Lidah Dengan Bahan Alami

cara mengobati sariawan di lidah

1. Mengoleskan Madu

Madu sangat ampuh untuk mengobati sariawan secara alami karena madu bersifat antibakteri dan antiradang. Madu bisa membantu kalian mengurangi rasa pedih pada daerah yang ada sariawannya.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Cara mengobati sariawan di lidah bisa kalian lakukan dengan berkumur selama 1 – 2 menit menggunakan garam yang di campur air hangat. Seperti halnya madu, garam juga bersifat antibakteri dan antiradang.

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Salah Satunya Makanan Simbol Cinta

Memang sangat perih apabila luka sariawan di lidah kalian terkena garam. Namun garam dapat membantu kalian terhindar dari infeksi, jadi kumur – kumurlah menggunakan garam dan tahanlah beberapa menit saja.

3. Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa membantu meredakan nyeri akibat sariawan yang kalian alami. Cara mengobati sariawan di lidah dengan lidah buaya, cuci bersih lidah buaya lalu oleskan pada luka sariawan kalian, lakukan 2 – 3 kali.

4. Menggunakan Es Batu

Dengan mendinginkan luka memakai es batu akan meredakan rasa nyeri yang kalian rasakan karena es batu akan mematikan syaraf yang nyeri sehingga rasa nyeri akan hilang. Walaupun hanya hilang sebentar, kalian bisa menikmati makanan yang kalian sukai.

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu meredakan rasa nyeri dan mencegah peradangan lebih lanjut. Cara mengobati sariawan di lidah, cukup langsung mengoleskan minyak kelapa ke luka sariawan yang kalian derita atau bisa mencampurkannya dengan madu. Lakukanlah beberapa kali agar membuat radang pada sariawan kalian membaik.

6. Menggunakan Obat Kumur

Apabila dengan cara alami masih belum bisa disembuhkan, maka kalian bisa cari obat kumur di apotek terdekat. Obat kumur dapat mematikan jamur yang berkembang di dalam mulut kalian.

Sariawan memang penyakit kecil tapi jangan disepelekan ya , apabila kalian memiliki sariawan lebih dari 2 minggu kalian segeralah periksa ke dokter. Sariawan di lidah yang parah bisa disebabkan oleh kanker lidah lho.

Nah maka dari itu kalian harus menjaga kesehatan mulut agar lidah dan mulut kalian terbebas dari sariawan. Jika sariawan yang kalian alami sudah sembuh, kalian juga tetap harus merawat kesehatan mulut kalian ya.

Begini Tips Mencegah Sariawan di Lidah:

• Kalian harus menghindari memakan makanan yang bisa membuat mulut kalian iritasi seperti makanan yang terlalu pedas juga makanan yang terlalu asam.

• Memakan buah-buahan yang mengandung vitamin c, seperti jeruk, lemon, kiwi dan lainnya.

• Bersihkanlah mulut kalian dengan gosok gigi minimal dua kali sehari.

• Cukupi kebutuhan cairan di tubuh kalian dengan minum air putih yang banyak agar kalian tidak dehidrasi. Karena dehidrasi bisa menyebabkan sariawan di lidah.

• Konsumsilah yoghurt original, karena di dalam yoghurt terkandung bakteri baik yang dapat mencegah terjadinya sariawan.

Baca Juga  Penyebab, Gejala Sampai Cara Mengobati Gondongan yang Benar

• Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung ragi karena dapat menyebabkan perkembangan jamur di dalam mulut kalian.

• Yang terakhir adalah kurangi stres dengan relaksasi seperti yoga & mendengarkan musik, karena pikiran yang sedang kacau dapat menimbulkan penyakit di tubuh seperti sariawan & maag.

Kalian sudah tahu bagaimana cara mengobati sariawan di lidah? selamat mencoba cara alami tersebut yah dan semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *